Advertorial

Jadi Salah Satu Metode Pembayaran Favorit, Kenali Lebih Jauh tentang Sistem COD

Kompas.com - 20/03/2024, 15:23 WIB

KOMPAS.com - Cash on delivery atau COD adalah istilah yang umum yang tengah marak dalam dunia belanja online saat ini.

COD merupakan salah satu sistem pembayaran yang dihadirkan oleh platform e-commerce untuk memudahkan aktivitas transaksi penggunanya.

Namun, jauh sebelum era e-commerce berjaya seperti sekarang, istilah COD sendiri sebenarnya sudah marak digunakan.

Hanya saja, makna dan implementasi dari sistem tersebut memiliki perbedaan fundamental sehingga cukup berbeda dengan metode COD yang ada saat ini.

Di era modern, banyak orang memaknai COD sebagai sistem pembayaran yang dilakukan setelah pesanan dari kurir platform e-commerce diterima secara langsung di tempat oleh pembeli.

Hal tersebut jelas sangat berbeda dengan konsep COD yang populer sekitar akhir era 2000-an.

Dulu, COD diartikan sebagai aktivitas transaksi yang mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang sudah disepakati.

Langkah tersebut digunakan untuk menghindari penipuan yang kala itu masih kerap terjadi pada aktivitas belanja online.

Transaksi tersebut biasanya diawali dari unggahan di platform media sosial (medsos), forum, atau situs jual beli online.

Jika tertarik, calon pembeli dapat membuat janji temu dengan penjual untuk melihat langsung barang yang dijual.

Setelah pembeli melihat, memeriksa, dan merasa cocok dengan barang yang diminati, pembeli dapat langsung membayar sesuai harga yang disepakati dengan penjual. Dari situlah istilah COD bermula.

Jika dibandingkan dengan sekarang, sistem COD sudah mengalami pergeseran makna. Kini, sistem COD digunakan oleh platform e-commerce sebagai salah satu layanan pembayaran yang ada pada pilihan transaksinya.

Dalam situs resmi Tokopedia, COD diartikan sebagai pilihan metode pembayaran yang disediakan agar mitra (pembeli) dapat melakukan pembayaran tunai pada saat barang diterima.

COD sendiri hadir untuk memudahkan transaksi jual beli, khususnya untuk pembeli yang sungkan atau belum familier dengan sistem pembayaran online, seperti transfer bank ataupun penggunaan uang digital.

Dengan kehadiran layanan COD, pembeli yang belum terlalu akrab dengan metode pembayaran online diharapkan bisa mendapatkan barang yang diinginkan secara lebih mudah. Inilah keuntungan dari menggunakan metode COD.

Meski begitu, penting untuk dicatat bahwa tidak semua e-commerce menyediakan layanan COD dan tidak semua wilayah di Indonesia dapat menikmati layanan ini.

Selain itu, sebagian besar e-commerce yang menawarkan COD juga memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, seperti batasan minimal belanja dan kewajiban menambah biaya asuransi pengiriman.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan metode pembayaran COD, penting bagi Anda untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Perlu diingat juga bahwa pembeli tidak diperkenankan untuk membongkar kemasan atau memeriksa barang sebelum membayar kepada kurir.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan transaksi dan mencegah penyalahgunaan sistem.

Jika pembeli menolak untuk membayar saat barang telah diantar oleh kurir, mereka dapat masuk ke dalam daftar hitam di e-commerce dan tidak lagi dapat menggunakan layanan COD di masa mendatang.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman belanja yang aman dan nyaman, Tokopedia menawarkan layanan COD yang dapat diandalkan.

Adapun dengan berbagai pilihan produk dan jaminan keamanan transaksi, Tokopedia COD menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari kemudahan dalam berbelanja online.

Tunggu apa lagi? Segera belanja di Tokopedia dan rasakan segala manfaat yang dihadirkan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com