Advertorial

Gandeng Kepolisian, Astra Infra Terapkan Rekayasa Lalin di Tiga Ruas Tol Jalur Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 09/04/2024, 10:36 WIB

KOMPAS.com – Volume lalu lintas di ruas tol Astra Infra, yakni Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto, mengalami peningkatan hingga 327.000 kendaraan pada Sabtu (6/4/2024) atau H-5 Lebaran.

Secara akumulatif, tercatat 1,9 juta kendaraan telah melewati tol itu sejak Minggu (31/3/2024) atau H-10 hingga H-5 Lebaran. Jumlah ini meningkat 0,2 persen jika dibandingkan periode yang sama pada Lebaran 2023.

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar mengatakan bahwa pihaknya secara konsisten bekerja sama dengan pihak terkait, khususnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Kami melakukan berbagai upaya untuk mengurai kepadatan dan antrean yang terjadi serta memberikan pelayanan untuk kenyamanan pengguna jalan pada puncak arus mudik (Lebaran) 2024,” ujar Billy dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (8/4/2024).

Billy merinci, dari total 147.000 kendaraan yang melintas ruas Tol Tangerang-Merak pada H-5 Lebaran, tercatat sekitar 8.000 di antaranya menuju Pelabuhan Merak.

Hal itu sejalan dengan data yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bahwa jumlah pemudik via Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kenaikan signifikan.

Tak pelak, hal itu pun menimbulkan antrean sepanjang 8 km menjelang Gerbang Tol Merak. Untuk mengatasi hal itu dan sekaligus menjaga kenyamanan pengguna jalan, Astra Infra melakukan sejumlah upaya.

“Kami berkoordinasi dengan kepolisian dan mendukung implementasi delaying system di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) KM 43 dan KM 68 arah Merak. Kami juga membatasi lajur transaksi di Gerbang Tol Cikupa untuk mengurangi kepadatan antrean di Pelabuhan Merak sesuai diskresi kepolisian,” jelas Billy.

Astra Infra menyiagakan dua gardu tandem di Gerbang Tol Merak dan menurunkan petugas untuk membantu tapping kartu uang elektronik. Dok. Astra Infra Astra Infra menyiagakan dua gardu tandem di Gerbang Tol Merak dan menurunkan petugas untuk membantu tapping kartu uang elektronik.

Kemudian, pihaknya juga melakukan pengaturan jumlah gardu transaksi, yakni dengan menyiagakan dua gardu tandem di Gerbang Tol Merak dan menurunkan petugas untuk membantu tapping kartu uang elektronik.

Tak hanya itu, Astra Infra juga membagikan makanan dan minuman untuk pengguna jalan yang telah lama mengantre di Gerbang Tol Merak. Dengan demikian, pengguna jalan tetap dalam kondisi prima dan nyaman.

“Untuk memastikan kenyamanan pengguna jalan, petugas kami secara rutin melakukan pembersihan jalur. Kami menyiagakan sekitar 400 unit toilet, termasuk portable toilet, yang tersebar di KM 94-96 arah Merak,” ucap Billy.

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, lanjut dia, juga membantu menyosialisasikan informasi tiket penyeberangan pada Sabtu (6/4/2024) dan Senin (8/4/2024) yang sudah sold out melalui vessel monitoring system (VMS) dan berbagai media komunikasi lain untuk mencegah pengguna jalan terjebak antrean.

“Kami mengimbau pengguna jalan dapat memanfaatkan fasilitas toilet dan musala yang terdapat di Rest Area KM 43, KM 68, serta setiap kantor gerbang Tol Tangerang-Merak. Untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum melakukan perjalanan atau melakukan pengisian saldo di rest area sebelum menuju ke gerbang keluar tol,” kata Billy.

Rekayasa lalu lintas dan edukasi tiada henti

Sementara itu, tercatat 124.000 kendaraan melewati ruas Tol Cikopo-Palimanan pada Sabtu (6/4/2024).

Angka tersebut meningkat 20 persen jika dibandingkan peridode yang sama pada mudik Lebaran 2023 dan meningkat 112 persen ketimbang volume lalu lintas harian (LHR).

Astra Infra beserta kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas one way di KM 72 ruas Tol Cikopo-Palimanan hingga KM 414 ruas Tol Semarang-Batang sejak Jumat (5/4/2024) pukul 21.50 WIB. Dok. Astra Infra Astra Infra beserta kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas one way di KM 72 ruas Tol Cikopo-Palimanan hingga KM 414 ruas Tol Semarang-Batang sejak Jumat (5/4/2024) pukul 21.50 WIB.

Billy menjelaskan, sebagai upaya mengurangi kepadatan pada puncak arus mudik, Astra Infra beserta kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas one way di KM 72 ruas Tol Cikopo-Palimanan hingga KM 414 ruas Tol Semarang-Batang sejak Jumat (5/4/2024) pukul 21.50 WIB.

“Untuk menambah keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, Astra Tol Cipali mendukung pihak kepolisian untuk menertibkan pengguna jalan yang beristirahat di bahu jalan. Kami juga tak henti melakukan sosialisasi melalui VMS ataupun sarana edukasi lain kepada pengguna jalan agar mengutamakan keselamatan dan ketertiban selama di perjalanan,” jelas Billy.

Billy menambahkan, kondisi lalu lintas di ruas Tol Jombang-Mojokerto terpantau masih landai dengan jumlah 55.000 kendaraan melintas pada Sabtu (6/4/2024). Angka ini meningkat 29 persen ketimbang hari sebelumnya dan meningkat 58 persen ketimbang volume LHR.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut,” tegas Billy.

Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika penuh, pengguna jalan dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya.

Astra Infra juga mengingatkan pengguna jalan untuk tidak beristirahat di bahu jalan, kecuali dalam kondisi darurat. Sebab, hal ini berbahaya dan mengganggu arus lalu lintas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com