Advertorial

PNM Gelar Studi Banding Anyaman untuk Kembangkan Potensi Usaha Nasabah Mekaar

Kompas.com - 27/03/2024, 16:05 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) kembali mengadakan studi banding lanjut dengan tema #CariTauLangkahBaru. Kali ini, fokusnya adalah kerajinan anyaman rotan, potensi usaha yang terkenal di Cirebon.

Kegiatan yang berlangsung di Cirebon dari Rabu (6/3/2024) hingga Jumat (8/3/2024) ini diikuti oleh 16 ketua kelompok unggulan nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dari berbagai daerah, seperti Kalimantan Utara, Banjarnegara, Magelang, Semarang, Solo, Garut, Pati, dan Bekasi.

Wakil Pemimpin Cabang PNM Cirebon Mukti Subarnas membuka acara dengan semangat pengembangan potensi. Ia berharap, para peserta dapat aktif belajar dan membawa pulang pengalaman berharga untuk diterapkan di komunitasnya.

“Dengan semangat mengembangkan potensi yang dimiliki, saya berharap, para peserta dapat membawa pulang pengalaman yang berharga dan inspirasi baru yang bisa diterapkan di komunitas kita masing-masing,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

Di kegiatan itu, para peserta dibimbing oleh pemilik Gallery Arli Fashion Craft, Gunawan, mempelajari teknik Anyaman Sasag, yaitu anyaman dua sumbu yang menghasilkan pola kuat dan kokoh. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon dan bertemu dengan Patih Sepuh Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat.

Salah satu peserta dari Pati, Siti Zulaekoh, mengucapkan terima kasih kepada PNM atas kesempatan mengikuti studi banding ini. Ia mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi baru untuk mengembangkan usahanya.

“Terima kasih kepada PNM sudah memercayai saya. Alhamdulillah, saya dapat kesempatan ikut studi banding ke Cirebon. Di sini, saya mendapatkan pelatihan anyaman rotan dan diajak jalan-jalan,” ujarnya.

Sejak 2022, PNM telah membekali lebih dari 200 nasabah melalui program Studi Banding di berbagai sektor usaha. #CariTauLangkahBaru merupakan upaya PNM untuk membantu nasabah mengembangkan usahanya dengan cara yang berbeda dan inovatif.

Sebagai lembaga pembiayaan dan pendamping perempuan prasejahtera di Indonesia, PNM tidak hanya memberikan modal usaha, tetapi juga berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk. Saat ini, PNM telah menjangkau 15,2 juta nasabah di seluruh Indonesia.

Pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan merupakan fokus utama PNM. Kedua hal ini bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com