Advertorial

Terapkan Layanan Berstandar Internasional, Mayapada Hospital Jakarta Selatan Raih Akreditasi Internasional JCI

Kompas.com - 22/03/2024, 13:20 WIB

KOMPAS.com - Mayapada Hospital Jakarta Selatan yang merupakan bagian integral dari jaringan rumah sakit Mayapada Healthcare Group sukses meraih akreditasi Joint Commission Internasional (JCI). Standar tertinggi untuk lembaga kesehatan, pada Kamis (21/3/2024).

Akreditasi itu didapat berkat penerapan standar kualitas tinggi dalam layanan kesehatannya guna memastikan hasil terbaik dengan mengutamakan mutu, keselamatan, serta pengalaman pasien.

Capain tersebut juga menandakan bahwa Mayapada Hospital Jakarta Selatan patuh terhadap protokol layanan kesehatan internasional

Akreditasi JCI melengkapi akreditasi PARIPURNA yang telah didapat Mayapada Hospital Jakarta Selatan dari lembaga yang telah ditunjuk kementerian Kesehatan (kemenkes) pada akhir 2023.

Managing Director Asia Pacific JCI John Yoon menyampaikan bahwa akreditasi JCI tidak diberikan secara sembarangan. Untuk mendapatkannya, penyedia layanan kesehatan harus melalui penilaian performa berdasarkan standar internasional yang ketat.

Kesuksesan pencapaian akreditasi JCI oleh Mayapada Hospital Jakarta Selatan, lanjut Yoon, menegaskan komitmen kuat dari manajemen terhadap keselamatan pasien dan kualitas layanan serta didikasi seluruh staf dalam memberikan pelayanan unggul.

“Selamat kepada Mayapada Hospital (Jakarta Selatan), Anda telah menunjukkan teamwork dan upaya kolektif yang luar biasa serta memastikan perawatan penuh kasih kepada setiap pasien dengan standar kualitas dan keamanan tinggi. Kami sangat menantikan Kolaborasi selanjutnya bersama Mayapada Hospital untuk meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia,” tutur Yoon melalui siaran pers.

Chaiman & Group CEO Mayapada Healthcare Group Jonathan Tahir menyampaikan bahwa akreditasi JCI membuktikan misi dan komitmen perusahaan dalam memberikan layanan kesehatan berstandar internasional kepada setiap pasien.

Dengan akreditasi itu, pasien tidak perlu lagi mencari layanan kesehatan di luar negeri untuk menangani sejumlah penyakit, seperti kanker, jantung, saraf, tulang, dan saluran cerna, karena Mayapada Hospital menawarkan pelayanan yang setara dengan standar global.

Meski telah mendapat akreditasi JCI, ia memastikan bahwa Mayapada Healthcare Group akan terus melakukan peningkatan layanan secara kontinu dengan memusatkan dan melibatkan pasien di setiap langkah perawatan (patient centric) dan mengutamakan pengalaman pasien.

“Mayapada Healthcare Group mengedepankan sinergi perawatan untuk pasien melalui kolaborasi antartim profesional dari multidisiplin, keperawatan, dan penunjang medis di berbagai layanan unggulan di unit-unit Mayapada Hospital,” tuturnya.

Untuk diketahui, hanya 24 rumah sakit di Indonesia mendapatkan akreditasi dari lembaga independen yang berbasis di Amerika Serikat tersebut, termasuk Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Hospital Director Dr Fiktorius Kuludong MM menegaskan bahwa akreditasi JCI merupakan hasil dari upaya berkelanjutan pihaknya dalam menerapkan layanan kesehatan berkelas dunia yang berpusat pada pasien.

“Komitmen kuat ini selalu diimplementasikan di Mayapada Hospital Jakarta Selatan sehingga kami pun yakin dapat melewati semua proses asesmen dari Tim Surveyor JCI,” tuturnya.

Layanan kesehatan standar internasional di Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Mayapada Hospital Jakarta Selatan memiliki sejumlah pelayanan kesehatan berstandar internasional. Layanan ini dihadirkan dengan berpusat pada kebutuhan pasien. Dengan demikian, pasien mendapatkan pengalaman berobat yang aman, nyaman, dan memuaskan.

Layanan kesehatan tersebut di antaranya adalah Oncology Center, Tahir Neuroscience Center, dan Cardiovascular Center. Ketiganya telah mengadopsi protokol internasional dalam penanganan kasus kanker, penyakit saraf, dan penyakit jantung secara berturut-turut.

Di Oncology Center, Mayapada Hospital Jakarta Selatan menghadirkan layanan patient navigator yang terdiri dari tim medis dan tenaga medis. Tim ini mendukung pasien dalam setiap tahap perawatan serta memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang tepat dan berkualitas.

Kemudian di Tahir Neuroscience Center, Mayapada Hospital Jakarta Selatan telah mengimplementasikan code stroke untuk penanganan kasus stroke. Cardiovascular Center juga memiliki Clinical Guidelines untuk operasi CABG atau kerap disebut operasi bypass.

Standar tinggi layanan kesehatan di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dirasakan oleh salah seorang pasien yang menjalani operasi minimal invasif. Istri pasien tersebut pun membagikan pengalamannya tindakan medis yang ditangani oleh dr spesialis urologi konsultan onkologi di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Syamsu Hudaya Sp.U(K).

Ia bercerita, suaminya mengalami keluhan nyeri buang air kecil. Ia pun mengantarkan suaminya ke IGD Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Sesampai di IGD, tenaga medis baik perawat maupun dokter cekatan. Pasien segera didiagnosis. Dari diagnosis, suaminya harus mendapatkan penanganan lanjutan berupa operasi.

“Saya melihat bagaimana cara kerja perawat dan dokter-dokter di sini menangani dengan cepat dengan peralatan yang sangat canggih. Sampai di ruangan (setelah berhasil menjalani operasi), kami dilayani oleh perawat-perawat, cleaning service, dan dokter-dokter yang ramah, bahkan sampai makanan (yang disajikan) rasanya seperti di hotel bintang lima. Terima kasih Mayapada Hospital Jakarta Selatan,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com