Advertorial

Jelang Arus Mudik, 543.000 Orang Sudah Gunakan Aplikasi Travoy dari Jasa Marga

Kompas.com - 10/04/2024, 15:44 WIB

KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk secara konsisten menunjukkan komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan di jalan tol. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah layanan berbasis teknologi, aplikasi Travoy.

Menjelang musim mudik, tepatnya hingga awal April 2024, Jasa Marga mencatat sudah ada total 543.000 orang yang menjadi pengguna aplikasi Travoy. Hal itu disampaikan oleh Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani.

Faiza menjelaskan, dari total user tersebut, sebanyak 480.000 pengguna mengunduh aplikasi Travoy dari Google Playstore dan 63.000 pengguna dari App Store. Faiza juga menggarisbawahi bahwa adanya penambahan 13.000 pengguna dari akhir Maret hingga awal April 2024 dikarenakan banyaknya pengguna jalan yang butuh informasi terkait arus mudik dan balik Idulfitri 1445 Hijriyah.

Aplikasi Travoy dapat berfungsi sebagai asisten digital perjalanan di tol Jasa Marga. Sejumlah fitur unggulan untuk membantu perjalanan terdapat dalam aplikasi tersebut dan telah terintegrasi dengan Jasa Marga Tollroad Command Center.

Menjelang arus mudik-balik Idulfitri 1445 Hijriyah, aplikasi Travoy telah ditingkatkan dengan fitur lengkap yang dapat memberikan opsi rute perjalanan terbaik sesuai dengan tujuan mudik atau balik.

Faiza mengatakan, penambahan fitur akan memberi kemudahan lebih dan memungkinkan pengguna merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

“Fitur baru yang dikembangkan yaitu Travoy Journey yang dapat memberikan informasi mengenai estimasi jarak, waktu tempuh, tarif tol, informasi lalu lintas, CCTV real time, rest area yang akan dilalui, informasi pada Dynamic Message Sign (DMS) hingga kecepatan rata-rata selama rute perjalanan,” ujar Faiza dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4/2024).

Cara menggunakan aplikasi Travoy, lanjutnya, juga sederhana. Setelah membuka aplikasi Travoy, pengguna jalan dapat mengetuk tombol “Mulai Perjalanan”. Kemudian, masukkan lokasi asal dan tujuan pada aplikasi serta pilih golongan kendaraan yang digunakan.

Aplikasi akan menampilkan sejumlah rekomendasi rute perjalanan melalui jalan tol, total tarif tol, serta pilihan waktu dan jarak tempuh dari yang terpendek hingga terpanjang. Setelah memilih salah satunya, ketuk tombol “Mulai Perjalanan”. Gerbang told an tarif per gerbang tol akan ditampilkan berdasarkan rute yang dipilih.

Selain itu, pada aplikasi Travoy yang sudah diperbarui dengan tambahan fitur, pengguna jalan akan mendapatkan notifikasi melalui navigasi suara jika terdapat rest area terdekat. Informasi lalu lintas pun akan tampil dalam bentuk push notification.

Aplikasi Travoy dapat bekerja di ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS.DOK. Jasa Marga Aplikasi Travoy dapat bekerja di ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS.

Adapun informasi yang bisa didapatkan adalah kejadian di ruas tol yang terdekat dengan lokasi pengguna, seperti informasi gangguan lalu lintas, dan rekayasa lalu lintas maupun pemeliharaan.

“Fitur tersebut merupakan fitur ‘Event Lalu Lintas’ yang mempermudah pengguna jalan dalam mendapatkan informasi real time melalui push notification tanpa harus membuka aplikasi. Fitur lainnya yang juga penting untuk memudahkan pengguna jalan terutama dalam kondisi darurat yaitu fitur ‘Chat Us’. Pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis artificial intelligence,” jelas Faiza.

Sementara itu, untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan fitur Hub 14080 agar dapat terhubung secara langsung dengan Live Agent Call Center 14080.

Fitur-fitur baru Travoy lainnya

Untuk melengkapi perjalanan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445H agar semakin ceria dan penuh makna, pengguna jalan dapat mengakses fitur terbaru dan fitur menarik lainnya.

Pertama, CCTV yang memungkinkan pengguna memantau kondisi jalan tol melalui CCTV Jasa Marga. Kondisi dapat dilihat secara live dan real time selama 24 jam. Sebagai informasi, Jasa Marga memiliki lebih dari 2.000 titik CCTV yang ada di seluruh ruas jalan tolnya.

Kedua, Informasi Lalu Lintas Terkini. Fitur ini menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.

Fitur-fitur terbaru Travoy.DOK. Jasa Marga Fitur-fitur terbaru Travoy.

Ketiga, informasi rest area. Fitur ini menyediakan informasi seputar rest area dari yang terdekat dengan lokasi pengguna jalan, fasilitas dan tenant di rest area, serta kapasitas parkir yang tersedia dan lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area.

Keempat, Tarif Tol. Fitur ini membantu pengguna jalan untuk mengetahui informasi besaran tarif tol yang dibutuhkan selama perjalanan berdasarkan golongan kendaraan dan gerbang tol asal dan tujuan.

Kelima, resi atau struk digital. Pengguna jalan dapat mendaftarkan e-toll card terlebih dahulu dan akan mendapatkan resi digital yang berisi data riwayat transaksi tol selama 7 hari sebelum kartu didaftarkan. Riwayat transaksi tol akan tersimpan maksimal 30 hari.

Keenam, GetPay. Fitur ini merupakan ekosistem pembayaran digital melalui fitur Multibiller yang dapat digunakan untuk pembelian pulsa dan paket data, pembayaran tagihan telepon pascabayar hingga melakukan pengisian ulang saldo e-wallet atau uang elektronik.

Jasa Marga mengjadirkan aplikasi dan fitur-fitur tersebut berdasarkan kebutuhan pengguna jalan untuk mendapatkan informasi lalu lintas yang sangat dinamis. Banyak pengguna jalan terbantu untuk menentukan rute perjalanan dengan baik.

“Walaupun sebelumnya telah ditentukan sejumlah jadwal untuk rekayasa lalu lintas, kami mengimbau pengguna jalan dapat mengunduh aplikasi Travoy yang diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga dapat mengantisipasi perjalanan dan merencanakan kembali rencana perjalanannya,” kata Faiza.

Jika Anda ingin memperoleh informasi lalu lintas terkini, unduh aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, X @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy, dan media sosial resmi Jasa Marga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com