Advertorial

Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Kompas.com - 25/03/2024, 12:09 WIB

KOMPAS.com – Hujan deras dengan intensitas tinggi melanda Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) pada Rabu (13/3/2024) hingga Minggu (17/3/2024).

Akibatnya, enam tanggul utama jebol dan merendam rumah-rumah warga di dua kabupaten itu. Warga terdampak pun harus mengungsi di sejumlah tempat pengungsian.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui program corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli bergerak cepat melakukan penyaluran bantuan tanggap bencana bagi warga terdampak.

Bantuan diberikan berupa pemberian puluhan ribu makanan cepat saji, selimut, paket sembako, survival kit, dan lainnya.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, bantuan diserahkan pekerja BRI melalui Unit Kerja BRI terdekat.

“Kami memastikan masyarakat yang terdampak di Demak mendapatkan bantuan yang dapat meringankan beban mereka,” ungkapnya yang secara langsung mengunjungi lokasi terdampak bencana.

Dalam penyaluran bantuan, BRI juga melibatkan AgenBRILink dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat.

Bantuan bagi warga terdampak juga diberikan para pekerja BRI di sekitar tempat tinggalnya.

“Keterlibatan AgenBRILink dan UMKM setempat dalam penyaluran bantuan tanggap bencana ini merupakan inisiatif dalam gerak cepat tanggap bencana dan memberikan pelayanan bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

BRI juga terus bersinergi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir sebagai upaya meringankan beban masyarakat dan mempercepat pemulihan pascabencana.

Sebelumnya, pada awal Maret 2024, BRI memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana alam di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar); Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar); serta Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jabar.

Catur menegaskan, sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) besar di Indonesia, BRI berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

"(Berbagai bentuk bantuan) merupakan bentuk kepedulian dan ketulusan BRI agar masyarakat terdampak bisa segera pulih," tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com