Advertorial

Tiga Bank Terbaik Indonesia Versi Forbes, SeaBank Peringkat Ketiga

Kompas.com - 19/04/2024, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Majalah Forbes merilis daftar bank terbaik di Indonesia 2024. Deretan bank pelat merah dan swasta, baik bank konvensional maupun bank dengan layanan digital, berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

Sebagai informasi, peringkat bank terbaik versi Forbes didapatkan melalui survei kepada nasabah dengan menyampaikan kepuasan terhadap layanan bank. Nasabah juga ditanya apakah mau merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain.

Kemudian, nasabah diminta mengurutkan tingkat kepuasan bank berdasarkan beberapa kriteria, seperti tingkat kepercayaan, biaya dan bunga, pelayanan nasabah (customer service), layanan digital (kemudahan beraktivitas melalui website ataupun aplikasi), serta informasi keuangan yang tersedia.

Hasilnya, tiga bank yang menempati posisi puncak adalah Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, dan SeaBank Indonesia.

Posisi berikutnya diisi oleh Jago, Raya Bank, Bank Negara Indonesia (BNI), United Overseas Bank (UOB), Bank Permata, CIMB Niaga, dan DBS.

Menariknya, SeaBank Indonesia menjadi bank dengan layanan digital yang menempati peringkat tertinggi dalam daftar tersebut.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang dirilis di laman resmi SeaBank, laba operasional SeaBank melonjak dari Rp 62,8 miliar pada akhir 2022 menjadi Rp 288,97 sepanjang 2023.

Kenaikan signifikan juga terlihat dari laba kotor perusahaan yang naik dari Rp 59,54 miliar pada 2022 menjadi Rp 308,78 miliar pada 2023. Sementara, laba bersih tercatat Rp 241,47 miliar pada 2023.

Peningkatan laba kotor sendiri dipengaruhi oleh strategi bisnis bank yang efektif dan efisien.

Capaian lain yang diraih SeaBank adalah jumlah nasabah yang menembus rekor baru. Sejak beroperasi pada 2021 hingga akhir 2023, SeaBank telah berhasil mengumpulkan 10 juta nasabah di seluruh Indonesia.

Dari segi produk, aplikasi SeaBank juga rata-rata mendapatkan peringkat tinggi, yakni 4,9, di Apps Store dan Google Play Store. Peringkat ini menjadi indikator bahwa pengguna memiliki pengalaman baik selama menggunakan aplikasi SeaBank.

Sepanjang 2023, SeaBank juga mencatat rata-rata 2,5 juta transaksi harian yang dilakukan nasabah. Jumlah transaksi ini terdiri atas transfer sesama dan antarbank, pembayaran tagihan, serta pembayaran transaksi dengan fitur QRIS.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com