Advertorial

Setoran Tunai ATM BRI Meningkat 24,5 Persen selama Libur Lebaran 2024

Kompas.com - 21/04/2024, 13:34 WIB

KOMPAS.com - Dalam upaya memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat, BRI melaksanakan Gerakan Siaga Terpadu BRI (BRIGesit) selama periode libur Lebaran 2024. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran layanan dan kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi selama periode tersebut.

Selama periode 12 hari BRIGesit Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024, terjadi peningkatan setoran tunai ATM sebesar 24,5 persen year on year (yoy). Rinciannya, dari Rp 11,9 triliun pada 2023 menjadi Rp 14,9 triliun pada 2024.

Meskipun transaksi setor tunai di ATM mengalami kenaikan, penarikan tunai dari mesin ATM mengalami penurunan sebesar 10 persen yoy. Rinciannya, dari Rp 36,6 triliun pada 2023 menjadi Rp 33 triliun pada 2024.

Peningkatan tersebut sesuai dengan proyeksi BRI bahwa aktivitas transaksi keuangan akan meningkat selama libur hari raya Idul Fitri. Perseroan mengantisipasi peningkatan ini melalui optimalisasi kanal-kanal yang digunakan masyarakat untuk bertransaksi perbankan.

Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa selama libur Lebaran 2024, perseroan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 34 triliun.

“BRIGesit RAFI melibatkan seluruh layanan BRI, termasuk kesiapan perangkat e-Channel ATM, CRM, dan EDC selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (21/4/2024).

Program tersebut, sambung Andrijanto, memiliki lima aspek layanan utama, mulai dari ketersediaan kas, kesiapan Kantor Layanan Terbatas, e-Channel support, digital channel, IT and network system, dan kampanye program.

Menurutnya, peningkatan jumlah aspek layanan itu menandakan perluasan ruang lingkup program BRIGesit dari tahun-tahun sebelumnya. Penurunan transaksi penarikan uang tunai di ATM BRI tak lepas dari upaya penetrasi BRImo yang dilakukan secara gencar oleh perseroan.

"BRI terus mengembangkan superapps BRImo dengan lebih dari 100 fitur dan layanan yang memudahkan masyarakat bertransaksi, salah satunya untuk berbelanja di merchant dengan QRIS dan EDC BRI," ujar Andrijanto.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com