Advertorial

Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja BRI Salurkan Kredit UMKM Lebih dari 84 Persen

Kompas.com - 01/03/2024, 16:57 WIB

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam mendukung pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Gedung BRI Internasional Microfinance Center di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (29/2/2024).

Presiden Jokowi mengatakan, BRI telah menyalurkan sebagian besar kredit kepada UMKM hingga lebih dari 84 persen. Pencapaian tersebut tergolong spesial. Sebab, nasabah UMKM yang berjumlah jutaan lebih rumit diurus ketimbang korporasi.

Meski tidak mudah, BRI tetap berkontribusi dan bekerja keras dalam mengembangkan UMKM di Indonesia. Bank pelat merah itu juga konsisten mencatatkan pertumbuhan positif dari tahun ke tahun selama menyediakan akses permodalan untuk UMKM.

“Saya mendapatkan info dari Direktur Utama BRI (Sunarso) kalau keuntungan bersih BRI mencapai Rp 60,4 triliun pada 2023. Tidak ada bank di dalam dan luar negeri yang keuntungannya menyamai BRI. Terlebih, BRI fokus untuk mengurus UMKM. Itu sangat saya apresiasi,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi, dalam mendorong sektor UMKM, BRI tidak hanya menyediakan akses permodalan. Bank milik negara ini juga memberikan pemberdayaan melalui sejumlah program, seperti Desa BRILiaN (pemberdayaan desa), LinkUMKM (platform online scoring dan pemberdayaan UMKM), BRIlianpreneur UMKM Export (expo UMKM skala global), serta PARI (integrated commodity platform).

BRI juga telah memiliki BRI Research Institute (BRIRins), yakni lembaga yang secara konsisten melakukan riset terhadap segala aspek yang berkaitan dengan pemberdayaan UMKM. Hasil riset tersebut digunakan sebagai masukan dalam penyusunan berbagai kebijakan pemberdayaan UMKM.

Apresiasi pembangunan Gedung BRI Internasional Microfinance Center

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengapresiasi komitmen BRI dalam mendukung IKN sebagai ibu kota berkelas dunia.

Penyelenggaraan groundbreaking tersebut juga menandakan otoritas moneter, perbankan, serta sistem pembayaran telah ada dan siap mendukung pengembangan IKN.

BRI International Microfinance Center dibangun di atas tanah seluas 13.000 meter persegi. Kawasan ini akan terdiri dari BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery, dan BRI Community Hub.

BRI Office Nusantara memiliki delapan lantai yang di dalamnya terdapat lobi, priority lounge, office area, dan multifunction hall serta BRI Microfinance Gallery difungsikan sebagai galeri untuk UMKM.

Kemudian, BRI Community Hub difungsikan sebagai amphitheater yang dapat digunakan untuk event gathering dan outdoor exhibition. Setiap bangunan dilengkapi dengan rooftop.

Keterlibatan BRI dalam pembangunan IKN mengukuhkan posisi BRI sebagai lembaga keuangan yang berperan aktif baik menciptakan economic value maupun social value dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com