Advertorial

Siap Sambut Lebaran, Ini Tips Memilih Toples Kue Kering yang Tepat

Kompas.com - 19/03/2024, 15:17 WIB

KOMPAS.com - Kemeriahan Ramadhan tak hanya diwarnai dengan ibadah dan amalan spiritual, tetapi juga tradisi menyambut Lebaran. Apalagi, mengingat sekarang telah memasuki minggu kedua bulan suci. Sebagian masyarakat muslim telah memikirkan berbagai persiapan untuk hari raya.

Salah satu hal yang jamak dipersiapkan jauh-jauh hari dalam menyambut Lebaran adalah penganan ringan, seperti kue kering. Tak hanya memanjakan lidah, penganan ini juga menjadi simbol keramahan dan kehangatan.

Dalam mempersiapkan kebutuhan tersebut, kelezatan tidak menjadi satu-satunya aspek yang diperhatikan. Ada elemen penting lain yang tak boleh diabaikan, yaitu kemasan yang umumnya berupa toples. Terdengar sederhana, tapi benda ini multifungsi, menjadi wadah penyimpanan agar makanan tetap renyah sekaligus penunjang estetika.

Bagi yang ingin berhemat, toples yang ada di rumah sebenarnya bisa dipakai lagi. Namun, jika kondisinya sudah tidak menarik, pertimbangkan untuk membeli toples baru. Apalagi, jika penganan tersebut ditujukan sebagai hantaran. Tentu, Anda ingin memberikan yang terbaik, bukan?

Sekalipun akhirnya memutuskan membeli kue kering jadi karena tidak ingin repot, Anda tetap perlu mempertimbangkan membeli toples baru. Sebab, toples bawaan biasanya kurang menarik atau bahkan gompal di beberapa sisi sehingga mengurangi keindahan.

Karena punya fungsi dekoratif, pilihlah desain toples yang sesuai dengan interior rumah. Toples dengan motif batik atau desain tradisional dapat menambah nuansa etnik. Sementara, toples dengan desain minimalis dan modern mungkin lebih cocok untuk rumah dengan gaya kontemporer.

Selain estetis, Anda juga harus memperhatikan toples yang hendak dibeli. Seperti diketahui, wadah ini tersedia dalam berbagai material, dari plastik, kaca, hingga keramik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Toples plastik biasanya lebih ringan dan tidak mudah pecah, tapi kurang tahan lama dan mungkin tidak aman untuk makanan jika tidak bebas BPA.

Toples kaca menawarkan kejernihan yang memungkinkan Anda melihat isi dengan mudah dan biasanya lebih aman untuk makanan, tetapi lebih berat dan rapuh.

Sementara itu, toples keramik menawarkan keindahan desain dan keunikan, tetapi sering kali lebih berat dan harga yang cenderung lebih mahal.

Pertimbangkan juga ukuran toples. Jika Anda berencana membuat berbagai jenis kue dalam jumlah banyak, pilihlah yang berukuran lebih besar. Begitu juga bentuknya. Toples dengan mulut lebar memudahkan pengambilan kue, sedangkan toples dengan desain yang lebih tinggi dan ramping lebih cocok untuk kue-kue yang bertumpuk.

Hal penting lainnya adalah soal ketahanan terhadap udara. Toples yang kedap udara akan menjaga kue tetap renyah dan segar lebih lama. Pastikan tutup toples dapat menutup dengan rapat. Jika memungkinkan, pilihlah toples dengan seal silikon untuk perlindungan ekstra.

Jika semuanya sudah dipertimbangkan, giliran menentukan bujet pembelian. Toples dengan material dan desain yang lebih unik biasanya dihargai lebih mahal. Namun, jangan tergoda dengan harga murah jika kualitas toples diragukan.

Ingat, toples yang baik adalah ibarat investasi. Dengan perawatan yang tepat, benda ini dapat digunakan untuk Lebaran berikutnya atau momen-momen lainnya.

Mencari toples Lebaran yang berkualitas dan terjangkau bukan perkara sulit saat ini. Anda bisa menemukannya di Tokopedia. Di platform e-commerce ini, berbagai jenis toples kue kering tersedia, termasuk toples nastar.

Selain itu, Tokopedia juga kerap menawarkan promo menarik, mulai dari gratis ongkos kirim (ongkir), cashback, hingga diskon, yang membuat pembelanjaan menjadi hemat.

Jadi, kunjungi Tokopedia sekarang juga dan temukan berbagai toples Lebaran menarik.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com