Advertorial

Jalin Kerja Sama dengan Google Cloud, Telkomsel Hadirkan Produk Enterprise Gen AI untuk Pelanggan

Kompas.com - 28/02/2024, 14:11 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel meresmikan kerja sama strategis dengan Google Cloud di ajang Mobile World Congress 2024 (MWC) Barcelona, Selasa (27/2/2024). Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Budi Arie Setiadi.

Kerja sama tersebut dilakukan untuk mengintegrasikan Generative AI (Gen AI) tingkat enterprise ke dalam operasional dan penawaran produk inti kepada konsumen dan bisnis.

Langkah kolaborasi kedua belah pihak bertujuan untuk memperluas pemanfaatan berkelanjutan advertising tools Performance Max yang didukung artificial intelligence (AI) dari Google oleh Telkomsel seperti Performance Max.

Pemanfaatan ini bertujuan untuk mentransformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengatakan, Telkomsel berkomitmen mendukung operasional perusahaan serta menghadirkan personalisasi dan meningkatkan kenyamanan pengalaman digital pelanggan pada segmen business-to-consumer (B2C), business-to-business (B2B), serta business-to-business-to-customer (B2B2C).

Inisiatif tersebut dilakukan untuk menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang mendorong pemberdayaan masyarakat Indonesia.

Telkomsel berharap, integrasi produk Telkomsel dengan kapabilitas Gen AI dari Google Cloud yang canggih dan aman dapat membuka lebih banyak peluang akselerasi pertumbuhan ekonomi dan ekosistem digital Indonesia.

“Kerja sama tersebut juga melanjutkan kolaborasi Telkomsel dan Google di berbagai platform, seperti Google Ads, Android, dan YouTube," ujar Derrick dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Pada kerja sama tersebut, Telkomsel mendapatkan dukungan dari PT Metrodata Electronics (Metrodata) Tbk selaku mitra Google Cloud. Telkomsel berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan pengalaman di internal perusahaan dengan Gen AI.

Untuk keperluan itu, Telkomsel tengah membangun agen percakapan Gen AI yang terintegrasi dalam aplikasi Mobile Office Application and Automation (MOANA) dengan memanfaatkan platform Vertex AI dari Google Cloud dan model Gen AI. Aplikasi ini menjadi pusat operasional ketenagakerjaan bagi lebih dari 6.000 karyawan.

Dengan dukungan real-time berupa tautan ke sumber informasi dan panduan yang relevan, agen percakapan tersebut akan membantu karyawan dalam mencari dan mengakses berita internal, kebijakan perusahaan, permintaan cuti, dan berbagai layanan operasional kantor lain.

Dengan demikian, produktivitas karyawan bisa ditingkatkan. Perusahaan pun dapat fokus mengembangkan bakat dan budaya kerja.

Melalui kolaborasi strategis dengan Google Cloud, Telkomsel mengintegrasikan Gen AI tingkat enterprise ke dalam operasional dan penawaran produk intinya kepada konsumen dan bisnis. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong transformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis. DOK. Telkomsel Melalui kolaborasi strategis dengan Google Cloud, Telkomsel mengintegrasikan Gen AI tingkat enterprise ke dalam operasional dan penawaran produk intinya kepada konsumen dan bisnis. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong transformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Selain itu, Telkomsel juga berupaya meningkatkan kapabilitas perencanaan jaringan, pengembangan produk, dan tim penjualan dengan transformasi operasi jaringan yang didukung oleh Gen AI dari Google Cloud. Dukungan yang diberikan berupa analisis data dari menara seluler dan sistem fiber optic untuk memberikan rekomendasi dalam bahasa natural.

Solusi tersebut digunakan untuk mengidentifikasi lokasi yang memiliki kesenjangan konektivitas dengan cepat dan mudah. Dengan demikian, perusahaan bisa melakukan ekspansi infrastruktur jaringan di masa depan dan merancang penawaran fixed mobile convergence (FMC) sesuai segmen dan kebutuhan pelanggan.

Transformasi interaksi layanan pelanggan

Telkomsel juga mengintegrasikan basis data perusahaan yang disimpan di Google Cloud BigQuery dan Datastore dengan Vertex AI Search. Inisiatif ini dilakukan untuk mempercepat pencarian bagi pengguna aplikasi MyTelkomsel dan myEnterprise dengan asisten pencarian Gen AI.

Solusi tersebut menawarkan penyelesaian otomatisasi intuitif, pemahaman bahasa natural, dan hasil pencarian yang disesuaikan dengan pola penggunaan individu.

Dengan mengubah pencarian kata kunci yang kaku menjadi eksplorasi percakapan, pengguna akan mendapatkan kontrol yang lebih besar dan menghemat waktu dalam menavigasi aplikasi.

Kebutuhan atau masalah umum yang dihadapi konsumen pun dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Inovasi ini merupakan hasil kerja sama Telkomsel dan mitra Google Cloud, Devoteam.

Selain itu, asisten pencarian klien korporat di myEnterprise dalam bentuk intelligent helpdesk memungkinkan pengguna untuk mengelola akun secara proaktif dan membuat keputusan lebih cepat.

Bersama Metrodata, Telkomsel berupaya membuka peluang penentuan paket telko digital yang tepat untuk tenaga kerja, penghematan biaya operasional, perbandingan opsi produk secara instan, serta pemecahan masalah koneksi yang lebih efisien bagi pelanggan B2B.

Telkomsel juga tengah mengembangkan sistem manajemen konten baru untuk layanan RCS Business Messaging (RBM) dengan memanfaatkan infrastruktur Google Cloud dan model Gemini di Vertex AI.

Dengan integrasi ke layanan MyAds Telkomsel, sistem tersebut memungkinkan klien korporat untuk menggantikan pemasaran SMS berbasis teks tradisional dengan percakapan interaktif Rich Communication Services (RCS) yang didukung konten teks, gambar, audio, dan video.

Melalui kolaborasi strategis dengan Google Cloud, Telkomsel mengintegrasikan Gen AI tingkat enterprise ke dalam operasional dan penawaran produk intinya kepada konsumen dan bisnis. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong transformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis. DOK. Telkomsel Melalui kolaborasi strategis dengan Google Cloud, Telkomsel mengintegrasikan Gen AI tingkat enterprise ke dalam operasional dan penawaran produk intinya kepada konsumen dan bisnis. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong transformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Managing Director Southeast Asia Google Cloud Mark Micallef mengatakan, Telkomsel bergerak dengan kecepatan dan skala yang mengesankan untuk membuat Gen AI tingkat enterprise yang dapat diakses perusahaan dan pelanggan di berbagai segmen.

Menurutnya, solusi tersebut dapat meningkatkan produktivitas, personalisasi, dan pertumbuhan top line yang memungkinkan klien memahami informasi serta menemukan solusi untuk masalah dengan cara intuitif.

“Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan Telkomsel dengan meluncurkan inovasi Gen AI untuk pelanggan di berbagai segmen. Semoga kolaborasi ini dapat menjelajahi lebih banyak cara menerapkan teknologi dan dampaknya di dunia nyata,” kata Mark.

Kerja sama Telkomsel dan Google Cloud di Gen AI semakin melengkapi kolaborasi yang sudah terjalin dengan tim produk Google lain untuk meningkatkan penawaran FMC.

Sebut saja IndiHome dengan Set Top Box (STB) Android TV dan memperluas jangkauan penawaran melalui personalized ads di Android TV.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com