Advertorial

Wisuda 374 Lulusan, Rektor Itenas: Terus Tingkatkan Kompetensi dan Inovasi

Kompas.com - 04/03/2024, 18:09 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 374 wisudawan yang terdiri dari 372 lulusan program sarjana dan 2 lulusan program magister resmi dilantik dalam seremoni Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat Wisuda Program Sarjana dan Magister Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) Periode Semester Ganjil TA 2023/2024.

Perhelatan tersebut digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Bale Dayang Sumbi Itenas Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3/2024). Acara wisuda dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV serta segenap pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi.

Pada wisuda periode Maret 2024, tujuh lulusan meraih predikat cum laude dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Alya Nisrina Nabilah Putri dari Program Studi Teknik Sipil dengan IPK 3,96.

Sementara, lulusan termuda dipegang oleh Rulla Firyal Thufailillah Irwan dari Program Studi Teknik Industri yang lulus pada usia 20 tahun 11 bulan. Dilantik juga lulusan dengan prestasi non-akademik tingkat nasional, yakni Jabir Murtadho dari Program Studi Arsitektur yang meraih juara 3 pada Open Tournament Karate Wali Kota Jakarta Utara 2023.

Dalam sambutan, Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari, PhD memberi pesan kepada para lulusan untuk dapat mengantisipasi perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital.

“Di samping membawa berkah dalam membantu survival manusia, (perkembangan teknologi) juga punya berbagai dampak negatif, seperti pengangguran, kerusakan sosial dan budaya, mengendornya kohesi sosial, kecanduan gadget, dan beberapa dampak lain yang harus siap diantisipasi dan ditangani,” ujar Rektor Itenas seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/3/2024).

Kompetensi yang telah diraih selama menempuh studi di Itenas, lanjutnya, merupakan modal utama untuk berkontribusi kepada bangsa dalam menghadapi tantangan tersebut.

“Terus tingkatkan kompetensi, inovasi, serta kualitas dan kreativitas,” sambung Rektor

Sebanyak 374 wisudawan yang terdiri dari 372 lulusan program sarjana dan 2 lulusan program magister resmi dilantik dalam seremoni Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat Wisuda Program Sarjana dan Magister Itenas Periode Semester Ganjil TA 2023/2024. Dok. Itenas Sebanyak 374 wisudawan yang terdiri dari 372 lulusan program sarjana dan 2 lulusan program magister resmi dilantik dalam seremoni Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat Wisuda Program Sarjana dan Magister Itenas Periode Semester Ganjil TA 2023/2024.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Dr M Samsuri, SPd, MT, menyampaikan bahwa seluruh wisudawan mendapat kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan, baik berkarier maupun melanjutkan pendidikan.

Samsuri pun mengapresiasi kerja keras para wisudawan sehingga dapat mencapai keberhasilan seperti saat ini.

“Jika Anda terbuai dengan kesuksesan yang sekarang diraih, menutup buku dan tidak mau terus belajar, kesuksesan Anda hanya menjadi masa lalu. Hanya orang-orang yang mau terus belajar di sepanjang hidupnya yang akan memegang tonggak kesuksesan masa depan,” pesan Kepala LLDIKTI IV kepada para wisudawan.

Ada yang berbeda dalam perhelatan wisuda periode kali ini. Para wisudawan diberikan kejutan dengan penampilan perwakilan orangtua yang membawakan lagu “Saat Kau Telah Mengerti” dan juga mahasiswa yang menampilkan lagu “Ayah Ibu” secara live.

Deretan penghargaan Itenas

Wisuda kali ini juga menjadi salah satu momen perayaan Itenas Bandung yang telah meraih penghargaan bergengsi pada awal 2024. Itenas Bandung berhasil meraih penghargaan internasional dalam “The 28th Elets World Education Summit” di Dubai, Uni Emirat Arab, dengan kategori Excellent Private University in Graduate Employabilty.

Penghargaan tersebut menunjukkan kapabilitas Itenas dalam mencetak banyak lulusan yang mendapatkan pekerjaan ataupun berwirausaha.

Di samping itu, Itenas Bandung juga meraih enam penghargaan dalam Anugerah LLDIKTI Wilayah IV Tahun 2024. Berikut adalah penghargaan yang berhasil diraih Itenas Bandung dalam acara tersebut.

  1. Silver Winner Badan Penyelenggara dan Perguruan Tinggi dengan Tata Kelola Kelembagaan Terbaik Jumlah Mahasiswa di bawah 10.000.
  2. Gold Winner Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul.
  3. Gold Winner Perguruan Tinggi Swasta dengan Prodi Unggul/A dan International Terbanyak.
  4. Gold Winner Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan SPMI Terbaik Kategori Institut.
  5. Gold Winner Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan PDDIKTI Terbaik (Universitas dan Institut).
  6. Gold Winner Pengelola Jabatan Akademik Dosen Terbaik Institut.

Itenas Bandung pun masuk ke dalam beberapa pemeringkatan internasional. Itenas Bandung meraih Quacquarelli Symonds (QS) Rating 5 Stars untuk kategori Online Learning, Employability, Academic Development, dan Social Responsibility.

Kemudian, Itenas Bandung juga termasuk di dalam QS Asia University Ranking dan Times Higher Education (THE) Ranking. Ini merupakan salah satu upaya Itenas Bandung untuk meraih predikat world class university.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com