Advertorial

Peduli Anak Yatim, DPRD Kota Surabaya Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan

Kompas.com - 06/04/2024, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya menggelar acara buka puasa bersama serta memberikan santunan kepada anak-anak yatim, Rabu (3/4/2024).

Hadir dalam acara tersebut, pimpinan DPRD Kota Surabaya dan seluruh jajaran anggota, serta puluhan anak yatim piatu dari beberapa panti asuhan di Kota Pahlawan. Kegiatan ini menjadi agenda wajib DPRD Kota Surabaya setiap Ramadhan.

Tak hanya disambut dengan ramah oleh seluruh anggota dewan, anak-anak juga diberikan santunan dan bingkisan berupa perlengkapan sekolah.

Pemberian santunan diberikan secara simbolik oleh anggota dewan yang hadir secara bergantian.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti mengatakan, selain mempererat silaturahmi antaranggota dewan legislatif, buka puasa bersama juga menjadi tradisi untuk merekatkan masyarakat, khususnya anak-anak yatim piatu di Kota Surabaya.

“Kami melangsungkan kegiatan rutin itu untuk menjalin silaturahmi, meningkatkan kepedulian, dan berbagi kebahagiaan. Dengan begitu, nilai-nilai kebaikan bakal terus dilakukan seluruh anggota dan masyarakat, meskipun tidak dalam bulan puasa,” ungkap Reni melalui siaran persnya, Sabtu (6/4/2024).

Ia menegaskan, kepedulian pada sesama harus ditanamkan dan direalisasikan. Sebab, hal inilah yang menjadi langkah nyata DPRD Kota Surabaya.

“Semoga ke depannya kegiatan ini bisa terus dilanjutkan sebagai tradisi,” ujar Reni mewakili Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono yang berhalangan hadir.

Anggota dewan dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh anggota dewan yang terlibat.

Sebab, sebut dia, tanpa partisipasi semua anggota, kegiatan buka puasa dan pemberian santunan itu tidak mungkin terselenggara dengan baik.

“Saya melihat semangat anggota dewan tiap kegiatan ini. Itu berarti, semangat berbagi mereka juga tinggi. Di sisi lain, anak-anak begitu gembira selama acara. Terima kasih untuk antusiasme semua pihak,” tuturnya.

Reni pun berpesan kepada anak-anak dan masyarakat agar DPRD Kota Surabaya bisa terus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

"Terlebih, DPRD Kota Surabaya sebagai penyambung lidah masyarakat yang menyampaikan segala keluh kesah ke eksekutif," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengajak anak-anak yang hadir untuk berkunjung ke gedung DPRD Kota Surabaya untuk melihat secara langsung ruang kerja anggota-anggota dewan.

"Kedekatan antara anggota legislatif dengan masyarakat bakal terjalin lebih baik dan lebih dekat," ucapnya.

Jaga lingkungan tetap kondusif selama Lebaran 2024

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Laila Mufidah mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan tetap kondusif selama libur Lebaran 2024.

“Kami berharap, situasi Kota Surabaya selalu tetap aman dan kondusif selama libur cuti Lebaran. Walaupun banyak warga Kota Surabaya yang akan meninggalkan kota, keamanan harus tetap terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Laila.

Oleh karenanya, dia mengajak semua pihak untuk tetap menaati peraturan-peraturan yang ada, mengecek kondisi rumah sebelum mudik atau pulang kampung, mengamankan segala peranti listrik, hingga mengunci rumah dengan benar.

“Surabaya bisa aman dan kondusif juga berkat warga. Kami berdoa dan berharap Lebaran tahun ini zero kasus kebakaran, pencurian dan lainnya. Mari bergotong royong dan saling menjaga agar Surabaya aman, tentram, dan damai,” kata Laila.

Ia tidak lupa berpesan kepada masyarakat yang mudik untuk saling berkomunikasi atau bercengkrama dengan tetangga. Sebab, tetangga menjadi pihak yang bisa dimintai tolong untuk menjaga lingkungan ketika pemilik rumah pergi mudik.

"Tidak perlu sungkan-sungkan titip rumah ke tetangga. Saya yakin, dengan kesiagaan petugas dan dukungan dari masyarakat, Kota Surabaya akan tetap aman," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com