Advertorial

Pemprov Sulsel dan Pemkab Bone Gelar Buka Puasa Akbar untuk 10.000 Orang

Kompas.com - 20/03/2024, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone akan menggelar kegiatan Buka Puasa Akbar di Lapangan Merdeka Watampone, Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu (27/3/2024).

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan dengan 17 Ramadhan atau malam Nuzulul Quran yang merupakan peristiwa hari turunnya kitab suci Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan, acara Buka Puasa Akbar adalah bagian dari program Sulsel Berbagi Bahagia di Bulan Suci Ramadhan 1445 H.

Dalam kegiatan itu, baik Pemprov Sulsel maupun Pemkab Bone menargetkan sekitar 10.000 masyarakat untuk hadir di acara tersebut.

“Kami bersama Bupati dan Wali Kota Bone membuat gerakan sosial sederhana yang disebut Sulawesi Selatan Ramadhan 1445 Hijriah Berbagi Bahagia. Program ini mengajak masyarakat untuk meningkatkan ibadah sosial selama Ramadhan melalui interaksi antarsesama. Dalam kehidupan sosial, menjalin hubungan baik dan membantu sesama itu kan dianjurkan,” ujar Bahtiar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/3/2024).

Selain saling berinteraksi, Bahtiar juga berharap, masyarakat yang hadir secara langsung di acara Buka Puasa Akbar mau menyumbangkan makanan dan minuman untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

"Apa pun bentuknya, walau takjilnya sebutir kurma pun, (akan) kami bagi dengan orang sekitar. Insya Allah, jika dilakukan, kebersamaan sebagai masyarakat Sulsel dan Islam akan menjadi benar-benar rahmatan lil alamin," tuturnya.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. Dok. Pemprov Sulsel Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Bahtiar menambahkan, kegiatan Buka Puasa Akbar juga akan diisi dengan kegiatan peluncuran program Sedekah Pohon dan pembagian 20.000 bibit pohon.

"Ini upaya agar alam indah ini bisa tetap dinikmati dan dimanfaatkan oleh anak cucu kita. Maka dari itu, kami akan laksanakan program Sedekah Pohon," ujar Bahtiar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com