Advertorial

Tips jalani Frugal Living dengan Credit Card Mobile BRI

Kompas.com - 18/03/2024, 18:12 WIB

KOMPAS.com - Frugal living atau hidup hemat menjadi perbincangan kalangan muda, terutama selepas pandemi Covid-19. Gaya hidup yang mengutamakan kebutuhan ketimbang keinginan ini seakan menjadi jawaban di tengah ketidakpastian.

Meski mengutamakan kebutuhan, bukan berarti orang yang hidup hemat harus pelit sampai menyiksa diri. Sebaliknya, gaya hidup ini justru bertujuan untuk mencapai kebebasan finansial dengan memiliki kontrol penuh atas keuangan.

Hal tersebut diwujudkan dengan memaksimalkan tabungan dan meminimalkan pengeluaran.

Sebenarnya, ada beberapa cara lainnya untuk memaksimalkan gaya hidup frugal living, yaitu memanfaatkan kartu kredit. Memang, banyak orang yang menganggap kartu kredit justru bisa menambah beban utang.

Padahal, jika digunakan secara cerdas, kartu kredit dapat membantu kamu untuk lebih hemat dan melancarkan gaya hidup frugal living. Salah satunya dengan Kartu Kredit BRI. Penasaran kan bagaimana cara memaksimalkan Kartu Kredit BRI untuk gaya hidup hemat?

  1. Manfaatkan fitur pelacakan pengeluaran

Dengan menggunakan fitur pelacakan pengeluaran, kamu dapat melihat alokasi anggaran yang dikeluarkan setiap bulan. Fitur ini bisa mengontrol pengeluaran kamu sekaligus menjadi alarm supaya tidak melebihi pagu yang diberikan.

  1. Maksimalkan promo dan diskon khusus

Penyedia kartu kredit biasanya menawarkan promo menarik di banyak merchant. Salah satu bank yang memberikan promo yang berlimpah adalah BRI.

Bahkan, promo yang diberikan tersebar di berbagai kategori mulai dari groceries, food and beverage, fashion, lifestyle serta health and wellness. Promo ini bisa membantu menyokong gaya hidup frugal.

  1. Konversi transaksi menjadi cicilan

BRI memiliki memiliki program BRING yang membuat kamu dapat belanja dengan mudah menggunakan Kartu Kredit BRI. Kamu dapat melakukan transaksi online atau offline melalui Electronic Data Capture (EDC) di merchant mana pun. Bahkan, kamu dapat mengubah pembayaran menjadi cicilan dengan bunga mulai dari 0 persen dengan tenor hingga 24 bulan.

Kamu bisa mengkonversi menjadi cicilan dan tenor cicilan melalui menu “Ubah Cicilan BRING” pada aplikasi BRI Credit Card Mobile. Unduh aplikasi BRI Credit Card Mobile di Playstore dan Appstore.

Sebagai informasi, program tersebut berlaku bagi seluruh pemegang Kartu Kredit BRI (kecuali Corporate Card) dengan pengajuan konversi maksimal 7 hari kalender setelah tanggal transaksi. Adapun minimal transaksi yang dapat dikonversi adalah sebesar Rp 3 juta.

Itulah tiga cara memaksimalkan Kartu Kredit BRI untuk mendukung gaya hidup frugal living. Kuncinya adalah bijak menggunakan kartu kredit agar tagihan tidak melebihi pagu yang ditetapkan dan dari pemasukkanmu.

Pastikan pula bahwa kamu selalu tepat waktu membayar tagihan agar tidak terkena denda. Selain itu, jangan menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang tidak mampu dibayar. Bagaimanapun, kamulah yang memiliki kontrol penuh atas kartu kredit.

Dengan pendekatan yang tepat, kartu kredit dapat menjadi salah satu alat terbaik dalam untuk tujuan keuangan kamu.

Sebagai tambahan, kartu kredit juga punya kelebihan lain. Penyedia kartu kredit memberikan perlindungan atas kehilangan atau pencurian dan jaminan produk. Dengan manfaat ini, kamu pun jadi merasa aman jika ada masalah dengan barang yang dibeli.

Jadi, kamu tidak perlu lagi ragu untuk apply Kartu Kredit BRI mu sekarang. Karena #KartuKreditBRI #TerusBukaJalan untuk mengoptimalkan gaya hidup frugal living kamu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com