Advertorial

Proyek Hamparan Gree Energy Raih Penghargaan dalam Ajang Dubai International Best Practices Award

Kompas.com - 14/03/2024, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Gree Energy meraih penghargaan kategori “Addressing Climate Change and Reducing Pollution” dalam ajang Dubai International Best Practices Award yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (13/2/2024).

Penghargaan tersebut diraih berkat keberhasilan Proyek Hamparan besutan Gree Energy yang berhasil menghentikan emisi metana ke permukaan atmosfer. Proyek biogas dari pati singkong ini juga sukses menyediakan energi bersih untuk 19 desa sekitar.

Proyek itu berhasil mengungguli 2.638 inisiatif dari 144 negara. Seluruh pendaftar dievaluasi oleh 32 juri yang berasal dari ahli, teknisi, dan tokoh ilmiah terkemuka dunia.

Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Gree Energy, Nicolas Stirer, menuturkan bahwa raihan penghargaan tersebut menjadi bukti nyata dari misi pihaknya untuk memberdayakan negara-negara berkembang dalam mengurangi emisi metana, memproses air limbah, dan menciptakan peluang energi bersih.

“Menerima penghargaan ini bukan hanya suatu kehormatan, tetapi juga panggilan untuk tindakan. Ini memperkuat komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan dan kebutuhan mendesak untuk tindakan kolektif,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Menurut Nicolas, aksi iklim perusahaan sangat penting dalam memperluas solusi biogas ini secara global. Oleh karena itu, pihaknya turut mengundang perusahaan yang berkomitmen pada tujuan net-zero emission untuk bekerja sama demi dampak yang signifikan.

Atas penghargaan tersebut, Gree Energy turut mengapresiasi tim yang telah berdedikasi dan mitra strategis, di antaranya PT Hamparan Bumi Mas Abadi, Cenergi, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Agence Française de Développement (AFD), dan French Facility for Global Environment (FFEM).

Sebagai informasi, Dubai International Best Practices Award diselenggarakan oleh Dubai Municipality yang bekerja sama dengan UN-Habitat.

Penghargaan tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian ajang World Government Summit–pertemuan dan pertukaran informasi pejabat dan pemerintah dunia yang dilaksanakan oleh pemerintah UAE.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com