Advertorial

Daikin Donasikan Rp 2,5 Miliar untuk Pekerja Rentan di Indonesia

Kompas.com - 22/03/2024, 13:47 WIB

KOMPAS.com - PT Daikin Manufacturing Indonesia memberikan bantuan berupa jaminan sosial ketenagakerjaan sebesar Rp 2,5 miliar untuk kelompok masyarakat pekerja rentan di Indonesia.

Sebagai informasi, pemberian jaminan sosial bagi pekerja rentan merupakan bagian dari program Roda-Roda Ramadan yang diinisiasi Daikin di Indonesia. Program ini rutin diadakan setiap bulan puasa.

Pada Ramadhan 2023, program tersebut dijalankan Daikin dengan memberikan bantuan berupa paket sembilan bahan pokok (sembako) pada kelompok masyarakat yang membutuhkan di sekitar area kantor perwakilan Daikin di seluruh Indonesia.

Bergeser fokus penerima bantuan pada 2024 sendiri dilatarbelakangi oleh kepedulian Daikin pada isu sosial yang lebih dekat dengan perekonomian pekerja.

Adapun bantuan sebesar Rp 2,5 miliar untuk pekerja rentan pada 2024 Daikin berikan melalui program Program Perlindungan Pekerja Rentan yang dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Pemberian dana bantuan itu dilakukan secara simbolis kepada Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin, Rabu (20/3/2024).

Acara serah terima tersebut turut dihadiri oleh direktur Daikin Airconditioning Indonesia Budi Mulia selaku dan Presiden Direktur PT Daikin Applied Solutions Indonesia Giam Tee Kiat.

Daikin Applied Solutions Indonesia adalah grup usaha Daikin yang fokus dalam penjualan produk dan layanan purnajual di Indonesia.

Presiden Direktur Daikin Manufacturing Indonesia Too Wee Yun mengatakan, pemberian dana dilakukan karena saat ini masih terdapat pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri yang punya tingkat penghasilan minim.

Dana tersebut akan dikonversi menjadi perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi 12.401 pekerja rentan di Tanah Air.

Bantuan dari Daikin diharapkan dapat meringankan beban pekerja rentan.Dok. Daikin Bantuan dari Daikin diharapkan dapat meringankan beban pekerja rentan.

“Dukungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang kami berikan diharapkan bisa memberikan kebahagiaan bagi pekerja rentan, khususnya yang menjadi tulang punggung bagi ekonomi keluarga,” ujar Too Wee Yun dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (22/3/2024).

Sementara itu, Budi menjelaskan bahwa kontribusi sosial dari Daikin merupakan upaya untuk mengimbangi kepercayaan besar masyarakat Indonesia yang telah membawa Daikin sebagai solusi utama untuk masalah tata udara.

“Aksi sosial ini selaras dengan semangat besar Daikin dalam beroperasi di tiap negara. Ini merefleksikan semangat kami sebagai perusahaan yang memiliki dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya,” kata Budi.

Atas kerja sama yang telah terjalin, Zainudin mengaku senang atas aksi sosial yang telah ditunjukkan oleh Daikin di Indonesia

Menurutnya, dukungan bagi perlindungan pekerja rentan tersebut merefleksikan kolaborasi sinergis antara dunia usaha dengan pemerintah dalam penanganan berbagai isu sosial berskala besar.

“Kami berharap, dukungan PT Daikin Manufacturing Indonesia dapat menginspirasi bagi tumbuhnya kolaborasi lebih luas dari berbagai pihak. Dengan begitu, nantinya bisa menjadi sebuah gerakan besar dalam kepedulian terhadap keberadaan pekerja rentan di Indonesia. Kepedulian Daikin juga jadi rekor baru sebagai korporasi dengan kontribusi terbesar pada pekerja rentan di Indonesia,” terang Zainudin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com