Advertorial

6 Metode Pembayaran Populer di E-commerce, Mana Favoritmu?

Kompas.com - 05/04/2024, 15:21 WIB

KOMPAS.com Aktivitas belanja terus bertransformasi dari waktu ke waktu. Dahulu, seseorang harus pergi ke toko atau gerai tertentu untuk berbelanja, baik untuk kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier.

Kini, aktivitas belanja perlahan bergeser ke berbagai platform daring yang tersedia di jagat maya, mulai dari social commerce hingga e-commerce.

Seperti diwartakan Kompas.com, Kamis (7/12/2023), survei Populix menemukan bahwa 66 persen masyarakat Indonesia memilih untuk belanja secara daring. Rinciannya, sebanyak 54 persen memilih berbelanja di e-commerce dan 12 persen di social commerce.

Platform daring, termasuk e-commerce, kian jadi favorit masyarakat lantaran berbagai keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan. Salah satunya, pilihan metode pembayaran yang beragam.

Lantas, apa saja metode pembayaran yang tersedia di platform e-commerce? Berikut adalah ulasannya.

  1. Kartu debit dan kredit

Kartu debit dan kredit masih menjadi metode pembayaran online yang paling umum digunakan. Caranya, pengguna memasukkan detail kartu mereka saat checkout belanjaan, lalu pembayaran akan diproses secara elektronik.

  1. Transfer bank melalui internet banking

Metode internet banking memungkinkan pembeli untuk mentransfer pembayaran secara langsung melalui portal bank mereka. Ini memberikan kemudahan bagi konsumen yang sudah terbiasa dengan layanan perbankan online dan menghindari biaya transaksi kartu kredit.

  1. Mobile banking

Saat ini, semakin banyak bank yang menawarkan aplikasi mobile banking. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran langsung dari ponsel pintar mereka. Fitur tersebut memberikan fleksibilitas yang lebih besar karena pembeli dapat bertransaksi di mana pun dan kapan pun mereka mau.

  1. Virtual account

Metode pembayaran ini dilakukan dengan memberikan nomor rekening sebagai tujuan pembayaran. Pembeli dapat mentransfer uang untuk membayar belanjaan mereka lewat rekening tersebut.

Adapun proses pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai kanal yang disediakan bank, mulai dari ATM, internet banking, hingga mobile banking.

  1. E-Wallet

Metode pembayaran berikutnya adalah e-wallet atau dompet digital. Prinsipnya serupa dengan e-money, tetapi tidak memerlukan kartu untuk menyimpan saldo. Saldo uang dalam bentuk digital disimpan dan diakses melalui aplikasi e-wallet pada ponsel pintar atau tablet.

  1. Cash on delivery (COD)

Dalam dunia e-commerce, fitur cash on delivery (COD) atau bayar di tempat menjadi pilihan yang populer bagi banyak pembeli yang menginginkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, Tokopedia, tidak hanya menawarkan layanan COD yang mudah digunakan, tetapi juga menyediakan dukungan lengkap untuk memastikan pengalaman belanja yang mulus bagi para penggunanya.

Buka paket setelah bayar

Salah satu keunggulan fitur COD di Tokopedia adalah pembeli dapat membuka paket dan memeriksa barang terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada kurir.

Dengan demikian, pembeli memiliki jaminan bahwa barang yang diterima sesuai dengan yang dipesan dan mengurangi risiko penipuan sebelum melakukan pembayaran.

Meskipun sudah ada upaya untuk menyediakan pengalaman belanja yang mulus bagi semua pengguna, kendala sering kali tidak dapat dihindari. Untuk itu, Tokopedia Care siap membantu pembeli mengatasi masalah selama proses transaksi COD.

Tim Tokopedia Care hadir untuk memberikan bantuan dan solusi cepat untuk masalah apa pun yang mungkin dihadapi oleh pembeli, mulai dari keterlambatan pengiriman hingga kerusakan atau ketidaksesuaian barang

Cara menggunakan COD Tokopedia

Berikut adalah tahapan menggunakan metode pembayaran COD di Tokopedia.

Langkah pertama, pembeli memilih produk di Tokopedia dan melakukan pemesanan. Saat checkout, pembeli memilih opsi pembayaran Cash on Delivery (COD). Setelah pemesanan dikonfirmasi, penjual akan mengirimkan barang melalui layanan logistik.

Saat barang sampai ke alamat pembeli, kurir akan menyerahkan produk tersebut. Setelah menerima dan memeriksa barang, pembeli melakukan pembayaran secara langsung kepada kurir.

Perlu diingat bahwa pembayaran tersebut hanya dapat dilakukan dengan uang tunai. Setelah pembayaran diterima, kurir akan memberikan bukti pembayaran kepada pembeli. Transaksi dianggap selesai setelah pembayaran berhasil.

Sebagai informasi, Tokopedia menawarkan bebas biaya tambahan, mulai transaksi pertama hingga ketiga untuk pengguna baru.

Temukan produk COD Tokopedia dengan mudah

Untuk menemukan produk COD di Tokopedia, gunakan fitur pencarian di Google atau aplikasi untuk langsung menuju halaman COD Tokopedia. Kamu bisa checkout semua produk di laman tersebut dengan layanan COD.

Kemudian, aktifkan notifikasi Tokopedia agar kamu tidak ketinggalan informasi produk menarik yang dapat dibeli dengan COD.

Alternatif lainnya, klik menu "Belanja di Tokopedia" untuk mengakses berbagai pilihan barang yang dapat dibayar di tempat.

Jika tidak menemukan menu COD atau ketinggalan notifikasi, cukup ketik "Bayar di Tempat" atau "COD" di kotak pencarian aplikasi Tokopedia. Selanjutnya, pilih menu "Bisa COD" untuk melihat semua produk yang tersedia dengan metode pembayaran tersebut.

Untuk diketahui, setiap produk yang mendukung pembayaran COD akan ditandai dengan label "COD" pada foto produk.

Yuk, manfaatkan fitur COD di Tokopedia dan nikmati promo menariknya saat momen Lebaran dan tanggal kembar. Belanja hemat, aman, dan praktis, hanya di Tokopedia!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com