Kabar pariwisata

Lebaran Seru, InJourney Gelar "Kelana Cerita Tanah Jawa" di Candi Prambanan

Kompas.com - 06/04/2024, 22:10 WIB

KOMPAS.com - Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, memastikan kesiapan seluruh destinasi wisata yang dikelola untuk menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan.

Inisiatif tersebut dilakukan InJourney bersama anak usahanya, yakni InJourney Destination Management atau PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC).

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, guna menyambut Lebaran, InJourney berkolaborasi dengan anak usahanya untuk menghadirkan pengalaman berkesan dengan attraction dan activation di destinasi yang dikelolanya.

Melalui InJourney Destination Management, InJourney mengajak masyarakat merasakan serunya beragam kemeriahan di Candi Prambanan pada momen Lebaran.

“InJourney menawarkan pengalaman baru bagi masyarakat dan dibalut secara inklusif dengan berbagai atraksi menarik bertema Kelana Cerita Tanah Jawa,” ujar Maya dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/4/2024).

Sebagai informasi, “Kelana Cerita Tanah Jawa” diselenggarakan pada Kamis (11/4/2024) hingga (Senin/4/2024). Acara ini menampilkan ragam aktivitas yang mendorong interaksi untuk menanamkan pengalaman berkesan dengan 3 aktivitas utama, yaitu Cipta Aksara, Bhuvana Jawa, dan Sasana Kriya.

Cipta Aksara menampilkan tiga aktivitas utama, yaitu Dluwang Media Aksara, Lelakon Weton, dan Linocut Aksara.

Dluwang Media Aksara merupakan aktivitas membuat suvenir pribadi dengan menggunakan kertas dluwang.

Selanjutnya, Lelakon Weton adalah aktivitas membaca weton Jawa berdasarkan kelahiran untuk mengetahui karakter dan keberuntungan. Kemudian, menulis hasil pembacaan weton dengan menggunakan aksara Jawa di media dluwang.

Sementara itu, Linocut Aksara merupakan aktivitas mencetak media gambar berupa sablon cukil (linocut) pada media dluwang. Pengunjung bisa menyusun kata-kata menggunakan aksara Jawa gubahan, ornamen, dan clipart karya Trans Studio Yogyakarta.

Cipta Aksara juga menghadirkan aktivitas Edu Kriya yang mengajak pengunjung menukarkan sampah botol minuman plastik kemasan untuk diolah menjadi suvenir yang memukau.

Aksi waste management yang berkolaborasi dengan artisan lokal itu sarat dengan experiential value. Kolaborasi ini juga mendorong aksi keberlanjutan dengan peduli untuk mengurangi jumlah sampah selama berwisata.

Candi Prambanan.DOK. InJourney Candi Prambanan.

Selain itu, pengunjung bisa mengabadikan keseruan berlibur di kawasan destinasi melalui di Krayon Weton dan aktivasi giant font #LebarandiCandi sebagai photo booth yang atraktif. Di sini, pengunjung bisa mencipta dan mewarnai aksara Jawa menggunakan krayon sesuai kreativitas.

Selanjutnya, Bhuvana Java menawarkan foto konsep tradisional Jawa dengan latar pemandangan candi warisan budaya dunia yang istimewa. Pengunjung bisa memilih merchandise eksklusif yang diproduksi secara terbatas dan berkolaborasi dengan seniman berkebutuhan khusus dari Yayasan Bina Abyakta.

Sementara itu, program Sasana Kriya menampilkan hiburan serta penampilan kesenian budaya yang atraktif dan memukau. Bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Yogyakarta, program ini menambah kemeriahan kunjungan di destinasi InJourney Destination Management.

Selain itu, penampilan kelompok komunitas kesenian lokal dolanan anak tradisional tetap menjadi atraksi khas kunjungan selama masa libur Lebaran 2024.

Wisatawan juga akan menyaksikan parade penari yang melibatkan penari Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang di destinasi Candi Prambanan. Kehadiran para penari ini menjadi figur yang bisa diajak berfoto dan berinteraksi dengan gaya dan penampilan yang khas, unik, dan menawan.

Pengunjung juga bisa memanjakan lidah lewat kuliner Pasar Medang. Berbagai Dharan Lawasan yang lezat pun dihadirkan, mulai dari kipo, gulali, kicak, jenang gempol, es gosrok, es limun, hingga Daharan Anyaran yang menggugah selera.

Pasar Medang memunculkan pengalaman rasa yang menggugah selera. Hal ini berkat kerja sama dengan Komunitas Lawasan Mataram dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal berkualitas.

Dikunjungi banyak wisatawan

InJourney Destination Management memprediksi bahwa akan ada sekitar 244.000 wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko, dan Teater Pentas Ramayana selama libur Lebaran 2024. Angka wisatawan ini melonjak sebesar 37 persen dibandingkan pada 2023.

Masa ramai libur Lebaran 2024 ditetapkan selama 10 hari, yakni pada Senin (8/4/2024) sampai Rabu (17/4/2024). Adapun puncak kunjungan wisatawan diprediksi terjadi pada Kamis ( 11/4/2024) sampai Minggu (14/4/2024).

Candi Prambanan diprediksi menjadi destinasi paling banyak dikunjungi wisatawan dengan jumlah kunjungan sekitar 134.000 selama libur Lebaran 2024.

Wisatawan asing ke Candi Prambanan.DOK. InJourney Wisatawan asing ke Candi Prambanan.

Pasalnya, tempat wisata itu berlokasi searah dengan pintu Tol Solo-Yogyakarta di ruas Tol Kartasura Sukoharjo-Ngawen Klaten. Keberadaan tol ini telah memudahkan wisatawan berkunjung ke Candi Prambanan.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha InJourney Destination Management Hetty Herawati mengatakan bahwa pihaknya berusaha menghadirkan pengalaman baru bagi pengunjung. Salah satunya lewat program-program seru dan menarik di Candi Prambanan.

Inisiatif itu, sebutnya, dilakukan dengan mengedepankan keramahtamahan serta pengalaman otentik untuk menciptakan kenangan layaknya rasa kekeluargaan.

“Semuanya dikemas secara menyenangkan untuk menghadirkan representasi berwisata yang menginspirasi dan menyenangkan,” ujar Hetty.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com