Advertorial

Tergoda Lezatnya Rawon, Sup Hitam Pekat asal Jawa Timur

Kompas.com - 08/03/2024, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini, ada makanan Indonesia yang dipilih sebagai makanan terenak di dunia, lho! Makanan itu adalah rawon.

Menurut Taste Atlas, rawon dinobatkan sebagai sup terenak di Indonesia karena rasa yang gurih, warna sup hitam pekat, dan juga pemakaian rempah-rempah khas Indonesia yang membuatnya kaya rasa. Kira-kira, rawon itu terbuat dari apa, sih?

Tercatat dari zaman Jawa kuno, rawon dibuat dari daging sapi yang direbus lama bersama dengan rempah tradisional Indonesia, seperti daun jeruk, cabai, jahe, dan rempah lainnya. Namun, rempah yang menjadi kunci untuk pembuatan rawon adalah kluwek.

Kluwek atau pangium edule adalah rempah yang berasal dari pepohonan liar. Hal yang perlu diperhatikan, kluwek mengandung glikosida sianogenik yang bisa menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, penggunaan kluwek harus diproses secara khusus dan hati-hati.

Biasanya, rawon dimakan dengan nasi, tauge, sambal, dan kerupuk udang. Sebagai pelengkap, ada pula telur asin dan sambal. Asinnya telur dan gurihnya kuah rawon yang sedap nan pedas menjadi suapan paling lezat.

Meskipun rawon merupakan makanan asli dari Jawa Timur, nyatanya ada banyak versi jenis makanan ini di beberapa kota di Indonesia. Contohnya, di Banyuwangi, rawon dimakan bersama pecel. Sementara, di Surabaya, rawon yang terkenal adalah rawon setan.

Nama rawon setan diambil karena zaman dahulu dihidangkan pada malam hari dan juga rasanya yang pedas.

Inovasi rawon pedas tersebut juga membuat santapan rawon jadi makin gurih dan enak. Tak heran, rawon ini menjadi sangat populer. Selain orang lokal, berbagai wisatawan dari seluruh penjuru Indonesia pun ikut penasaran untuk mencicipi enaknya rawon yang pedas tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com