Advertorial

Bupati Klaten Dampingi Menparekraf Luncurkan ADWI 2024 di Desa Wisata Bugisan

Kompas.com - 10/03/2024, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri acara peluncuran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Wisata Bugisan, Prambanan, Klaten, Sabtu (9/3/2024).

Kunjungan Sandiaga ke Desa Wisata Bugisan diawali dengan peninjauan potensi desa wisata, termasuk kuliner di Daleme Simbah, mengendarai gerobak sapi sambil berinteraksi dengan masyarakat, serta bertemu dengan 14 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), mulai dari usaha kain batik ecoprint, wayang kulit, booth highlight desa wisata, hingga jenang kendil dan nasi wiwitan.

Acara tersebut juga menampilkan mini talk show yang dipimpin oleh Sandiaga dengan tema "Keberhasilan Pengembangan Desa Wisata melalui Kolaborasi Pentahelix”. Talk show melibatkan Bupati Klaten Sri Mulyani, local champion Desa Wisata Bugisan Rudi Riono, Kepala Desa (Kades) Bugisan Heru Nugroho, dan Mitra PT Astra International Tbk Heny Nurruliati sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga memberikan apresiasi terhadap kinerja Bupati Klaten Sri Mulyani yang berhasil mengelola dua desa wisata tingkat nasional, yaitu Desa Wisata Bugisan dan Sidowarno.

“Saya ucapkan terima kasih karena Bupati Klaten, ibu (Sri Mulyani) telah menjadi katalisator dari kemajuan ekonomi masyarakat. Ada dua desa wisata kelas nasional dibimbing (Bupati Klaten) dan biasanya satu kabupaten itu (membimbing) satu (desa wisata). (Akan tetapi) Bupati Klaten bisa membimbing dua (desa wisata), itu luar biasa,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/3/2024).

Sandiaga juga menyatakan kebahagiaannya bisa kembali ke Desa Wisata Bugisan untuk kedua kalinya.

Ia melihat perkembangan desa tersebut menjadi destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Saya senang sekali bisa kembali ke Desa Bugisan dan terakhir ke sini di tahun 2022. Tadi saya sempat menyantap makan siang di Daleme Simbah, makanannya itu ndeso (ala desa) tapi rasanya tingkat dunia,” tutur Sandiaga.

Rasa syukur Bupati Klaten

Pada kesempatan yang sama, Bupati Klaten Sri Mulyani menyatakan rasa syukur dan kebahagiaannya karena Desa Wisata Bugisan dipilih sebagai tempat peluncuran ADWI 2024.

“Dengan adanya ADWI 2024 ini menambah semangat kades untuk menggali potensi yang ada di desanya masing-masing. (Sebelumnya) masyarakat (enggan melewati) daerah Candi Plaosan takut karena kondisinya masih gelap,” tuturnya.

Sri Mulyani menekankan bahwa saat ini, dengan adanya desa wisata dan peluncuran ADWI, Desa Bugisan telah menjadi tempat favorit bagi masyarakat Klaten bahkan wisatawan Indonesia yang datang berkunjung untuk melihat Candi Kembar.

Peluncuran ADWI 2024 dengan tema Desa Wisata menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia, ditandai dengan Sandiaga memecahkan kendi dan diiringi bunyi kentongan yang ditabuh oleh seluruh tamu undangan.

Acara ditutup dengan prosesi kirab grebeg Gunungan, yang berisi buah, sayur, dan tanaman yang diperebutkan oleh masyarakat sekitar sebagai lambang syukur atas terpilihnya Desa Bugisan sebagai lokasi peluncuran ADWI 2024.

Dalam acara tersebut, hadir langsung Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Dinas Pariwisata Provinsi (Disparprov) Jateng, Dinas Pariwisata Kabupaten (Disparkab) Klaten, forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), PT Astra International Tbk, camat, forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam), dan pelaku UMKM Desa Wisata Bugisan.

Acara tersebut juga diikuti secara daring oleh seluruh kepala daerah, mitra strategis, dan desa wisata lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com