Advertorial

7 Keutamaan Membaca Al Quran saat Ramadhan

Kompas.com - 23/03/2024, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan berkah dan ampunan. Oleh karena itu, tak heran jika umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba untuk mengerjakan berbagai amalan kebaikan pada bulan ini.

Selain menahan hawa nafsu dan berbuat banyak kebaikan, salah satu amalan penting yang juga dianjurkan selama Ramadhan adalah membaca Al Quran.

Untuk diketahui, membaca Al Quran saat Ramadhan memiliki banyak keutamaan dibandingkan dengan bulan lainnya. Berikut adalah tujuh keutamaan membaca Al Quran selama Ramadhan.

  1. Pahala berlipat ganda

Keutamaan pertama membaca Al Quran saat Ramadhan adalah ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Seperti sabda yang dikeluarkan oleh Nabi Muhammad SAW, barangsiapa yang membaca Al Quran pada Ramadhan, maka ia akan mendapatkan pahala sebanyak sepuluh kali lebih besar ketimbang membaca pada bulan selain Ramadhan.

  1. Peningkatan kualitas ibadah

Membaca Al Quran selama Ramadhan juga dapat meningkatkan kualitas ibadah seseorang.

Seperti diketahui, Al Quran adalah sumber pedoman dan bimbingan bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan yang benar.

Selain itu, membaca Al Quran juga jadi cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menghindari seseorang dari godaan perbuatan tidak baik saat sedang berpuasa.

  1. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

Keutamaan ketiga bagi umat Islam yang membaca Al Quran saat Ramadhan adalah mendapatkan syafaat di hari kiamat.

Menurut hadis riwayat Muslim, pernyataan itu dilontarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Ia berkata, sesungguhnya membaca Al Quran akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.

  1. Mendapatkan ketenangan hati dan jiwa

Membaca Al Quran saat Ramadhan dapat membantu seseorang untuk mendapatkan ketenangan hati dan jiwa.

Al Quran sendiri adalah petunjuk dan rahmat bagi manusia. Oleh karena itu, dengan membaca Al Quran, seseorang bisa menemukan ketenangan hati dan jiwa karena ia akan mendapatkan tuntunan dari apa yang ia cari di dunia serta akhirat.

  1. Penyempurnaan hafalan dan pemahaman

Bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk menyempurnakan hafalan dan pemahaman terhadap Al-Quran.

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda bahwa sebaik-baik orang adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya kepada orang lain.

Adapun dengan memanfaatkan bulan Ramadhan untuk membaca dan mempelajari Al Quran, seseorang dapat meningkatkan kedalaman pemahamannya terhadap ajaran Islam.

  1. Menyucikan diri dari dosa dan perbuatan buruk

Membaca Al Quran saat Ramadhan juga menjadi salah satu cara untuk menyucikan diri dari dosa dan perbuatan buruk.

Selain jadi kitab suci dan pedoman hidup umat Islam, Al Quran juga bisa menjadi obat bagi hati dan jiwa lantaran mengajarkan berbagai kebaikan.

  1. Dimohonkan ampun oleh malaikat

Keutamaan membaca Al Quran, terlebih mengkhatamkannya saat Ramadhan, akan membuat 60.000 malaikat memohonkan ampun untukmu. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat ad-Dailami.

Bahkan, untuk orang-orang yang membaca 100 ayat Al Quran dalam satu malam, maka ia akan dicatat kebaikannya di malam itu juga.

Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan, siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam.

Itulah tadi tujuh keutamaan membaca Al Quran selama Ramadhan. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan keutamaan tersebut, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk membacanya, baik sehabis sholat maupun di malam hari.

Bagi yang tengah mencari Al Quran untuk menemanimu di bulan Ramadhan, kamu bisa mencarinya melalui Tokopedia.

Platform e-commerce tersebut menyediakan berbagai pilihan Mushaf Al Quran dengan beragam ukuran, mulai dari Al Quran mini, Al Quran sedang, hingga Al Quran besar.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menemukan Mushaf Al Quran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.

Tunggu apa lagi? Kunjungi Tokopedia sekarang dan sempurnakan ibadahmu di bulan yang suci ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com