Advertorial

Gerak Cepat, BRI Peduli Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Sumbar hingga Jabar

Kompas.com - 15/03/2024, 13:15 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui program corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli merespons cepat bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah Tanah Air dengan menyalurkan bantuan bagi warga terdampak bencana.

Salah satunya di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hujan deras dan cuaca buruk yang menerjang daerah ini pada Kamis (7/3/2024), menyebabkan ratusan rumah terendam banjir dan longsor bahkan sampai menelan korban jiwa.

Sebagai respons cepat, BRI memberikan bantuan berupa ratusan paket makanan cepat saji dan sembilan bahan pokok (sembako) untuk meringankan beban mereka.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama (Dirut) BRI, Catur Budi Harto menyatakan bahwa bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh staf BRI melalui kantor unit terdekat di Pesisir Selatan.

“Kami memastikan masyarakat yang terdampak mendapatkan bantuan yang dapat meringankan beban mereka,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/3/2024).

Selain Pesisir Selatan, hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kamis (7/3/2024), menyebabkan tanggul jebol, sehingga beberapa wilayah di kabupaten ini terendam banjir. BRI pun hadir menyalurkan bantuan berupa makanan cepat saji, sembako, peralatan mandi, hingga selimut.

Bantuan tanggap bencana juga disalurkan kepada warga di wilayah di Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jabar yang terkena dampak bencana longsor akibat hujan deras dan cuaca buruk. Bantuan yang diberikan berupa penyaluran paket sembako, seperti beras, mie instan, susu, minyak goreng, kornet, sarden, hingga biskuit.

Tidak hanya itu BRI juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan secara efektif kepada korban sebagai bagian dari upaya untuk meringankan beban masyarakat dan mempercepat pemulihan pascabencana.

Catur menegaskan bahwa BRI sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia, selalu berperan aktif memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana melalui program BRI Peduli.

“Melalui unit kerja kami yang tersebar di penjuru negeri, BRI selalu aktif dan bergerak cepat menyalurkan berbagai bantuan bagi warga terdampak bencana yang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Ini semua merupakan bentuk kepedulian dan ketulusan BRI agar masyarakat bisa lekas pulih dari musibah yang dialami,” jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com