Advertorial

Syrco BASÈ Gelar Collection I, Seri Pertama Fine Dining Scene Kolaborasi Lokal dan Internasional

Kompas.com - 01/04/2024, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Culinary hub pertama di bagian utara Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, yang diprakarsai chef berbintang dua Michelin Syrco Bakker, Syrco BASÈ, kembali menghadirkan inovasi fine dining scene Indonesia hanya dalam waktu dua bulan setelah pembukaan resminya.

Bersama dengan chef, sommelier, mixologist, arsitek, seniman, dan desainer multikultural yang berpengalaman, Chef Syrco menunjukkan peran penting kolaborasi dan membangun relasi dengan pemasok serta komunitas lokal melalui lima pilar culinary hub tersebut.

Filosofi tersebut diwujudkan melalui serangkaian kolaborasi yang dihadirkan Syrco BASÈ dalam rangkaian acara kolaboratif lokal dan internasional perdananya, yakni Collection I.

Kegiatan dimulai pada Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 di Syrco BASÈ Bar. Potato Head, beach club dan salah satu pelopor keberlanjutan di Bali, bergabung dengan tim Syrco BASÈ Bar.

Para bartender kedua pihak menampilkan keahlian mixology yang inovatif di hadapan 20 tamu yang duduk mengelilingi bar dan dipadukan pemandangan yang menghadap sawah.

Bartender dari Potato Head Seminyak mempersembahkan kreasi minuman sustainable cocktails yang dipadukan secara apik dengan bahan-bahan terinspirasi dari kearifan lokal. Sebagian besar bahan-bahan ini diambil langsung dari kebun Syrco BASÈ.

Untuk diketahui, Potato Head dikenal sebagai tuan rumah bagi musisi papan atas di Indonesia dan dunia. Oleh karena itu, musik memainkan peran penting selama acara berlangsung. Para tamu pun dapat menikmati berbagai pilihan makanan ringan dari Syrco BASÈ Bar.

Pada Kamis (4/4/2024), Bali akan mencatat sejarah dengan kolaborasi antara Chef Syrco Bakker dan Nick Bril, chef berbintang dua Michelin dari The Jane in Antwerp, Belgia.

Chef Nick Bril Dok. Syrco BASÈ Chef Nick Bril

The Jane yang menempati peringkat ke-39 dalam daftar 50 Restoran Terbaik Dunia 2023 menurut Michelin Guide diakui sebagai a designer-inspired culinary temple dengan masakan dan keterampilan memasak yang luar biasa.

Kedua chef tersebut mencari inspirasi dengan mengunjungi kebun permakultur lokal dan komunitas lokal yang mengumpulkan bahan makanan dari alam sekitar.

Pukul 17.00-20.00 waktu setempat, Chef Syrco dan Chef Nick akan memandu tamu dalam menikmati perjalanan kuliner eksklusif dengan perpaduan minuman di Syrco BASÈ Ku, yakni ruang pribadi dan imersif yang dapat menampung maksimal 12 tamu.

Malam harinya, yakni pada pukul 19.00, Chef Nick akan menunjukkan kemampuan kuliner dan musikalitasnya di Syrco BASÈ Bar. Sebagai informasi, Chef Nick juga dikenal sebagai DJ ternama yang telah tampil dalam 50 set di festival besar di Belgia dan internasional setiap tahun.

Setelah menyajikan menu bar food dan cocktails yang dibuat khusus bersama tim Syrco BASÈ, Chef Nick akan memainkan musik hingga malam untuk menciptakan pengalaman bersantap dan berdansa yang tak terlupakan.

Pada Rabu (17/4/2024), empat mixologist terkemuka di Bali akan bersatu untuk merayakan budaya koktail di Bali. Adapun budaya koktail di Bali dikenal kaya akan bahan asli Indonesia dan teknik fermentasi turun-temurun.

Dalam acara bertajuk local heroes tersebut, Apéritif diwakili oleh Panji Wisrawan, bartender pemenang penghargaan yang akan menampilkan koktail dengan minuman beralkohol dan infusions artisanal.

Kemudian, Mozaic diwakili oleh Billy Wirawan yang ahli dalam menciptakan cita rasa lokal yang indah dalam koktailnya. Mereka akan bergabung dengan Esy Triana dari Night Rooster yang mahir memadukan bahan-bahan warisan untuk menciptakan minuman yang memukau.

Terakhir, ada Bar Supervisor di Syrco BASÈ, Arya Dharmayasa. Ia akan menyajikan minuman cita rasa dan tradisi otentik.

Selanjutnya, pada Selasa (28/5/2024), Syrco BASÈ akan berkolaborasi dengan tim kreatif di balik Stay Gold Flamingo Singapura.

Sebagai informasi, Stay Gold Flamingo Singapura memiliki debut yang sukses dengan menduduki peringkat ke-32 dalam daftar 50 Bar Terbaik Asia tahun lalu.

Stay Gold Flamingo Dok. Syrco BASÈ Stay Gold Flamingo

Tak ketinggalan, Pendiri dan Direktur Kreatif Stay Gold Flamingo Singapura Jerrold Khoo akan membawa bakat dan semangatnya untuk menggabungkan gaya bartending Jepang dan Amerika. Sementara itu, Kepala Koki Stay Gold Flamingo Joanne Sakai akan memadukan warisan Filipina dengan cita rasa berani.

Dari kolaborasi tersebut, para tamu dapat menantikan malam yang meriah dengan cita rasa maksimal, energi yang menggelora, serta minuman yang dikreasikan dengan ketelitian dan sentuhan yang detail.

“Sebagai seorang chef, berinvestasi dalam kolaborasi bukan hanya tentang menciptakan hidangan dan minuman yang luar biasa, melainkan juga tentang menjalin dan mempererat ikatan di antara seluruh komunitas kami,” ujar Chef Syrco dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

Melalui acara Collection I, lanjutnya, Syrco BASÈ turut merayakan kekayaan bahan, tradisi, dan inovasi di kawasan tersebut sambil mendukung dan mengembangkan bakat sesama pengrajin.

“Kolaborasi ini adalah tentang mengakui bahwa semangat bersama kami terhadap hospitality tidak hanya terbatas pada dapur masing-masing. Ini adalah komitmen untuk meningkatkan keseluruhan industri dengan mulai bermitra,” ujar Chef Syrco.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com