Advertorial

Jadi Pilihan Banyak Konsumen, Ini Kelebihan Metode Pembayaran COD

Kompas.com - 19/03/2024, 21:51 WIB

KOMPAS.com - Belanja online telah menjadi cara populer untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, melalui belanja online, konsumen dapat melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengunjungi toko fisik secara langsung.

Salah satu metode pembayaran yang populer dalam belanja online adalah cash on delivery (COD). Sebagai informasi, COD atau bayar di tempat merupakan metode pembayaran di mana pembeli membayar langsung kepada kurir atau pengantar ketika barang pesanan diterima.

Metode tersebut dianggap lebih praktis ketimbang metode pembayaran lain, seperti kartu kredit atau transfer bank. Pasalnya, konsumen yang tidak memiliki akses bank pun tetap bisa menyelesaikan transaksi. 

Lalu, apa saja keuntungan metode pembayaran COD? Simak ulasan berikut.

  1. Keamanan transaksi

Salah satu keuntungan belanja COD adalah keamanan transaksi. Saat bertransaksi secara COD, pembeli memiliki kesempatan untuk memeriksa barang secara langsung sebelum melakukan pembayaran.

Hal tersebut memungkinkan pembeli untuk memastikan barang yang diterima sesuai dengan deskripsi dan kualitas yang diharapkan sebelum membayar.

Selain itu, pembayaran secara langsung kepada kurir atau pengantar juga mengurangi risiko penipuan. Pasalnya, pembeli tidak perlu memberikan informasi kartu kredit atau perbankan secara daring. Dengan demikian, risiko penyalahgunaan data atau pencurian identitas dapat dicegah.

  1. Kontrol penuh atas pembayaran

Saat menggunakan metode transaksi COD, konsumen memiliki kontrol penuh atas pembayaran. Pasalnya, pembayaran baru dilakukan saat barang sudah diterima. Pembeli bisa memastikan barang yang diterima sesuai deskripsi.

Jika barang yang diterima tidak sesuai, pembeli dapat menolak menerima barang dan tidak membayar. Dengan demikian, pembeli tidak perlu repot mengurus proses pengembalian dana.

Hal tersebut berbeda dengan pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Saat menggunakan metode ini, pembeli harus membayar terlebih dahulu sebelum barang dikirimkan. Risikonya, pembeli tidak dapat mengetahui kondisi barang.

  1. Meningkatkan kepercayaan  

Penjual yang menawarkan COD umumnya memiliki reputasi lebih baik. Pasalnya, mereka bersedia untuk mengambil risiko jika pembeli tidak membayar. Hal ini meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual.

Sementara dari sudut pandang pembeli, pembayaran yang dilakukan secara langsung saat barang diterima dapat memberikan kepercayaan pembeli kepada penjual.

Dengan demikian, pembeli dapat membeli barang secara online tanpa khawatir ditipu. Hal ini memberikan pengalaman positif saat berbelanja online.

  1. Fleksibilitas pengiriman

Metode pembayaran COD memungkinkan pengiriman barang langsung ke alamat yang diinginkan oleh pembeli. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pembeli untuk menerima barang di rumah, kantor, serta lokasi lain sesuai dengan kenyamanan mereka.

Selain tempat, konsumen juga dapat menentukan waktu pengiriman yang paling nyaman, baik itu siang hari, sore hari, atau malam hari.

Fleksibilitas tersebut membuat konsumen  dapat mengatur waktu pengiriman agar tidak mengganggu aktivitas lain, seperti pekerjaan, sekolah, serta kegiatan lainnya.

Konsumen juga dapat memilih pengiriman reguler, express, serta pengiriman dengan opsi pengiriman pada hari yang sama atau sameday.

  1. Mampu mengirim ke lokasi yang jauh

Keuntungan metode pembayaran COD berikutnya adalah mampu mengirim ke lokasi yang jauh. Sebagai metode pembayaran yang populer, COD banyak diandalkan oleh masyarakat di berbagai daerah hingga ke pelosok.

Hal tersebut membuat metode COD mampu mengirim barang ke pedesaan, dan terpencil. Dengan demikian, COD dapat membantu meningkatkan aksesibilitas barang-barang ke daerah-daerah yang mungkin sulit dijangkau oleh toko fisik atau oleh metode pembayaran online lainnya.

Itulah keuntungan belanja COD di toko online. Sekarang, kamu tidak perlu repot berbelanja online. Pasalnya, kamu bisa melakukan COD Tokopedia dengan mudah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera belanja menggunakan metode COD di Tokopedia. 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com