Advertorial

Padma Run Bandung 2024, Refleksi Semangat Sportivitas dan Peduli Pendidikan

Kompas.com - 28/02/2024, 13:39 WIB

KOMPAS.comPadma Hotel Bandung menghadirkan Padma Run Bandung 2024 bertajuk “Run Higher For A Good Cause” pada Sabtu (24/2/2024). Sebanyak 1.065 pelari dari 51 kota dan 74 komunitas lari mengikuti ajang yang memiliki tiga kategori ini, yakni 10K, 5K, dan Kids Dash.

Kategori 10K menjadi primadona dengan rute yang penuh tantangan. Para pelari disuguhkan dengan tanjakan serta turunan yang menguji stamina dan mental. Di awal perlombaan, turunan seolah menggoda para pelari untuk berlari cepat. Namun, baru memasuki 800 meter, mereka dihadapkan dengan tanjakan curam sepanjang 2,5 km.

Tantangan tak berhenti di situ. Setelah turunan 500 meter, para pelari kembali diuji dengan tanjakan terakhir sepanjang 2 km. Elevasi total pada rute 10K mencapai 340 meter.

Salah satu peserta, Rudi Febriade, berhasil keluar menjadi juara kategori 10K. Ia menaklukkan rute tersebut dengan catatan waktu 40 menit 17 detik. Ia pun memecahkan rekor lintasan kategori 10K Padma Run Bandung lebih dari 6 menit.

"Hawa kompetitif terasa sejak awal lomba. Seluruh peserta di barisan terdepan tak mau mengurangi kecepatan, meski menghadapi tanjakan. Saya hanya punya satu pilihan, berlari sekencang mungkin. Akhirnya, saya bisa menyusul pelari terdepan di KM 3 dan mempertahankan posisi pertama hingga finis," ungkap Rudi dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Padma Run Bandung merupakan lomba lari amal tahunan yang diadakan oleh Padma Hotel Bandung. Dana yang terkumpul dari perhelatan tahun ini akan disumbangkan untuk peningkatan fasilitas di SDN 188 Bandung Baru, Ciumbuleuit, Bandung.

"Saya merasa terhormat menjadi bagian dari perhelatan yang kompetitif dan sekaligus memberikan manfaat bagi sesama," tambah Rudi.

Salah satu peserta kategori 5K, Rhenaldi Firdaus, turut memberikan komentar positif.

“Ini 5K road race paling menantang yang pernah saya ikuti. Tanjakannya sangat menantang, tapi terobati dengan pemandangan dan cuaca yang sejuk. Start on time dan rute steril jadi poin plus untuk race ini. Tahun depan siap daftar lagi,” tuturnya.

Padma Run Bandung 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk hidup sehat dan gemar berolahraga serta meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com