Advertorial

BRI Siapkan Uang Tunai Rp 34 Triliun untuk Periode Libur Lebaran 2024

Kompas.com - 21/03/2024, 07:50 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI memastikan kesediaan kas aman menjelang libur Lebaran pada periode 6 April 2024 sampai 15 April 2024.

Senior Executive Vice President Operation BRI Nyoman Sugiriyasa mengungkapkan, perseroan telah menyiapkan uang tunai Rp 34 triliun pada periode tersebut. Jumlah ini meningkat ketimbang periode tahun sebelumnya.

“Terjadi kenaikan 5,3 persen secara year on year (yoy) pada 2024 ketimbang 2023. Hal ini dikarenakan perbedaan masa libur periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang sebelumnya 7 hari menjadi 10 hari pada tahun ini,” imbuh Nyoman dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/3/2024).

Nyoman memastikan, hal tersebut tidak mengganggu likuiditas perseroan. Pasalnya, kecepatan perputaran uang menunjukkan aktivitas ekonomi yang meningkat dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Periode Ramadhan dan Lebaran merupakan periode dimana tingkat konsumsi rumah tangga paling tinggi dalam setahun

“BRI telah menyediakan likuiditas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah pada periode Ramadhan dan Lebaran 2024,” tuturnya.

Selain memastikan kesediaan uang kas, BRI juga menjaga reliability untuk jaringan e-channel. Masyarakat juga dapat mengakses lebih dari 686.000 jaringan e-channel BRI yang terdiri dari ATM, CRM dan EDC untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial nasabah.

Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan Agen BRILink yang berjumlah 741.000 dan tersebar di seluruh Indonesia.

Nasabah juga bisa menanyakan info lokasi ATM BRI melalui asisten virtual Sabrina. Untuk menggunakan layanan Sabrina, nasabah dapat menghubungi nomor 0812-12-14017. Jika nasabah mengetik “Lokasi ATM”, Sabrina akan mengeklik “Kirim Lokasi Anda Saat Ini”. Sabrina akan memberikan daftar lokasi ATM BRI yang terdekat berdasarkan lokasi nasabah.

BRI menghadirkan Sabrina untuk memberikan layanan perbankan bagi nasabah sesuai kebutuhannya. Selain menyediakan informasi lokasi ATM, Sabrina juga dapat membantu nasabah mengecek saldo dan mutasi rekening tabungan, simulasi KPR dan BRIguna, mengecek status tiket pengaduan BRI, lokasi AgenBRILink, serta lokasi kantor cabang BRI terdekat.

Asisten virtual itu juga dapat menyediakan informasi di luar layanan perbankan, seperti membantu nasabah mencari beragam merchant terdekat yang memfasilitasi pembayaran melalui BRI.

Selain jaringan layanan e-channel yang tersebar luas, BRI juga memberikan kemudahan kepada nasabah dengan layanan transaksi digital banking yang bisa diakses kapan dan di mana saja melalui superapps BRIMo.

Melalui BRImo, masyarakat dapat membayar tiket mudik dan balik untuk Lebaran. Selain itu, masyarakat juga bisa membayar zakat dengan mudah melalui fitur donasi di BRImo. Tak lupa, BRImo juga dapat digunakan untuk membagikan THR kepada sanak saudara melalui fitur transfer.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com