Advertorial

Kembangkan Talenta Muda Esports di Tingkat SMA, Telkomsel Dunia Games Kembali Gelar Turnamen Esports Tahunan DG WIB Community Cup

Kompas.com - 29/02/2024, 17:36 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel kembali menggelar turnamen tahunan Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) Community Cup. Turnamen tahun ini ditujukan untuk gamer tingkat SMA di seluruh Indonesia.

Gelaran DG WIB Community Cup 2024 merupakan wujud nyata semangat Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dalam mendorong perkembangan ekosistem games dan esports di Tanah Air secara inklusif dan berkelanjutan.

Melalui kompetisi tersebut, Telkomsel memfasilitasi para generasi muda yang memiliki minat dan bakat di bidang esports untuk mengasah dan menampilkan kemampuannya.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, Telkomsel melalui Dunia Games selalu konsisten memaksimalkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekosistem dan industri gaming dan esports Tanah Air dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari kompetisi, festival games, hingga edukasi berskala nasional.

Pada ajang gelaran DG WIB Community Cup 2024, Telkomsel membuka lebih banyak kesempatan bagi para gamer di tingkatan pelajar SMA dari seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan dalam bermain game dan meningkatkan daya saing.

“Melalui inisiatif ini, diharapkan dapat menjadi stimulus yang mendorong kelahiran talenta muda Indonesia yang bercita-cita membangun karier di industri esports nasional untuk unjuk gigi dan meraih prestasi di industri esports Nasional,” tutur Nirwan melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (29/2/2024).

DG WIB Community Cup 2024 akan mempertandingkan salah satu game populer di Indonesia Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Para gamer di tingkatan SMA seluruh Indonesia sudah dapat mendaftarkan timnya melalui laman dg.life/dgwibcc2024 untuk mengikuti DG WIB Community Cup 2024 mulai 29 Januari 2024 hingga 25 Februari 2024 untuk pendaftaran Season 5.

Dalam turnamen tahunan ini, terdapat empat game yang selalu dipertandingkan di setiap musimnya secara bergantian, yakni Free Fire, PUBG (Player Unknown Battleground) Mobile, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan Lokapala. Para gamer di tingkatan SMA dapat mendaftarkan timnya melalui laman dg.life/dgwibcc2024 mulai 29 Januari hingga 25 Februari 2024 untuk pendaftaran Season 5 dan 2-24 Maret 2024 untuk pendaftaran Season 6. Dok. Telkomsel Dalam turnamen tahunan ini, terdapat empat game yang selalu dipertandingkan di setiap musimnya secara bergantian, yakni Free Fire, PUBG (Player Unknown Battleground) Mobile, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan Lokapala. Para gamer di tingkatan SMA dapat mendaftarkan timnya melalui laman dg.life/dgwibcc2024 mulai 29 Januari hingga 25 Februari 2024 untuk pendaftaran Season 5 dan 2-24 Maret 2024 untuk pendaftaran Season 6.

Untuk Season 6, pendaftaran dibuka pada 2- 24 Maret 2024. Calon peserta memilih area berdasarkan domisilinya yang disesuaikan dengan pembagian area operasional Telkomsel, yakni Area 1 mencakup wilayah Sumatera; Area 2 mencakup wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat; Area 3 mencakup wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali-Nusra; dan Area 4 mencakup wilayan Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Maluku.

Setelah itu, para peserta akan mengikuti serangkaian babak kualifikasi di area masing-masing yang berlangsung pada 27 Februari 2024–1 Maret 2024 untuk Season 5 dan 28–31 Maret 2024 untuk Season 6.

Perlombaan diawali dengan Online Qualifier Area dan diakhiri Offline Final Area di kota-kota besar Area yang telah ditentukan. Setiap tim yang telah menjadi juara di area masing-masing akan lolos menuju babak Online National Qualifier.

Kemudian, 4 tim terpilih yang lolos kualifikasi akan bersaing di panggung bergengsi Grand Final National di Telkomsel Smart Office (TSO), Jakarta. Seluruh peserta tim terbaik berkesempatan meraih hadiah dengan beragam nominal dengan total mencapai Rp 131 juta.

DG WIB Community Cup 2024 hadir dengan membawa semangat persaingan sehat, aktualisasi minat dan bakat, serta merangkul semangat kompetitif atlet esports di tingkatan SMA seluruh Indonesia.

DG WIB Community Cup telah diselenggarakan Dunia Games sejak 2021 untuk mendorong pengembangan ekosistem esports di Tanah Air serta menjadi wadah bagi gamer untuk berkembang sebelum memasuki dunia pro. Hingga saat ini, total partisipasi kumulatif turnamen tersebut mencapai lebih dari 40.000 peserta.

Dalam turnamen tahunan itu, terdapat empat game yang selalu dipertandingkan di setiap musim secara bergantian, yakni Free Fire, PUBG (Player Unknown Battleground) Mobile, MLBB, dan Lokapala.

Nirwan mengatakan, DG WIB Community Cup 2024 akan menjadi salah satu event awal tahun terbesar yang dihadirkan oleh Dunia Games.

“Kami berharap, DG WIB Community Cup dapat menjadi sarana bagi Indonesia untuk memiliki lebih banyak talenta muda berdaya saing tinggi di bidang esports, yang juga menjadi ajang untuk berinteraksi, meningkatkan dan menampilkan kemampuannya dengan menampilkan kekompakan dan sportivitas para peserta di dalamnya, serta memberikan tontonan yang menarik bagi para penggemar esports dan gaming di Tanah Air,” tuturnya.

Informasi lebih lengkap mengenai Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DGWIB) Community Cup dan kabar terbaru dari Dunia Games dapat diakses di https://dgwib.duniagames.co.id/ dan www.duniagames.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com