Advertorial

46 Tahun Jasa Marga, Konsisten Jalankan Bisnis Berkelanjutan di Industri Jalan Tol

Kompas.com - 02/03/2024, 16:58 WIB

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk merayakan peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 di Roadster Festival 2024 yang digelar di Jakarta pada Jumat (1/3/2024).

Acara yang dihadiri oleh Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga mengusung tema “Kontribusi Berkelanjutan Untuk Negeri”. Tema ini mencerminkan kerja nyata Jasa Marga yang terus menunjukkan konsistensi dalam menjalankan roda bisnis berdasarkan aspek-aspek keberlanjutan untuk Indonesia.

Jajaran Dewan Komisaris yang menghadiri acara tersebut di antaranya Komisaris Utama Mohammad Zainal Fatah, Komisaris Raja Erizman, Komisaris Independen Chandra Wijaya, Komisaris Independen Marsetio, dan Komisaris Independen Seppalga Ahmad.

Sementara itu, Jajaran Direksi Jasa Marga yang datang adalah Direktur Utama Subakti Syukur, Direktur Operasi Fitri Wiyanti, Direktur Pengembangan Usaha M Agus Setiawan, Direktur Human Capital dan Transformasi Bagus Cahya AB, serta Direktur Bisnis Reza Febriano dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pramitha Wulanjani.

Turut hadir pula Asisten Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Rizal Kamal dalam sesi peluncuran Jasa Marga AKHLAK Space yang merupakan menjadi rangkaian acara tersebut.

Komisaris Utama Jasa Marga, Mohammad Zainal Fatah mengatakan, perayaan HUT Ke-46 Jasa Marga bukan sekadar angka, tetapi menjadi cerminan dari tekad dan semangat roadster Jasa Marga untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif.

Ia mengapresiasi seluruh roadster Jasa Marga yang telah memberikan pelayanan terbaik. Fatah berharap, roadster Jasa Marga dapat terus meningkatkan kinerja sehingga dapat menghadapi tantangan pada 2024 dengan lebih baik.

“Tidak hanya itu, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, mitra bisnis, investor, dan masyarakat luas yang telah berkolaborasi dalam perjalanan Jasa Marga selama 46 tahun,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (2/3/2024).

Dia mengatakan, kepercayaan yang telah diberikan kepada Jasa Marga menjadi landasan untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Momen ini akan kami gunakan sebagai refleksi atas capaian yang telah diraih serta menjadi pengingat untuk seluruh karyawan Jasa Marga Group dalam menjaga kinerja berlandaskan tata nilai AKHLAK,” ujarnya.

Fatah menegaskan, Jasa Marga terus berkomitmen menerapkan prinsip good corporate governance (GCG) dalam setiap kegiatan bisnis.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengaku bersyukur atas milestone dan proses transformasi yang telah dilalui Jasa Marga. Menurutnya, selama ini Jasa Marga telah menjalankan peran sebagai agent of development sekaligus value creator di industri jalan tol Indonesia.

Dia mengatakan, Jasa Marga selama 46 tahun ini konsisten mengalami pertumbuhan dan peningkatan kinerja.

“Peningkatan kinerja ini dibuktikan dengan pertumbuhan panjang jalan tol beroperasi yang dibarengi dengan peningkatan kinerja keuangan yang signifikan melalui optimalisasi seluruh lini bisnis,” katanya.

Subakti mengatakan, seluruh pencapaian yang diraih ini berkat kinerja terbaik yang telah diberikan seluruh roadster Jasa Marga.

“Ke depannya, kami akan mendukung proses bisnis perusahaan untuk berfokus pada aspek ketahanan dan keberlanjutan yang dituangkan dalam visi dan misi perusahaan,” jelasnya.

Subakti menambahkan, seluruh pencapaian itu dapat diraih dengan peningkatan efektivitas dan efisiensi proses bisnis melalui penataan organisasi. Dalam hal ini, dari 7.949 karyawan Jasa Marga, 62 persen di antaranya adalah generasi milenial dengan harapan dapat menjadi inisiator dalam melahirkan inovasi bagi kemajuan dan transformasi Jasa Marga.

Semangat dan komitmen seluruh roadster Jasa Marga tersebut diharapkan menjadi landasan untuk memberikan kontribusi berkelanjutan untuk negeri.

Untuk diketahui, dalam roadster Festival 2024, Jasa Marga memberikan apresiasi untuk roadster Jasa Marga yang berkomitmen mendukung peningkatan pelayanan di berbagai lini bisnis. Jasa Marga memberikan apresiasi untuk karyawan purna bhakti serta apresiasi untuk roadster dengan masa bakti 20, 25, 30 hingga 35 tahun.

Jasa Marga juga memberikan apresiasi untuk Roadster Rescue Competition Tahun 2024 hingga Petugas Operasional Terbaik dari setiap anak perusahaan service provider Jasa Marga, yakni PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), PT Jasa Marga Tollroad Maintenance (JMTM) dan PT Jasa Marga Related Business (JMRB).

Ajang tersebut digelar untuk menunjukkan semangat Jasa Marga dalam menghadapi tantangan yang lebih besar di tahun 2024.

Selain itu, pada momen itu, dilaksanakan pula peluncuran AKHLAK Space sebagai upaya peningkatan kinerja dan produktivitas roadster Jasa Marga. AKHLAK Space merupakan ruangan co working space untuk berbagi pengalaman, berdiskusi, dan berinteraksi antar Roadster Jasa Marga.

Sebelumnya, Jasa Marga juga telah menggelar rangkaian acara Pra Event HUT ke-46, pada Februari sampai Maret 2024, yakni Roadster Rescue Competition 2024. Ada pula pertandingan olahraga antar-roadster Jasa Marga, di antaranya tenis lapangan, basket 3 on 3, mini soccer, bulu tangkis, Lomba Taman Batas Ruas Tol, hingga Lomba Karya Jurnalistik Jasa Marga Dalam Berita untuk para pewarta media.

Berbagai apresiasi serta inisiatif tersebut menunjukkan komitmen Jasa Marga untuk menghadapi tantangan pada 2024 dalam meningkatkan implementasi teknologi terintegrasi di industri jalan tol.

Implementasi itu diwujudkan dengan berlandaskan semangat inovasi dan transformasi roadster Jasa Marga guna mewujudkan perusahaan jalan tol nasional terbesar, tercepat, berkesinambungan, dan sesuai dengan aspek keberlanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com