Advertorial

Manfaatkan Momen Ramadhan untuk Latih Kedisiplinan Keuangan Anak Bersama Tabungan BRI Junio

Kompas.com - 08/04/2024, 11:12 WIB

KOMPAS.com - Ramadhan hadir bagaikan embun penyejuk di tengah teriknya kehidupan. Bulan suci ini tak hanya sarat makna spiritual, tapi juga dapat menjadi momen untuk menumbuhkan nilai-nilai positif, khususnya dalam diri anak-anak.

Seperti diketahui, di balik ibadah puasa yang dijalankan, terkandung filosofi berharga tentang menahan hawa nafsu dan konsumsi berlebihan. Filosofi ini sejalan dengan prinsip-prinsip kedisiplinan keuangan.

Karena itu, Ramadhan dapat menjadi waktu tepat untuk melatih anak mengelola keuangannya. Orangtua bisa menanamkan kebiasaan menabung dan bertanggung jawab atas finansial mereka sejak dini.

Ajarkan anak bahwa makna puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, melainkan juga hawa nafsu. Jelaskan pula bahwa menunda keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak esensial merupakan bagian dari latihan disiplin dalam menahan hawa nafsu.

Libatkan anak dalam membuat daftar barang yang ingin mereka beli, baik untuk kebutuhan sekolah, hobi, maupun mainan. Bantu mereka memilah mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya keinginan sesaat. Latih pula mereka untuk mempertimbangkan harga, kualitas, dan manfaat dari setiap barang.

Pada momen Lebaran nanti, saat anak-anak menerima uang saku atau tunjangan hari raya (THR), ajarkan juga mereka untuk membagi uang tersebut dengan bijak. Berikan arahan untuk membagi uang dalam beberapa pos, seperti disedekahkan, diinfakkan, ditabung, dan digunakan untuk membeli kebutuhan pribadi.

Dengan menanamkan kebiasaan positif ini sejak dini, Anda telah membekali anak dengan kemampuan penting untuk mengelola keuangan mereka di masa depan.

Lebih dari itu, Anda juga telah menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian yang akan menjadi bekal berharga dalam kehidupan mereka.

Namun ingat, anak-anak belajar paling efektif dengan melihat contoh dari orangtua. Maka dari itu, Anda pun perlu menunjukkan kebiasaan menabung dan mengelola keuangan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Diskusikan dengan terbuka tentang keuangan keluarga dan ajak anak untuk terlibat dalam pengambilan keputusan sederhana.

Untuk menabung, Tabungan Britama Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) atau BRI dapat menjadi solusi tepat. Tabungan ini diperuntukkan bagi anak usia 0-12 tahun dan di atas 12 tahun hingga 17 tahun.

Pembukaan tabungan itu pun mudah dan dapat dilakukan secara daring melalui BRImo. Orangtua dapat membantu anak dalam prosesnya. Setoran awal yang terjangkau, mulai dari Rp 100.000, pun dapat memudahkan anak untuk memulai kebiasaan menabung.

Tidak hanya itu, Tabungan Britama Junio juga menawarkan suku bunga kompetitif, kemudahan bertransaksi online, Debit BRI berchip dengan desain menarik, dan akses ke ATM BRI di seluruh Indonesia.

Berikut adalah cara membuka Tabungan Britama Junio.

  • Login ke aplikasi BRImo.
  • Klik "Rekening Lain" beberapa kali lalu pilih "Buka Rekening Baru".
  • Pilih jenis Tabungan BRI Junio.
  • Pilih "Pilih Rekening" dan pilih kantor cabang BRI terdekat.
  • Isi data diri anak dan tujuan pembuatan rekening.
  • Pilih "Lanjutkan" dan pembuatan rekening selesai.

Ramadhan dan Tabungan BRI Junio adalah kombinasi yang tepat untuk melatih kedisiplinan keuangan anak.

Orangtua dapat memanfaatkan bulan suci ini untuk mengajarkan anak tentang filosofi puasa yang berkaitan dengan menahan hawa nafsu dan konsumsi berlebih.

Kemudian, ajarkan anak untuk menabung sebagian dari THR mereka di Tabungan BRI Junio. Dengan begitu, anak akan belajar untuk mengelola keuangan dengan baik sejak dini. Kebiasaan menabung ini akan bermanfaat bagi masa depan mereka.

Informasi selengkapnya mengenai Tabungan BRI Junio, Anda bisa kunjungi laman bbri.id/junioviabrimo.

#TabunganBRIJunio #TabunganAnak #TabunganBRI #JunioviaBRImo #TabunganBRIPasBuatmu

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com