Advertorial

Sulap THR Jadi Rumah Idaman dengan KPR BRI

Kompas.com - 05/04/2024, 17:57 WIB

KOMPAS.com – Lebaran sudah di depan mata. Itu artinya, tunjangan hari raya (THR) sudah dikantongi oleh sebagian besar masyarakat, khususnya karyawan.

THR umumnya digunakan untuk sejumlah hal, mulai dari membeli kebutuhan Lebaran, dibagikan kepada sanak saudara, hingga membeli barang impian.

Namun, pernahkah terpikirkan bahwa THR dapat digunakan untuk memiliki rumah idaman. Hal itu mungkin terdengar mustahil, tapi bukan tidak mungkin dilakukan.

Pasalnya, THR dapat kamu gunakan untuk melakukan down payment (DP) atau uang muka Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Apalagi, pada Lebaran 2024, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan promo KPR khusus Lebaran yang terbagi menjadi 3 Paket Lebaran.

Berikut adalah detail paketnya.

  1. Paket Lebaran 1
  1. BRI memberikan maksimal kuota realisasi sebesar Rp 1,5 triliun. Kuota diberikan khusus tujuan penggunaan berikut.
  • Pembelian rumah baru (primary) dari developer yang telah menjalin perjanjian kerja sama (PKS) dengan BRI.
  • Pembelian baru ready stock non developer PKS BRI.
  • Pembelian bekas khusus properti yang berada di dalam lingkungan perumahan developer.
  • Renovasi.
  • Pembelian bekas dari agen properti PKS BRI.
  • Take over top up dan top up.
  1. Paket Lebaran 1 menyediakan beragam pilihan suku bunga. Berikut adalah Rinciannya.
  • 3.25 persen fixed 1 tahun, minimum tenor 5 tahun, lalu counter rate.
  • 3.65 persen fixed 2 tahun, minimum tenor 8 tahun, lalu counter rate.
  • 4.65 persen fixed 3 tahun, minimum tenor 10 tahun, lalu counter rate.
  • 5.65 persen fixed 5 tahun, minimum tenor 10 tahun, lalu counter rate.
  1. Maksimal masa tenor kredit pada Paket Lebaran 1 adalah 25 tahun. Nasabah wajib mengendapkan dana minimal 1 kali angsuran dalam bentuk tabungan yang diblokir minimal selama masa fixed rate.
  2. Jika nasabah ingin melakukan pelunasan maju sebagian, besaran penalti yang dikenakan sebesar 10 persen dari dana yang disetor.
  3. Kemudian, apabila ingin melakukan pelunasan maju seluruh, besaran penalti yang dikenakan sebesar 10 persen dari sisa OS ditambah dengan bunga berjalan.
  1. Paket Lebaran 2
  1. Berbeda dengan sebelumnya, paket ini hadir tanpa kuota program dan diberikan khusus untuk tujuan penggunaan berikut.
  • Pembelian properti bekas (selain dari properti di dalam lingkungan perumahan developer).
  • Pembangunan.
  • Take over only (tanpa top up)
  1. Adapun suku bunga yang berlaku adalah sebagai berikut.
  • 7.50 persen fixed 3 tahun, minimum tenor 5 tahun, lalu counter rate.
  • 8.00 persen fixed 5 tahun, minimum tenor 8 tahun, lalu counter rate.
  1. Maksimal masa tenor kredit pada Paket Lebaran 2 adalah 25 tahun. Nasabah wajib mengendapkan dana minimal 1 kali angsuran dalam bentuk tabungan yang diblokir minimal selama masa fixed rate.
  2. Jika nasabah ingin melakukan pelunasan maju sebagian, besaran penalti yang dikenakan sebesar 10 persen dari dana yang disetor.
  3. Kemudian, apabila ingin melakukan pelunasan maju seluruh, besaran penalti yang dikenakan sebesar 10 persen dari sisa OS ditambah dengan bunga berjalan.
  1. Paket Lebaran 3
  1. Paket Lebaran 3 tanpa kuota program dan khusus untuk tujuan penggunaan refinancing dengan suku bunga 12.00 persen all tenor tanpa minimum tenor.
  2. Nasabah wajib mengendapkan dana minimal 1 kali angsuran dalam bentuk tabungan yang diblokir minimal selama masa fixed rate. Adapun maksimal masa tenor kredit adalah 10 tahun.
  3. Nasabah yang memilih Paket Lebaran 3 harus memiliki tujuan penggunaan dana realisasi yang jelas untuk keperluan hunian tempat tinggal dan dituangkan dalam memorandum analisis kredit.
  4. Paket Lebaran 3 tidak membebankan bea penalti jika nasabah ingin melakukan penalti pelunasan maju sebagian dan seluruh.

Dalam program KPR Lebaran, kamu juga dapat memanfaatkan promo pembayaran uang muka mulai 0 persen sesuai ketentuan loan to value (LTV) Bank Indonesia (BI) dan BRI, punya biaya provisi sebesar 0,5 persen dari plafon kredit, serta harus membayar administrasi minimal Rp 500.000 atau 0,1 persen dari plafon kredit.

Selain penawaran yang diberikan, BRI juga berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan menghadirkan homespot.id. Platform berbasis web sebagai sistem one-stop housing marketplace yang menghubungkan antara pembeli dan penjual yang membutuhkan layanan informasi jual beli dan juga memudahkan penjual dalam memperoleh hunian. Selain itu homespot.id juga dilengkapi dengan kalkulator KPR yang dapat membantu kamu dalam memperkirakan berapa cicilan yang perlu dibayarkan setiap tahunnya.

Tunggu apa lagi? Segera wujudkan impianmu akan hunian melalui KPR BRI. Karena #KPRBRI #MudahCepatPunyaRumah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com