Advertorial

Dua Peraih Kalpataru di Sulsel Dukung Gagasan Pj Gubernur Bahtiar Tanam Pohon Serentak

Kompas.com - 14/04/2024, 16:42 WIB

KOMPAS.com – Dua peraih Kalpataru di Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Ikhwan dan Darmawan Denassa, menyatakan dukungan terhadap penanaman pohon serentak yang digagas oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dalam rangka Peringatan Hari Bumi.

Dukungan diberikan lantaran gagasan tersebut bisa menjadi langkah strategis untuk membangun kesadaran kolektif masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Darmawan yang merupakan penerima Kalpataru 2021 mengapresiasi komitmen Bahtiar dalam menjaga dan memperbaiki lingkungan melalui berbagai program penanaman pohon, seperti penanaman pohon sukun dan pisang cavendish secara serentak.

Menurutnya, program tersebut tidak hanya bermanfaat secara ekonomi, tetapi juga membantu memulihkan kondisi alam.

"Bapak Gubernur memiliki kepedulian luar biasa terhadap lingkungan. Apalagi, kerusakan lingkungan saat ini sudah menjadi isu global, bukan hanya di Sulsel," kata Darmawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (14/4/2024).

Lebih lanjut, Darmawan berharap, Sulsel dapat menjadi pionir dalam upaya perbaikan lingkungan melalui penanaman pohon serentak, bahkan percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang dilakukan oleh Bapak Gubernur," ujar pencetus sekaligus pendiri Rumah Hijau Denassa (RHD) itu.

Adapun RHD merupakan area konservasi dan edukasi seluas 1,1 hektare yang didirikan pada 2007. Letaknya di Jalan Borongtala Nomor 58 A, Tamallayang, Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulsel.

-Dok. Pemprov Sulsel -

Sementara itu, Muhammad Ikhwan atau lebih dikenal dengan nama Iwan Dento menilai program-program yang diluncurkan oleh Pj Gubernur Bahtiar menunjukkan komitmen yang kuat terhadap perlindungan lingkungan dan bumi.

“Momentum kepemimpinan Pak Gubernur yang singkat harus betul-betul dimanfaatkan untuk membangun ketaatan dan kesadaran kolektif masyarakat terhadap lingkungan dan mendorong program-program pelestarian lingkungan yang lebih berkelanjutan di masa depan,” ucap Iwan Dento yang merupakan peraih Kalpataru 2023 itu.

Sebagai pemerhati lingkungan, Iwan Dento merasa mendapat dukungan besar dari Bahtiar. Ia berharap, pemimpin Sulsel di masa depan bisa memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Iwan Dento yang juga dikenal sebagai penjaga Karst Rammang-Rammang Maros turut menyerukan pentingnya perawatan sungai-sungai. Dukungan Pj Gubernur dalam hal ini diwujudkan melalui penanaman pohon sukun untuk membantu memperbaiki kualitas air.

"Bapak Gubernur telah menanamkan ribuan pohon sukun di Rammang-Rammang," ungkap Iwan Dento.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com