Advertorial

Hadirkan Inovasi Use Case 5G Robotic Telesurgery Pertama di Indonesia, Telkomsel Raih GTI Awards 2024

Kompas.com - 28/02/2024, 19:17 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel kembali meraih penghargaan Global TD-LTE Initiative (GTI) Awards 2024 pada Mobile World Congress (MWC) 2024 untuk kategori “Innovative 5G Service and Application” di Barcelona, Spanyol, Selasa (27/2/2024).

Penghargaan tersebut diberikan karena Telkomsel dinilai berhasil menghadirkan solusi inovatif dalam memaksimalkan jaringan broadband 5G melalui use case 5G Telesurgery Robotic pertama di Indonesia.

Telkomsel juga meraih penghargaan serupa pada tahun sebelumnya. Penghargaan ini menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel yang selaras dengan visi perusahaan untuk menjadi digital telco service provider terbaik di kawasan regional.

Visi tersebut diwujudkan melalui ragam solusi inovatif terdepan yang dihadirkan secara konsisten bagi pelanggan dan industri melalui teknologi terkini.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, Telkomsel mengapresiasi penghargaan tersebut.

Penghargaan itu didapat Telkomsel atas inisiatif dan inovasi perusahaan dalam uji coba pemanfaatan jaringan broadband terdepan 5G pada use case 5G Robotic Telesurgery bersama RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung dan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Indra menyebut, penghargaan tersebut semakin mempertegas semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk konsisten menciptakan terobosan melalui pemanfaatan jaringan broadband 5G. Hal ini dilakukan guna menghadirkan layanan dan solusi yang dapat melampaui ekspektasi pelanggan.

“Ke depan, Telkomsel akan terus mendorong pemanfaatan jaringan broadband terkini 5G untuk menciptakan lebih banyak solusi dan inovasi. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus mendorong kemajuan bangsa," kata Indra dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Sementara itu, Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon-nam menambahkan, Telkomsel terus berkomitmen untuk mendorong perubahan positif melalui transformasi digital yang berkelanjutan.

Ia percaya, inovasi teknologi melalui inisiatif use case 5G Robotic Telesurgery tidak hanya mengubah cara perusahaan memberikan layanan, tetapi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan dengan mendukung revolusi industri kesehatan di Indonesia.

“Melalui uji coba tersebut, kami berupaya mendukung layanan kesehatan yang berkualitas, efisien, dan menjangkau semua orang tanpa melihat batasan jarak,” ujar Wong.

Apresiasi di tingkat global yang didapat Telkomsel selama perhelatan MWC 2024 merupakan tahun kedua berturut-turut meraih penghargaan di kategori yang sama. Hal ini menunjukkan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk menjadi digital telco service provider terbaik di regional dengan konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif terdepan bagi pelanggan dan industri melalui pemanfaatan teknologi terkini.DOK. Telkomsel Apresiasi di tingkat global yang didapat Telkomsel selama perhelatan MWC 2024 merupakan tahun kedua berturut-turut meraih penghargaan di kategori yang sama. Hal ini menunjukkan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk menjadi digital telco service provider terbaik di regional dengan konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif terdepan bagi pelanggan dan industri melalui pemanfaatan teknologi terkini.

Melalui inisiatif use case 5G Robotic Telesurgery, Telkomsel berupaya meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan kesehatan yang memanfaatkan teknologi terkini. Hal ini bertujuan untuk menjangkau wilayah yang memiliki tantangan geografis. Terlebih, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Kehadiran bedah robotik jarak jauh (robotic telesurgery) memungkinkan praktik medis dilakukan ahli bedah secara real-time pada pasien di daerah yang letak geografisnya berbeda.

Dalam mewujudkan inovasi layanan kesehatan tersebut, Telkomsel berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan uji coba dan demonstrasi 5G Robotic Telesurgery pertama di Indonesia pada Mei 2023. Uji coba dilakukan dengan menghubungkan dua rumah sakit dengan jarak sekitar 350 kilometer (km).

Uji coba tersebut juga bertepatan dengan kunjungan kerja Presiden Republik Islam Iran ke Indonesia. Salah satu agenda kunjungan beliau adalah penguatan sinergi Indonesia dan Iran di sektor kesehatan.

Selama uji coba tersebut, Telkomsel bertanggung jawab atas keandalan infrastruktur jaringan 5G dan jaringan optik khusus dengan sambungan point-to-point dan kemampuan multicast.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung keberhasilan 5G Robotic Telesurgery dengan tingkat presisi visual yang tinggi serta aksesibilitas instrumen jarak jauh yang ergonomis.

Dengan memanfaatkan bandwidth besar dan latensi rendah pada fungsi pengendalian data, transfer gambar intra-abdominal secara real-time, komunikasi video, serta risiko komplikasi saat operasi dan pemulihan dapat berkurang.

Kehadiran konektivitas broadband 5G Telkomsel memungkinkan pengembangan lebih lanjut terhadap implementasi use case teknologi digital dalam industri kesehatan, termasuk evolusi proses bedah menggunakan teknologi robotik.

Dengan melakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas infrastruktur jaringan terkini di rumah sakit, Telkomsel dapat menghadirkan portofolio ragam solusi dan layanan yang luas untuk membentuk pengalaman layanan kesehatan digital yang terintegrasi.

Hal tersebut dilakukan guna mengakselerasi transformasi digital pada serangkaian kegiatan pelayanan medis, mulai dari tahapan preliminary analysis, diagnostic, treatment, hingga recovery.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mewakili Telkomsel menerima penghargaan Kategori Innovative 5G Service and Application pada ajang GTI Awards 2024. Penghargaan ini dapat memantik Telkomsel untuk terus mendorong pemanfaatan jaringan broadband terkini 5G dalam menciptakan lebih banyak solusi dan inovasi guna meningkatkan kualitas layanan sekaligus mendorong kemajuan bangsa. DOK. Telkomsel Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mewakili Telkomsel menerima penghargaan Kategori Innovative 5G Service and Application pada ajang GTI Awards 2024. Penghargaan ini dapat memantik Telkomsel untuk terus mendorong pemanfaatan jaringan broadband terkini 5G dalam menciptakan lebih banyak solusi dan inovasi guna meningkatkan kualitas layanan sekaligus mendorong kemajuan bangsa.

Indra melanjutkan, penghargaan tersebut menjadi pemacu Telkomsel untuk menghadirkan solusi, inovasi, dan layanan terdepan bagi seluruh pelanggan.

Kami berharap, use case 5G Robotic Telesurgery juga akan menjadi mendorong lebih banyak inovasi dalam teknologi 5G, tidak hanya di industri kesehatan, tetapi juga di industri lain.

“Kami percaya, inisiatif tersebut dapat membuka peluang yang lebih luas untuk kemajuan dalam industri kesehatan dan industri lain yang berkontribusi pada pemerataan pembangunan Indonesia,” ujar Indra.

Sebagai informasi, GTI Awards merupakan salah satu penghargaan bergengsi di tingkat global yang mengapresiasi perusahaan teknologi dan telekomunikasi yang berhasil memaksimalkan teknologi jaringan 4G dan pengembangan 5G di berbagai segmen market melalui solusi dan layanan inovatif.

Pada ajang tersebut, Telkomsel mendapatkan penghargaan berdasarkan penilaian dari berbagai aspek, seperti inovasi, keunggulan solusi, keberlanjutan, serta potensi ke depan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com