Advertorial

Panduan Praktis Memahami Kebutuhan Kontainer dari BCI Group yang Pelaku Bisnis Mesti Tahu

Kompas.com - 29/03/2024, 14:28 WIB

KOMPAS.com – Dalam industri logistik, kontainer tak hanya memiliki peran sebagai wadah dan pembawa barang. Lebih dari itu, kontainer mesti memiliki standar khusus agar bisa digunakan dalam seluruh proses logistik, mulai dari pengemasan hingga transportasi. Dengan begitu, kontainer dapat dimanfaatkan secara optimal.

Perlu diketahui, keistimewaan kontainer terletak pada kemampuannya yang mudah dipindahkan pada berbagai moda transportasi, seperti kapal, kereta api, truk, dan pesawat.

Hal itulah yang pada akhirnya menciptakan integrasi lancar di seluruh rantai pasok sehingga memungkinkan perpindahan barang yang efisien dan cepat.

Adapun kontainer yang terstandarisasi akan memudahkan proses bongkar muat dan waktu perjalanan—baik itu untuk ekspor ataupun impor—, memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional, dan juga menjaga keamanan barang di dalamnya agar tidak rusak atau hilang.

Jika Anda adalah pelaku usaha yang saat ini memiliki kebutuhan untuk menggunakan kontainer, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa hal. Perusahaan jasa yang melayani jual dan sewa kontainer, Bintang Citra International (BCI) Group, punya panduan praktis soal itu.

“Agar sukses menjalankan bisnis, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, Anda juga akan mengetahui kebutuhan kontainer bagi bisnis Anda,” ujar perwakilan BCI Group dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Ia juga menekankan pentingnya mengetahui jenis produk atau barang yang akan dijual, volume produksi, dan destinasi pengiriman. Dengan menganalisis kebutuhan ini, Anda dapat menentukan jumlah dan jenis kontainer yang diperlukan untuk mendukung operasi logistik bisnis Anda dengan efisien.

Selanjutnya, lakukan penilaian terhadap keuntungan sewa kontainer untuk mobilitas bisnis. Dalam dunia bisnis yang dinamis, fleksibilitas adalah kunci kesuksesan. Sewa kontainer dapat memberikan solusi yang efektif, terutama jika bisnis Anda membutuhkan mobilitas tinggi atau jika Anda terlibat dalam proyek-proyek sementara.

Dengan menyewa kontainer, Anda dapat menyesuaikan kapasitas dan jenis kontainer sesuai kebutuhan tanpa harus mengeluarkan investasi besar untuk pembelian.

Terakhir, pertimbangkan trade container sebagai strategi memaksimalkan keuntungan. Trade container melibatkan pertukaran atau penjualan kembali kontainer yang tidak lagi diperlukan. Ini dapat menjadi strategi yang cerdas untuk mengoptimalkan penggunaan aset Anda.

Dengan memahami kebutuhan kontainer untuk penjualan, manfaat sewa kontainer, dan potensi strategi trade container, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan.

Hal selanjutnya yang juga perlu dipahami adalah jenis-jenis kontainer. Perlu diketahui, ada beragam variasi kontainer yang tersedia di apsaran. Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu memilih kontainer yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis secara spesifik.

“Pertama-tama, pelaku bisnis perlu memahami varian kontainer yang umum digunakan, seperti standar, spesial, dan modern.

Standar kontainer adalah jenis kontainer yang paling umum digunakan dalam industri logistik.

Kontainer standar memiliki dimensi dan desain yang telah ditetapkan oleh standar internasional, seperti International Organization for Standardization (ISO).

Umumnya, kontainer standar memiliki panjang sekitar 20 atau 40 kaki, lebar 8 kaki, dan tinggi 8 kaki 6 inci. Kontainer ini dirancang untuk mengakomodasi sebagian besar jenis barang yang umumnya diangkut dalam perdagangan internasional.

Kedua, special container. Jenis ini merujuk pada kontainer yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan tertentu dalam pengiriman barang.

Jenis kontainer tersebut memiliki modifikasi atau fitur tambahan yang membedakannya dari kontainer standar. Modifikasi kontainer adalah proses penyesuaian struktural atau fungsional pada kontainer standar untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan atau tuntutan proyek tertentu.

Proses tersebut melibatkan perubahan pada desain, dimensi, atau fitur-fitur khusus yang dapat meningkatkan fungsionalitas kontainer sesuai dengan keperluan tertentu. Modifikasi dapat mencakup penambahan pintu, jendela, ventilasi, atau perubahan pada bahan isolasi termal untuk kontainer yang memiliki fungsi pendingin. 

Selain itu, beberapa kontainer dimodifikasi menjadi ruang kantor, ruang penyimpanan, atau bahkan ruang perumahan dengan fasilitas khusus. Modifikasi kontainer memberikan fleksibilitas tambahan dalam penggunaan kontainer, memungkinkan fasilitas ini untuk diadaptasi dalam berbagai konteks, termasuk proyek konstruksi, industri kreatif, atau penggunaan residensial.

Contoh modifikasi khusus dapat mencakup kontainer pengangkut barang berbahaya, kontainer berpendingin (reefer container) untuk barang yang memerlukan suhu terkontrol, atau kontainer khusus untuk pengiriman kendaraan atau proyek konstruksi.

Ketiga, modern container. Jenis ini merujuk pada kontainer yang telah diperbarui atau ditingkatkan dengan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan. Ini dapat mencakup kontainer berpendingin yang dilengkapi dengan sistem monitoring suhu terkini, atau kontainer dengan teknologi pelacakan untuk memantau lokasi dan kondisi barang secara real-time.

Modern container memanfaatkan inovasi teknologi untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus berkembang dalam manajemen rantai pasok global.

Ahlinya jual, sewa, dan trade container

Jika sudah memahami kebutuhan bisnis dan menentukan jenis kontainer yang tepat, kini saatnya Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Dalam hal ini, pelaku bisnis bisa berkenalan dengan BCI Group sebagai ahli dalam layanan jual container, sewa, dan trade container.

Untuk diketahui, BCI Group menyediakan solusi kontainer yang inovatif dan andal, serta menghadirkan portofolio layanan yang komprehensif untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis.

Tak hanya itu, BCI Group juga menawarkan varietas kontainer, termasuk standar, spesial, dan modern, untuk memastikan ketersediaan opsi yang sesuai dengan berbagai jenis kebutuhan pengiriman dan barang.

“BCI Group memahami betul bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan unik, dan itulah alasan BCI Group berkomitmen untuk menyediakan varian kontainer yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing pelanggan,” sambungnya.

Jika Anda memiliki kebutuhan untuk memiliki kafe kontainer, office containers, kitchen container, dan gudang kontainer, misalnya, BCI Group bisa mengakomodasi hal itu.

Selain menjual kontainer, BCI Group juga melayani sewa container. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan kapasitas dan jenis kontainer sesuai dengan fluktuasi permintaan atau proyek-proyek khusus, serta memberikan solusi yang efisien dan hemat biaya.

BCI Group juga memiliki layanan trade container. Lewat layanan ini, BCI Group memberikan strategi untuk memaksimalkan keuntungan dengan menawarkan peluang pertukaran atau penjualan kembali kontainer yang tidak lagi dibutuhkan oleh pelanggan.

“Perusahaan ini memiliki komitmen terhadap kualitas, keandalan, dan pelayanan pelanggan,” jelasnya. 

BCI Group menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk memperkuat posisinya dalam industri jual, sewa, dan trade container.

Pertama-tama, mereka fokus pada peningkatan visibilitas penjualan kontainer. Pemanfaatan platform online dan offline, serta keterlibatan aktif dalam berbagai acara industri, memungkinkan BCI Group untuk mencapai audiens yang lebih luas dan membangun kepercayaan pelanggan.

Sejak berdiri pada 2009, BCI Group telah menjalin kemitraan yang erat dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal ini membuktikan posisinya sebagai pemimpin dalam industri kontainer di Indonesia.

Adapun salah satu capaian signifikan BCI Group adalah berhasil memenangkan lelang pengadaan 1.360 box container PT Pelni pada 2017. Proyek inia akan digunakan untuk mendukung program Tol Laut. 

Selain itu, BCI Group juga terlibat dalam proyek pengangkutan batu bara PT Kalog.

Untuk emngakomodasi kebutuhan PT Kalog, BCI Group tidak hanya berfokus pada penjualan kontainer standar, tetapi juga memodifikasi sesuai kebutuhan pelanggan. Adapun spesifikasi kebutuhannya mencakup pengadaan dan modifikasi 50 unit kontainer untuk pengangkutan komoditas beku di Indonesia Timur.

Melalui kemitraannya dengan BUMN dan BUMD, serta kontribusinya dalam proyek-proyek strategis, seperti Tol Laut, BCI Group membuktikan komitmennya untuk menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Dengan pengalaman yang luas dan komitmen terhadap kualitas, BCI Group terus menjadi pemimpin dalam industri kontainer, memberikan solusi yang inovatif dan tepercaya untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus berkembang,” paparnya.

Saat ini, BCI Group aktif menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait dalam industri logistik dan perdagangan. Ini menciptakan peluang pertukaran, penjualan kembali, dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Dengan membangun jaringan yang kuat, BCI Group tidak hanya memperluas cakupan layanan trade container, tetapi juga mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan mitra.

Ketahui informasi lebih lanjut mengenai layanan jual, sewa dan trade container BCI Group lewat telepon (021) 4400961 dan 081281765959. BCI Group juga bisa dikontak melalui email mkt@pt-bci.com.

Saat ini, lokasi operasional BCI Group ada di Kawasan Berikat Nusantara, Jalan Jawa Raya Jl. Komp. KBN No.9, RT.2/RW.1, Sukapura, Cakung, Jakarta 14140 dengan waktu operasional Senin-Jumat pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com