Advertorial

Sistem HR Berbasis Cloud, Solusi Jitu Dongkrak Produktivitas Karyawan dan Efisiensi Perusahaan

Kompas.com - 18/03/2024, 14:54 WIB

KOMPAS.com - Transformasi digital di sektor human resources (HR) dinilai bakal menentukan tingkat pertumbuhan perusahaan pada 2024.

Pasalnya, keberadaan teknologi dapat memperkuat kemampuan perusahaan untuk merekrut, mempertahankan, dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) bertalenta dalam menjalankan bisnis.

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengemukakan bahwa kehadiran SDM yang andal akan berdampak besar bagi peningkatan produktivitas dan inovasi, termasuk pada level pertumbuhan ekonomi nasional.

Atas alasan tersebut, tak heran jika penggunaan teknologi begitu disambut baik oleh berbagai pemain di lintas industri.

Head of Business Mekari Talenta Stevens Jethefer memaparkan, kebutuhan perusahaan terhadap talenta andal yang mahir dan produktif di era digital saat ini jadi tak terelakkan.

Kehadiran talenta dengan kemampuan tersebut dinilai dapat membantu perusahaan dalam memenangkan kompetisi di industri.

Sebagai informasi, Mekari Talenta sendiri adalah perusahaan software-as-a-service (SaaS) berbasis cloud untuk meningkatkan automasi dan efisiensi proses HR.

Perusahaan tersebut menawarkan rangkaian layanan luas dan fitur yang mampu memperlancar pengaturan proses HR, termasuk dalam menganalisis kebutuhan tenaga kerja atau manpower planning.

“Di sinilah peran strategis human resource department (HRD) karena (mereka) bertugas untuk merekrut, meretensi, dan mengembangkan SDM sesuai kebutuhan perusahaan. Agar bisa membangun talent pool sesuai kebutuhan bisnis, HRD perlu melakukan transformasi digital dengan mengadopsi solusi HR berbasis cloud untuk mendorong otomasi dan efisiensi proses HR,” ujar Stevens dalam siaran pers yang diterima Kompas.com (20/2/2024).

Stevens menambahkan, fleksibilitas dan skalabilitas solusi HR saat ini harus bisa membantu perusahaan untuk beradaptasi dalam penggunaan teknologi, termasuk yang berada di industri konvensional, seperti sektor rill, manufaktur, dan ekspedisi.

Memahami kebutuhan tersebut, Mekari Talenta pun menawarkan layanan HR dengan sistem berlangganan.

Layanan itu dapat diterapkan secara efisien dan cepat, baik dari segi biaya maupun waktu oleh semua pelaku usaha, mulai dari level usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga large enterprise.

Tak hanya itu, solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta juga dirancang agar bisa dikustomisasi dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Layanan tersebut juga dapat diintegrasikan dengan software enterprise resource planning (ERP) agar semua sistem internal berfungsi secara seamless.

Solusi HR itu pun bisa dikontrol hingga tingkat strategic business unit (SBU) sehingga induk dan anak perusahaan dapat secara mandiri mengatur konfigurasi solusi sesuai kompleksitas bisnis masing-masing.

Selain pekerjaan administratif, solusi HR berbasis cloud juga memfasilitasi pembuatan keputusan strategis karena memiliki kemampuan dalam mengonsolidasi dan menganalisis data.

“Misalnya, solusi HR kami bisa menyatukan data yang menyangkut tugas, absensi, dan anggaran di satu tempat sehingga memudahkan pengambilan keputusan terkait pengaturan biaya sebuah proyek atau project costing management. Kami juga dapat mensentralisasi database kepegawaian ke satu dasbor sehingga perusahaan bisa memeriksa kondisi SDM mereka kapan pun,” terang Stevens.

Terbukti efektif

Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta adalah Tatalogam Holding selaku pelaku manufaktur genteng metal dan baja ringan di Indonesia.

Vice President Tatalogam Holding Nicolas Setiabudi, mengatakan bahwa perusahaannya ingin mendigitalisasi sistem HR agar bisa beradaptasi dengan baik di era digital.

Sebelum menggunakan teknologi, tim HRD Tatalogam Holding melakukan tugas administratif, seperti kalkulasi gaji sesuai absensi, secara manual. Hal ini dinilai sangat menghabiskan banyak waktu.

Namun, setelah mengadopsi teknologi, tim HRD Tatalogam Holding mulai bisa mengotomatisasi proses administratif secara repetitif sehingga bisa mengalihkan fokusnya ke tugas strategis lain, seperti mengorganisasi pelatihan karyawan.

“Solusi HR berbasis cloud telah membantu kami dalam mengelola SDM dengan lebih baik. Hasilnya, kami bisa mengejar pertumbuhan perusahaan dengan agresif,” kata Nicolas.

Nicolas menambahkan, salah satu kustomisasi fitur yang ada pada solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta dinilai juga semakin memudahkan perusahaan dalam mengatur sif karyawan sesuai peran dan pola kerja masing-masing.

“Tantangan yang kami hadapi sebagai perusahaan manufaktur berbeda dengan yang dihadapi perusahaan di industri lain. Oleh karena itu, solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta bisa menampung kebutuhan kami,” terang Nicolas.

Sementara itu, Head of Administration Mitsubishi Corporation Indonesia Kei Muta mengaku bahwa salah satu keuntungan menggunakan solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta adalah dapat terus melakukan pembaruan berkala sehingga sistem selalu up-to-date.

-Dok. Mekari -

“Solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta dapat diperbarui secara berkala. Tak hanya untuk memastikan hadirnya fitur-fitur inovatif, tapi juga untuk memfasilitasi perusahaan dan pengguna dari segi compliance atau kepatuhan terhadap kebijakan serta peraturan pemerintah,” aku Kei.

Pada awal 2024, misalnya, solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta telah membantu Mitsubishi Corporation Indonesia dalam memperbarui cara penghitungan gaji dan pajak karyawan.

Hal tersebut dinilai sangat efisien karena membuat perusahaannya dapat secara otomatis taat pada kebijakan tarif efektif rata-rata (TER) yang dikeluarkan pemerintah.

“Inilah alasan mengapa kami menaruh kepercayaan di Mekari selaku penyedia SaaS terdepan di Indonesia. Sebagai perusahaan Jepang, kami memerlukan mitra yang menyediakan layanan tepercaya. Mekari melalui timnya yang solid dan pembaruan sistem berkala sangat suportif terhadap jalannya bisnis kami,” kata Kei.

Tidak hanya untuk perusahaan, solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta juga bermanfaat bagi karyawan.

Kei menceritakan bahwa perusahaan mengadopsi solusi HR tersebut di tengah pandemi Covid-19. Ini dilakukan agar karyawan bisa melakukan absensi sambil work from home (WFH).

Penggunaan solusi HR berbasis cloud itu pun terus berlanjut hingga saat ini dan juga menjadi sistem absensi untuk hybrid work.

Adapun salah satu fitur di aplikasi Mekari Talenta yang dinilai bermanfaat dalam membantu absensi real-time dari mana pun adalah Live Attendance.

“Mekari Talenta dengan dasbor dan aplikasi ponselnya yang user-friendly telah membantu perusahaan dan karyawan kami untuk mengatur jam kerja secara transparan dan fleksibel. Karyawan bisa mengunduh aplikasi Mekari Talenta untuk mengakses ke layanan mandiri, melakukan self-service, dan administrasi HR,” ungkap kei.

Menurut Stevens, semua kelebihan yang disediakan oleh Mekari itu memang sengaja dirancang untuk membantu perusahaan di Indonesia agar dapat bertumbuh. Ini sejalan dengan visi yang diusung Mekari Talenta, yakni “Power Your Growth”.

“Seiring dengan evolusi transformasi digital, Mekari Talenta akan terus memperkenalkan fitur serta layanan baru sesuai teknologi terkini, termasuk artificial intelligence (AI). Ini akan membawa perusahaan ke tahapan transformasi digital berikutnya,” terang Stevens.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com