Advertorial

Perjalanan Mudik Tenang dengan Promo Cashback SPBU dari Kartu Kredit BRI

Kompas.com - 08/04/2024, 13:23 WIB

KOMPAS.com – Mudik Lebaran tinggal menghitung hari. Sudah saatnya kamu mempersiapkan berbagai keperluan mudik demi kelancaran perjalanan menuju kampung halaman.

Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah uang tunai untuk berbagai keperluan sepanjang perjalanan. Apalagi, tidak semua tempat menerima pembayaran nontunai untuk bertransaksi.

Selain itu, uang tunai juga bisa diberikan sebagai tunjangan hari raya (THR) untuk saudara dan kerabat yang ada di kampung halaman. Kamu bisa menukarkan uang dengan pecahan yang lebih kecil, seperti Rp 5.000, Rp 10.000, atau Rp 20.000.

Lalu, persiapkan juga pakaian dan perlengkapan pribadi yang harus dibawa. Sesuaikan jumlah pakaian dengan durasi kunjungan ke kampung halaman. Bawa baju lebih banyak jika ada rencana berkunjung ke tempat wisata.

Bawa juga perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu. Siapkan juga obat untuk pertolongan pertama, seperti plester luka, obat antiseptik, perban, dan kapas.

Meski perjalanan mudik dilakukan saat berpuasa, bawalah makanan dan minuman dalam porsi kecil agar mudah dibawa. Jadi, ketika waktu berbuka puasa sudah tiba, kamu dan anggota keluarga lain bisa membatalkan puasa dengan bekal yang sudah dipersiapkan.

Jangan lupa untuk membawa dokumen penting, seperti kartu tanda penduduk (KTP) setiap anggota keluarga yang ikut. Bagi kamu yang pulang ke kampung halaman dengan transportasi umum, pastikan kembali kesamaan tanggal keberangkatan dan kepulangan agar tidak terjadi kendala.

Jika membawa kendaraan sendiri, jangan lupa membawa surat izin mengemudi (SIM) yang masih berlaku. Pastikan pengemudi berkendara dalam keadaan fit dan prima demi keselamatan perjalanan. Saat perjalanan jauh, pastikan kamu memiliki pengemudi pengganti yang dapat berkemudi secara bergantian.

Kamu juga perlu memastikan kendaraan dalam keadaan baik dengan surat-surat yang lengkap. Kondisi mobil perlu dicek secara berkala sebelum mudik, tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok hingga pecah ban. 

Hati-hati pula dengan beragam modus penipuan yang mengincar pemudik. Beberapa di antaranya adalah skimming dan tombol PIN palsu di mesin ATM, phishing berkedok tiket mudik online atau mengatasnamakan pihak bank, agen travel bayangan, serta pemalsuan tiket mudik gratis.

Agar tidak menjadi korban, selalu berhati-hati dengan pihak-pihak yang menghubungi dengan mengatasnamakan pihak bank. Jangan klik apa pun link atau mengunduh file yang mencurigakan. Cek keaslian informasi melalui kanal resmi perbankan.

Selanjutnya, persiapkan juga perlengkapan pendukung lain, seperti pengisi daya portabel senter, ban cadangan, kunci roda, dan perkakas mobil. Pastikan juga smartphone yang kamu gunakan terisi daya yang cukup, untuk membantu kamu mencari jalan melalui aplikasi map.

Perlu diketahui, berdasarkan aturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), maksimal durasi berkendara yang dianjurkan adalah 8 jam sehari. Jadi, penting untuk mengetahui posisi rest area di sepanjang rute yang dilewati. 

Kamu bisa memanfaatkan posko mudik BRImo untuk beristirahat. Posko mudik BRImo tersedia di 8 lokasi rest area pada jalur Tol-Trans Jawa. Berikut adalah rinciannya.

  1. Rest Area KM 14B Jakarta - Tangerang
  2. Rest Area KM 14B Jagorawi
  3. Rest Area KM 57A Jakarta - Cikampek 
  4. Rest Area KM 62 B Jakarta - Cikampek
  5. Rest Area KM 72A Purbaleunyi
  6. Rest Area KM 102A Cipali
  7. Rest Area KM 260B Pejagan - Pemalang
  8. Rest Area KM 519A Solo - Ngawi 

Di posko-posko mudik tersebut, kamu bisa membeli Kartu BRIZZI dan top-up saldo BRIZZI, dan aktivasi BRImo. BRI juga menyelenggarakan beragam kegiatan menarik bagi para pemudik.

Dengan mengetahui posisi-posisi rest area, kamu dapat mengatur jadwal beristirahat untuk melepas lelah untuk beberapa saat.

Urusan pengisian bahan bakar minyak (BBM), kamu bisa datang ke langsung datang ke SPBU. Sebab, kamu akan mendapatkan penawaran menarik berupa cashback 5 persen transaksi di seluruh SPBU (minimal akumulasi transaksi Rp 1.000.000 selama periode program). 

Program Cashback SPBU tersebut dapat dinikmati oleh pemegang seluruh Kartu Kredit BRI, kecuali Kartu Kredit Corporate dan Kartu Kredit Pemerintah.

Selain cashback di SPBU, Kartu Kredit BRI juga memberikan beragam promo menarik lain yang dapat kamu nikmati bersama keluarga ataupun sanak saudara. 

Jadi, tunggu apalagi. Yuk, apply Kartu Kredit BRI-mu sekarang dan nikmati beragam kemudahan dan kelancaran selama perjalanan mudik. Sebab, Kartu Kredit BRI #SelaluBukaJalan untuk kamu dan keluarga dalam menyambut Idul Fitri 1445 H.

Jangan lupa juga untuk bertransaksi menggunakan terus Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo dengan EDC BRI untuk merasakan kemudahan transaksi. Bagi kamu yang belum punya rekening Tabungan BRI, segera bikin rekeningnya via BRImo sekarang karena Tabungan BRI Pas Buatmu!

Sebelum bikin rekeningnya, pastikan kamu sudah mengunduh BRImo di Play Store, App Store, atau AppGallery untuk mudahkan transaksimu selama libur Lebaran. Sebab, #BRImoMudahSerbaBisa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com