Advertorial

Biar Gaya Hidup Sehat Makin Optimal, Simak Tip Memilih Peralatan Olahraga Ini

Kompas.com - 27/03/2024, 00:12 WIB

KOMPAS.com - Gaya hidup sehat semakin menjadi tren yang diminati oleh banyak orang pada era modern. Hal ini ditandai dengan maraknya komunitas olahraga dan konten inspiratif terkait kesehatan di media sosial (medsos).

Buat kamu yang ingin mulai menerapkan gaya hidup sehat, pastikan sudah mengetahui jenis olahraga yang ingin dijalani.

Selain itu, pastikan pula kamu sudah mempersiapkan peralatan yang sesuai agar kegiatan tersebut bisa berlangsung secara lebih menyenangkan.

Berikut beberapa tip memilih peralatan olahraga yang tepat untuk membantu aktivitas olahraga.

  1. Sepatu olahraga

Sepatu adalah salah satu peralatan wajib yang mesti kamu siapkan jika ingin berolahraga.

Pastikan kamu memiliki sepatu olahraga secara teliti dan disesuaikan dengan jenis aktivitas yang dilakukan agar terhindar dari risiko cedera.

Sebagai contoh, jika ingin melakukan aktivitas joging, pilihlah sepatu lari yang umumnya memiliki bantalan maksimal pada bagian tumit. Pilih juga sepatu dengan sol yang fleksibel agar dapat menyesuaikan dengan gerakan alami kaki kamu.

Hal tersebut berbeda dengan sepatu basket yang memiliki cengkraman kuat dan dukungan pergelangan kaki yang lebih baik untuk pergerakan yang cepat serta dinamis.

  1. Baju olahraga

Sama seperti sepatu, pemilihan baju olahraga yang tepat juga berperan penting dalam menunjang kenyamanan aktivitas tersebut.

Umumnya, baju olahraga terbuat dari bahan jersi atau poliester yang memiliki sirkulasi udara baik dan mudah kering agar kamu tetap sejuk meski sedang berkeringat.

  1. Matras

Bagi yang tertarik mengikuti olahraga macam yoga, sudah tentu matras menjadi peralatan yang perlu kamu miliki.

Pastikan memilih matras yoga dengan bahan yang nyaman dan antilicin, seperti TPE atau PVC. Dengan matras yang terbuat dari kedua bahan tersebut, gerakan yoga kamu dapat lebih aman dan stabil.

Selain itu, perhatikan pula ketebalan matras. Biasanya, matras yoga memiliki ketebalan 5 mm hingga 10 mm. Ketebalan ini diperlukan untuk memberikan bantalan tambahan bagi sendi.

  1. Smartwatch

Di era digital seperti sekarang, smartwatch menjadi salah satu peralatan olahraga yang makin digunakan oleh banyak orang.

Pasalnya, peralatan tersebut dapat membantu kamu untuk melacak kemajuan latihan, memantau detak jantung, mengukur langkah, menghitung kalori yang terbakar, dan memberikan tips untuk meningkatkan performa.

Tak ketinggalan, ada pula fitur GPS yang memungkinkan kamu untuk melacak rute dan jarak tempuh.

  1. Botol minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi selama olahraga adalah hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya, tubuh yang mengalami dehidrasi tidak dapat berfungsi secara maksimal sehingga aktivitas olahraga jadi terganggu.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu menyediakan air dalam botol minum untuk membantu tubuh terhindar dari masalah dehidrasi saat berolahraga.

Itulah tadi lima peralatan olahraga yang perlu kamu persiapkan jika ingin memulai aktivitas tersebut.

Bagi yang sedang mencari peralatan olahraga, kamu bisa menemukannya dengan mudah pada platform e-commerce Tokopedia.

Untuk diketahui, platform tersebut menyediakan berbagai macam perlengkapan olahraga lengkap dari berbagai brand ternama yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, mulai dari matras yoga, sepatu olahraga, baju olahraga, smartwatch, hingga botol minum.

Tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan peralatan olahragamu di Tokopedia dan rasakan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com