Advertorial

Maknai Ramadhan, Baznas Jatim dan Blitar Santuni 1.000 Anak Yatim Piatu

Kompas.com - 28/03/2024, 14:41 WIB

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional Baznas (Baznas) Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Kabupaten Blitar mengadakan kegiatan Pemberian Santunan kepada 1.000 Anak Yatim/Piatu di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Kabupaten Blitar, Jatim, Rabu (27/3/2024).

Kegiatan tersebut digelar untuk memaknai bulan suci Ramadhan dengan berbagi kepada sesama.

Penjabat (Pj) Gubernur (Jatim) Adhy Karyono mengatakan, Baznas dibentuk oleh pemerintah untuk menghimpun infak dan sodaqoh.

“Hingga saat ini, penyaluran (infak dan sodaqoh) Baznas di Jatim sudah berjalan dengan baik,” tutur Adhy melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Pada kegiatan itu, Adhy juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar yang mengadakan bazar dengan melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh kecamatan.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting karena dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

“Saya berharap, kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan. Sebab, ini jadi bentuk komitmen dari pemerintah terhadap perkembangan UMKM,” ucapnya.

Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menjelaskan bahwa kolaborasi dalam menjalankan kegiatan pemberian santunan merupakan kali pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Blitar.

Ke depan, Rini ingin pentasyarufan Baznas tersebut bisa terus rutin dilaksanakan. Selain sebagai wujud kepedulian dan empati kepada sesama, kegiatan tersebut dapat mendorong pemerataan perekonomian.

“(Kolaborasi) ini kali pertama dilaksanakan. Untuk itu, kami berterima kasih kepada Baznas Jatim dan dukungan Pemprov Jatim. Semoga bisa dilaksanakan kembali di masa depan,” jelas Rini.

Ketua Baznas Jatim Prof Dr KH Ali Maschan Moesa berterima kasih kepada Adhy dan Rini serta muzaki atas pelaksanaan kegiatan pemberian santunan.

“Saya berterima kasih pada banyak pihak. Semoga kegiatan pemberian santunan ini bisa membawa berkah,” ucap Ali.

Sebagai informasi, selain anak yatim dan piatu, santunan juga diberikan kepada penyandang disabilitas.

Ada pula kegiatan lain berupa tali kasih untuk tenaga siaga bencana (tagana) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), zakat produktif, apresiasi seniman Jatim, dan tunjangan penghormatan untuk juru pelihara.

Pada kegiatan tersebut, Adhy bersama Ali dan beberapa kepala perangkat daerah di Jatim juga menyempatkan diri untuk mengunjungi stan operasi pasar dan bazar Ramadhan di Alun-alun Kanigoro.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com