Advertorial

Menilik Sepak Terjang E-commerce yang Mudahkan Pemenuhan Berbagai Kebutuhan

Kompas.com - 28/03/2024, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tak suka berbelanja? Menjelajahi toko-toko, mencari barang yang diinginkan, dan membawa pulang barang-barang idaman, menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, setiap orang kini bisa berbelanja tanpa harus keluar rumah. Tak perlu repot datang ke supermarket ataupun pasar tradisional, kini belanja makin mudah berkat kehadiran lokapasar atau lebih dikenal sebagai e-commerce.

Untuk diketahui, e-commerce sendiri merupakan singkatan dari electronic commerce. Istilah ini berangkat dari aktivitas berbelanja secara daring melalui internet.

Konsep tersebut mungkin terdengar biasa saat ini. Namun, pada awal kemunculannya, e-commerce merupakan sesuatu yang cukup revolusioner.

Saat pertama kali muncul, e-commerce tidaklah sepopuler seperti sekarang. Pada 1990-an, ketika internet masih dalam tahap perkembangan awal, beberapa perusahaan mulai bereksperimen dengan konsep penjualan daring.

Dua perusahaan e-commerce yang cukup populer adalah Amazon dan eBay. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada 1994 sebagai sebuah toko buku online. Sementara, eBay mulai beroperasi pada 1995 sebagai platform lelang online.

Meskipun masih dalam tahap awal, kedua platform itu membawa konsep anyar dalam dunia belanja.

Platform e-commerce belum benar-benar mencapai puncaknya hingga beberapa tahun kemudian. Pada awal 2000-an, kemunculan layanan pembayaran online, seperti PayPal, semakin memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

Hal itu menjadi langkah penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap e-commerce.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin mudah membuat e-commerce semakin populer.

Pada pertengahan hingga akhir 2000-an, situs-situs e-commerce pun bermunculan. Platform tersebut menawarkan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, elektronik, makanan, produk kesehatan, hingga otomotif.

Sebagai toko daring, e-commerce menawarkan kenyamanan berbelanja tanpa harus meninggalkan rumah. Platform ini juga kerap menyediakan berbagai promosi dan diskon yang menarik.

Pada 2010-an, e-commerce semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak perusahaan tradisional ataupun brand yang mulai bekerja sama dengan platform e-commerce.

Belanja kebutuhan pokok hingga beli pulsa

Tak hanya di mancanegara, tren belanja daring lewat e-commerce juga semakin meningkat di Indonesia. Salah satu e-commerce kenamaan di Tanah Air yang banyak digunakan konsumen Indonesia adalah Tokopedia.

Kehadiran Tokopedia pun turut memperluas pasar e-commerce serta membuat industri ini semakin berkembang pesat.

Diluncurkan pada 17 Agustus 2009, Tokopedia didirikan dua kalangan muda, yakni William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Tokopedia pun menjadi platform belanja online terpercaya berdasarkan survei yang dilakukan Kadence International. Pasalnya, lewat Tokopedia, siapa pun kini bisa belanja dengan mudah tanpa perlu repot keluar rumah atau ke toko fisik.

Tak hanya dapat belanja kebutuhan pokok, masyarakat dapat membeli aneka barang untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari fesyen, gadget, hingga elektronik.

Bahkan, konsumen kini juga bisa beli pulsa seluler tanpa perlu repot pergi ke konter penjual pulsa.

Cukup menggunakan smartphone, pengguna dapat membuka aplikasi Tokopedia dan memilih fitur "Top-Up & Tagihan" untuk beli pulsa.

Lewat Tokopedia, kamu bisa beli pulsa Telkomsel dengan pilihan berbagai denominasi, mulai dari 15.000, 50.000, hingga 1 juta. Harganya pun terjangkau. Pulsa Simpati denominasi 15.000 dibanderol seharga Rp 16.500, sedangkan denominasi 50.000 dapat dibeli seharga Rp 51.500.

Selain Telkomsel, kamu juga bisa beli pulsa Indosat di Tokopedia dengan denominasi mulai dari 5.000 hingga 200.000. Harga pulsa Indosat di Tokopedia pun ramah di kantong. Bila ingin beli pulsa Indosat denominasi 15.000, misalnya, kamu cukup membayar Rp 15.000. Sementara, denominasi 100.000 dapat dibeli seharga Rp 100.000.

Bagaimana, murah bukan? Selain gampang tanpa perlu keluar rumah, beli pulsa di Tokopedia jadi lebih hemat. Yuk, belanja di Tokopedia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com