Advertorial

Upaya Stella Maris BSD Ciptakan Sekolah Bebas Perundungan lewat Sinergi dan Pembangunan Karakter

Kompas.com - 04/03/2024, 13:53 WIB

KOMPAS.com – Kasus bullying atau perundungan yang baru-baru ini terjadi di salah satu sekolah internasional di daerah Serpong, Tangerang Selatan, menjadi pengingat bagi banyak pihak. Orangtua, murid, dan pihak sekolah dituntut untuk semakin waspada dan menaruh perhatian penuh terhadap kemungkinan perundungan di luar rumah terjadi.

Guru Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Stella Maris BSD Benito Pramityasmara, MPsi, mengatakan bahwa perundungan merupakan kasus serius karena dapat berdampak signifikan tidak hanya terhadap korban, tetapi juga pelaku. Terlebih, jika hal tersebut melibatkan anak di bawah umur atau anak sekolah.

Untuk mencegah perundungan di lingkungan sekolah, Benito melanjutkan, Stella Maris BSD secara aktif mengadakan berbagai upaya yang melibatkan kolaborasi antar-anak didik.

Upaya tersebut meliputi seminar yang melibatkan murid dan orangtua, pembinaan konseling dengan guru-guru, dan mengingatkan semua murid untuk berani melapor ketika terjadi pelanggaran atau perundungan di lingkungan sekolah.

Di Stella Maris BSD, para murid dapat kapan saja mendatangi ruang BK bila ada hal yang ingin diceritakan, tidak selalu terkait aktivitas belajar mengajar. Pengembangan 14 karakter Entrepreneurship Stella Maris juga diberikan kepada peserta didik, mulai dari level taman kanak-kanak (TK) sampai sekolah menengah atas (SMA).

Stella Maris BSD percaya bahwa peran semua pihak, mulai dari peserta didik, guru, karyawan sekolah, hingga orangtua, adalah kunci utama pencegahan perundungan di sekolah. Sinergi yang teraplikasikan dengan baik di antara semua pihak menjadikan Sekolah Stella Maris BSD tidak memiliki kasus perundungan sampai saat ini.

Hal itu pun diakui oleh para orangtua dan peserta didik. Pengakuan ini didapat dari wawancara yang dilakukan sekolah secara berkala.

Untuk memantau aktivitas para peserta didik, Head of National School Stella Maris BSD Dra Uning Widyastuti Anastasia menuturkan, pihaknya memiliki kartu kendali kedisiplinan dan kehidupan sosial di sekolah berupa Buku Modifikasi Poin.

Sejumlah program di Stella Maris, seperti Artpreneur dan Entrepreneur Week, juga berperan dalam mendukung suasana kondusif di lingkungan sekolah. Sebab, lewat program tersebut, para murid didorong untuk saling berkolaborasi, baik antarkelas maupun antarlevel, dengan didampingi tim leader dan guru.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Stella Maris BSD, Anda bisa mengunjungi laman https://stella-maris.sch.id/admission-bsd/ atau datang langsung ke alamat Jalan Artha Kencana Kav C1, Kencana Loka, Tangerang Selatan, Banten.

Selain itu, Anda bisa juga dengan menghubungi nomor telepon 021-7566-566 / 021-756-3953, WhatsApp 0812-9568-2920, atau e-mail info@stella-maris.sch.id bila ingin menanyakan secara detail terkait kegiatan sekolah untuk mencegah perundungan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com