Advertorial

Pertamina Patra Niaga JBT Raih Penghargaan dari DJP Jawa Tengah sebagai Kontributor Pembayar Pajak Terbesar pada 2023

Kompas.com - 14/03/2024, 15:17 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) meraih apresiasi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa tengah sebagai salah satu pembayar pajak terbesar pada 2023.

Setoran pajak Pertamina Patra Niaga Regional JBT sepanjang 2023 mencapai Rp 54,3 miliar.

Apresiasi tersebut diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I Max Darmawan kepada perwakilan Finance Pertamina Patra Niaga Regional JBT pada acara Tax Gathering di Ballroom Hotel Harris Semarang, Rabu (6/3/2024).

Dari jumlah Rp 54,3 miliar, sebanyak 86,8 persen setoran pajak Pertamina Patra Niaga Regional JBT berasal dari Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 atas penjualan bahan bakar minyak dan gas. Nilai setoran pajak yang diserahkan sebesar Rp 47,1 miliar.

DJP Jawa Tengah berharap, perusahaan-perusahaan yang menerima penghargaan tersebut, termasuk Pertamina Patra Niaga Regional JBT, dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam menyetorkan pajaknya.

“Terima kasih kepada para wajib pajak yang telah berkontribusi maksimal untuk mendukung APBN yang sehat. Hal ini tidak mudah dicapai tanpa kerja sama yang baik antara DJP dengan para wajib pajak,” ujar Max Darmawan melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/3/2024).

Pjs Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional JBT Marthia Mulia Asri mengaku bangga dengan apresiasi yang diberikan pemerintah, khususnya DJP Jawa Tengah, kepada Pertamina Patra Niaga Regional JBT.

Setiap tahun, lanjutnya, Pertamina Patra Niaga Regional JBT selalu konsisten dalam menyetorkan PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, dan PPh Pasal 23 kepada DJP.

“Ini menjadi salah satu bukti komitmen kami dalam membantu pembangunan daerah dengan menyetorkan pajak secara maksimal kepada DJP, termasuk DJP Jawa Tengah,” ujar Marthia.

Sementara itu, Area Manager Finance Pertamina Patra Niaga Regional JBT Soehardini mengungkapkan bahwa penggunaan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas Pertamina turut berkontribusi terhadap pendapatan daerah.

“Semakin banyak masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas, akan turut menambahkan pendapatan daerah. Harapan kami, kolaborasi yang sudah terjalin baik selama ini semoga tetap dapat dipertahankan,” tutur Soehardini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com