Advertorial

Selain Irit, Performa Maksimal dan Body Keren Yaris Cross Hybrid Jadi Alasan Kuat untuk Dimiliki Pencinta SUV

Kompas.com - 08/04/2024, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Sejak diluncurkan pada Mei 2023, All-New Yaris Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV) menjadi salah satu ujung tombak kendaraan medium sport utility vehicle (SUV) hibrida dari PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Hal tersebut cukup beralasan mengingat Cross-SUV tersebut menjadi salah satu kendaraan elektrifikasi (xEV) yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia.

Tim Otomotif Kompas.com berkesempatan menjajal All-New Yaris Cross Hybrid dalam perjalanan OTO Journey 2024 menelusuri Jalur Pantura dengan beragam rute, seperti Solo, Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Cirebon via jalur arteri. Perjalanan dilakukan untuk membuktikan keandalan All-New Yaris Cross Hybrid.

Selama perjalanan, tim Otomotif Kompas.com menjajal berbagai fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada Yaris Cross Hybrid yang terdiri dari Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), serta Lane Departure Warning (LDP).

Lewat perjalanan itu pula, terbukti bahwa mobil Yaris Cross Hybrid memiliki kelebihan lain, yakni konsumsi bahan bakar yang ramah kantong alias irit. Efeknya, hal ini juga berimbas pada emisi gas buang yang jauh lebih ramah lingkungan.

Lalu bagaimana detail keunggulan All-New Yaris Cross Hybrid? Simak ulasan berikut dan ketahui alasan kuat Yaris Cross Hybrid untuk dimiliki pencinta SUV.

  1. Bodi compact ala SUV kekinian

All-New Yaris Cross Hybrid memiliki ukuran panjang 4.310 milimeter (mm), lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Dengan dimensi ini, cross-SUV ini dapat diandalkan untuk menjajal pengalaman berkelana off-road ringan dengan performa mumpuni.

Grill-nya yang memiliki bentuk trapezoidal punya ukuran berbeda antara atas dan bawah. Lampu utama mengikuti lekukan kap mesin dan bodi samping. Hal ini memberikan kesan tangguh dan sporty. Sementara itu, pelek 18 inci yang diusung SUV perkotaan satu ini membuatnya semakin gagah.

Dengan high rocker panel height 260 mm, Yaris Cross Hybrid cocok digunakan berwisata bersama keluarga. Sementara itu, overhang depan dan belakang dibuat padat dengan approach angle 19 derajat dan departure angle 28 derajat. Hal ini membuat All-New Yaris Cross Hybrid sanggup menempuh berbagai kondisi jalan dengan aman dan nyaman untuk diajak berpetualang.

Radius putar Yaris Cross Hybrid juga tergolong kecil, yakni 5,2 meter. Hal ini membuatnya lebih lincah saat bermanuver dan melakukan u-turn.

All-New Yaris Cross Hybrid memiliki desain bodi menawan. DOK. TAM). All-New Yaris Cross Hybrid memiliki desain bodi menawan.

Kesan modern pada All-New Yaris Cross Hybrid kian terasa berkat kehadiran LED Headlamp with DRL, LED Fog Lamp, ditambah LED Rear Combination Lamp yang tampak canggih pada bagian depan dan belakang.

Cross-SUV All New Yaris juga sudah dibekali welcoming lamp dan power backdoor with kick sensor guna memudahkan pengguna buka dan tutup bagasi,

  1. Desain kabin mewah nan sporty

Masuk ke bagian dalam, All-New Yaris Cross Hybrid memiliki kabin yang dibalut warna hitam dengan detail jahitan biru. Detail ini menciptakan kesan sporty dan mewah. Desain dasbor-nya dibuat seperti kokpit pesawat dengan penempatan ruang tengah yang ringkas tetapi fungsional.

Pada tipe tipe 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package, terdapat Panoramic Glass Roof with Power Sunshade yang dihadirkan pun mempertegas kesan mewah.

Kokpit driver-oriented fokus pada panel instrumen TFT 7-inch digital yang menonjolkan kesan sporty dan dapat dikostumisasi dalam empat pola unik.

Adapun fitur yang tersedia pada kabin, yakni setir tilt dan telescopic, AC digital, push start stop button, jok elektrik untuk pengemudi, dan serta audio steering switch.

Untuk tata ruang, All-New Yaris Cross Hybrid menyediakan bangku nyaman untuk lima penumpang, ruang penyimpanan barang berlimpah, dan bagasi terbesar di kelasnya. Interiornya yang lapang menawarkan tempat duduk nyaman serta keleluasaan memuat penumpang dan barang.

Mobil SUV tersebut juga didukung power back door with kick sensor untuk mempermudah akses ke bagasi.

Selain itu, Toyota juga melengkapi kenyamanan tersebut dengan teknologi QUOLE MODURE untuk mereduksi panas pada permukaannya. Jok pengemudi juga telah dilengkapi electric seat adjuster.

  1. Fitur keamanan lengkap

Sebagai kendaraan SUV hibrida teranyar dari Toyota, All-New Yaris Cross Hybrid dibekali fitur keamanan dan keselamatan mumpuni termasuk enam airbag dan TSS Toyota Hybrid System (THS).

 TSS terdiri dari berbagai fitur canggih, seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking (FCW & AEB), Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention (LDW & LDP), Lane Keeping Control (LKC), serta Front Departure Alert (FDA).

Terdapat juga Automatic High Beam (AHB), Pedal Misoperation Control (PMC), Panoramic View Monitor (PVM), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC).

Semua fitur tersebut bekerja dengan baik. Misalnya, saat ingin berpindah lajur di jalan tol tanpa menyalakan lampu sein, fitur LDW & LDP memberi peringatan kepada pengemudi lain dengan cara mengoreksi setir secara otomatis serta muncul lampu peringatan di multi information display (MID).

Sementara itu, fitur ACC dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang berada di depan. Caranya, pengemudi cukup menekan tombol ikon mobil dengan tiga garis di bawah yang ada pada kemudi. Pengemudi bisa mengatur kecepatan maksimal berapa dan mau berapa jaraknya dengan kendaraan depan.

  1. Mesin modern ramah lingkungan

Untuk mesin, All-New Yaris Cross memiliki opsi hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW pada engine dan 59 kW pada motor listrik. Inisiatif ini dilakukan guna mewujudkan visi mobility solution Toyota terkini, yakni ramah lingkungan.

Torsi yang dihasilkan mencapai 121 Nm pada engine dan 141 Nm pada motor listrik yang disalurkan ke roda depan via transmisi CVT.

Melalui Toyota Hybrid System (THS), aktivitas motor bakar kian rendah sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar secara signifikan. Hal ini membuat emisi gas buang yang dihasilkan rendah lantaran operasional motor listrik meningkat drastis.

Selain itu, pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak berkontribusi menghasilkan linier performance yang semakin kuat dan intuitif, tapi hemat bensin, hening, dan zero emission

Baterai Lithium-Ion yang digunakan memiliki keunggulan, yakni lebih tahan suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak. Penempatan baterai di bawah bangku penumpang belakang membuatnya tidak sampai mengurangi kapasitas bagasi atau kabin penumpang. 

Untuk mendukung aktivitas berkendara menjelajah kota, seluruh mobil Hybrid Toyota telah dilengkapi EV Mode untuk berkendara tanpa bensin dan nol emisi. Melalui fitur ini, pengguna dapat merasakan langsung keunikan karakter berkendara sebuah kendaraan listrik murni yang senyap dan responsif.

  1. Pilihan beragam

Sebagai informasi, All-New Yaris Cross memiliki enam pilihan tipe, seperti 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 S CVT, 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package. Terdapat juga varian Hybrid EV, yakni 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package sebagai model termewah.

Sebagai gambaran, All-New Yaris Cross 1.5 G M/T entry level dibanderol Rp 351 juta. Sementara, harga All-New Yaris Cross 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package sebagai model termewah adalah Rp 440,6 juta. 

Dengan keunggulan mesin hibrida, fitur lengkap, harga yang kompetitif, All-New Yaris Cross layak dipertimbangkan.

All-New Yaris Cross memiliki pilihan tujuh warna reguler dan tiga warna dual tone yang bisa dipilih sesuai preferensi. Tipe 1.5 S dan 1.5 S HV memperoleh sematan GR Aero Package yang membuatnya tampil outstanding karena lebih sporty dan dinamis. 

All-New Yaris Cross memiliki enam pilihan tipe. DOK. TAM All-New Yaris Cross memiliki enam pilihan tipe.

Toyota memberikan garansi untuk baterai hibrid All-New Yaris Cross selama delapan tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). Paket pembelian All-New Yaris Cross sudah termasuk program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (biaya jasa dan suku cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal tiga tahun atau 60.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu).

Selain itu pengguna juga dapat leluasa mendandani tampilan All New Yaris Cross lewat Toyota Customization Option (TCO). Adapun pada TCO, tersedia aksesori GR Parts Aero Package disertai jaminan kualitas produk standar Toyota. Fasilitas yang didapat termasuk garansi tiga tahun atau 100.000 km jika dipesan bersamaan dengan pemesanan kendaraan baru.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com