Advertorial

Baznas Award 2024: BRI Dinobatkan Sebagai Bank Penyedia Layanan Pembayaran Zakat Terbaik

Kompas.com - 09/03/2024, 12:37 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk mendapatkan anugerah Baznas Award 2024 untuk kategori Bank Penyedia Layanan Pembayaran Zakat Terbaik.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada BRI atas kerjasamanya bersama Baznas dalam meningkatkan layanan zakat di lingkungan BRI.

Baznas Awards 2024 merupakan rangkaian acara dari peringatan hari ulang tahun (HUT) Baznas Republik Indonesia (RI) ke-23 yang berlangsung di Gedung Baznas Republik Indonesia (RI), Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Acara ini dibuka oleh Ketua Baznas, Noor Achmad dan dihadiri Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Wa As Shadaqat Mesir, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), jajaran pimpinan Baznas RI, perwakilan BAZNAS se-Indonesia, serta para penerima penghargaan.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas, Noor Achmad menyampaikan bahwa Baznas Awards merupakan agenda tahunan Baznas untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah berperan dalam membangun tata kelola zakat di Indonesia.

"Dari tahun ke tahun, ada lompatan-lompatan besar pengelolaan zakat di Indonesia. Tahun 2023, zakat di Indonesia mulai menjalankan peran penting, yaitu menjalin aliansi strategis secara lintas negara dalam membela kemanusiaan di Gaza dan Palestina," kata Kiai Noor dalam siaran persnya, Sabtu (9/3/2024)

?Pada Baznas Awards 2024, total ada 395 penghargaan yang diberikan kepada tokoh, lembaga, kepala daerah, mitra dan donatur, Baznas daerah dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang telah berperan aktif dalam membesarkan peran zakat di Indonesia dan konteks global, termasuk salah satunya BRI.

Direktur Human Capital BRI, Agus WinardonoDOK. BRI Direktur Human Capital BRI, Agus Winardono

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Human Capital BRI, Agus Winardono mengungkapkan bahwa perseroan mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh Baznas.

“Ini merupakan bukti nyata komitmen BRI yang hadir di tengah masyarakat melalui social value, dalam kaitannya pemberdayaan ekonomi dan kegiatan sosial,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Bank BRI bersama YBM BRILiaN—dahulu bernama YBM BRI—merupakan salah satu benchmark dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat pegawai yang amanah dan profesional.

YBM BRILiaN adalah lembaga filantropi Islam yang mengelola zakat, infaq, dan sedekah dengan profesionalisme. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2011, Keputusan Menteri Agama dan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI.

YBM BRILiaN bertekad untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan mobilitas sosial keluarga dhuafa melalui program-program yang meliputi pendidikan inklusif, pemberdayaan ekonomi, dan kegiatan sosial kemanusiaan, dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berdaya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com