Advertorial

Menkeu Sri Mulyani Apresiasi AgenBRILink di BRI Microfinance Outlook 2024

Kompas.com - 08/03/2024, 15:37 WIB

KOMPAS.com -Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran besar bagi perekonomian Indonesia. Meski demikian, masih banyak UMKM yang belum terjangkau perbankan.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani pada BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Oleh karena itu, Sri Mulyani meminta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI untuk memperluas akses pembiayaan. Ia meminta AgenBRILink meningkatkan akses pembiayaan kepada 29 juta orang yang masih belum terjamah perbankan.

"Jumlah 15 juta (orang) belum cukup. Kami harus menjadi meningkatkan menjadi 45 juta sehingga bisa memberikan (akses pembiayaan) kepada semua orang," ujar Sri Mulyani dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (8/3/2024).

Meski jumlah UMKM di Tanah Air sangat besar, lanjut Sri Mulyani, UMKM mampu menembus pasar ekspor masih relatif kecil, yakni di kisaran 15 persen.

"Salah satu yang menjadi kendala adalah pembiayaan. Terdapat 29,2 juta UMKM yang tidak mampu mengakses pembiayaan," ujarnya.

Agen BRILink. DOK. BRI Agen BRILink.

Selain akses, UMKM juga menghadapi masalah keterjangkauan. Melalui AgenBRILink, ia berharap agar BRI dapat melakukan penetrasi hingga masyarakat terkecil.

"Saya berharap, BRI dapat melakukan penetrasi melalui AgenBRILink. Bahkan, AgenBRILink dapat beroperasi tanpa perlu bangunan karena identik dengan pemilik warung," kata Sri Mulyani.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa BRI telah menyiapkan strategi hybrid bank melalui AgenBRILink dalam rangka mendorong inklusi keuangan. Dengan demikian, akses perbankan dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Selain itu, BRI juga mengembangkan jaringan untuk meningkatkan kualitas sinyal agen BRILink. Saat ini, BRI telah memiliki 741.000 AgenBrilink dengan volume transaksi mencapai Rp 1.400 triliun.

“AgenBRILink merupakan salah satu contoh bentuk strategi BRI bertransformasi untuk selalu menerapkan strateginya yang inline dengan concern pembangunan ekonomi nasional. BRi tidak hanya menekankan pada pertumbuhan, tapi juga merata,” ujar Sunarso.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com