Advertorial

Edu Global School Tawarkan Program Unggulan Kelas Bilingual dan Nasional Plus

Kompas.com - 21/03/2024, 15:11 WIB

KOMPAS.com – Edu Global School secara resmi meluncurkan dua program unggulan anyar, yakni kelas Bilingual dan Nasional, di Eduplex Coworking Space, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (12/2/2024). 

Kedua program dihadirkan guna memberi kesempatan kepada siswa mengembangkan keterampilan bahasa dan kemampuan akademik yang kompetitif.

Lewat program tersebut, siswa dibekali keterampilan bahasa yang mumpuni serta kapasitas akademik dalam lingkungan yang suportif dalam skala nasional dan internasional.

Peluncuran tersebut dihadiri sejumlah pihak, antara lain pendiri Edu Global School Oki Earlivan Sampurno, SMn, MBA, MSc, PhD(c), Ketua Yayasan Kreasi Edulab Indonesia Zulhanuddin Lubis, akademisi Institut Teknologi Bandung dan sekaligus Pengawas Yayasan Kreasi Edulab Indonesia Sonny Rustiadi, SE, MBA, PhD, CBAP, serta perwakilan orangtua.

Oki mengatakan, Indonesia sebagai negara terbesar keempat di dunia memiliki peran krusial di dunia internasional. Meski begitu, lanjut Oki, pelajar yang melanjutkan pendidikan di luar negeri masih terbilang sedikit.

“Padahal, hal tersebut merupakan investasi utama yang dapat berkontribusi signifikan pada kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, Edu Global School ingin menjadi bagian dari  mempersiapkan putra-putri Indonesia untuk kuliah di luar negeri dan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di ranah global,” ujar Oki dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Peluncuran program baru tersebut dibuka dengan penampilan talenta siswa-siswi Edu Global School, seperti story telling berbahasa inggris, tari tradisional, dan vokal grup.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Yayasan Kreasi Edulab Indonesia dan Mentari Group selaku lembaga yang digandeng oleh Edu Global School.

Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkaitan dengan kurikulum internasional, yaitu Cambridge Assessment International Education.

Alumnus University Oxford dan University London itu menambahkan, Edu Global School menawarkan dua kelas program unggulan, yaitu Bilingual Program Class dan National Plus Integrated Cambridge Program Class.

Program tersebut mengacu pada standar pendidikan tinggi guna membangun keterampilan analisis, berpikir kritis, dan kreativitas siswa. Dengan begitu, siswa mampu adaptif menghadapi tantangan akademik standar internasional.

Hal itu selaras dengan visi Edu Global School, yaitu “Menjadi institusi pendidikan terdepan yang menyediakan kesempatan dan pengalaman belajar di ranah global”.

“Edu Global School memiliki pilar untuk mewujudkan pendidikan yang holistik serta menitikberatkan pada keunggulan akademik, pembangunan karakter, dan pengembangan talenta serta bakat,” kata Oki.

Untuk diketahui, Kelas Bilingual diaplikasikan pada kelas reguler untuk siswa kelas I-VI SD, VII-IX SMP, dan X-XII SMA.

Di kelas-kelas tersebut, kegiatan belajar mengajar (KBM) menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

“Khusus untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, sumber yang digunakan mengacu pada buku-buku kurikulum Cambridge yang telah terstandarisasi. Program Kelas Bilingual ditujukan untuk siswa-siswi yang berminat kuliah di perguruan tinggi dalam negeri,” terang Oki.

Adapun Kelas National Plus Integrated Cambridge adalah kelas internasional untuk siswa jenjang SMP dan SMA yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri ataupun mengikuti program  International Undergraduate Program (IUP) di perguruan tinggi negeri (PTN).

Kegiatan belajar mengajar di kelas tersebut sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris tingkat lanjut dengan keunggulan, yaitu program khas Edu Global School, kurikulum nasional (Merdeka) yang diperkaya oleh kurikulum Cambridge Assessment International Education, serta penguatan karakter keislaman.

“Selain itu, ada pula IGCSE Preparation Program, Summer School Program and Scholarship Preparation, Students Exchange Program, Advanced English Environment, dan Highly Skilled Teachers,” kata Oki.

Edu Global School sendiri memiliki berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang tersebar di tiga kota, yaitu Bandung, Cirebon, dan Medan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Edu Global School, klik tautan berikut.

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com