Advertorial

Ini 3 Rekomendasi Laptop Core i5 yang Cocok buat Mahasiswa

Kompas.com - 22/04/2024, 18:18 WIB

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa, laptop menjadi salah satu perangkat penting yang mendukung berbagai aspek kehidupan akademis. Dari mengikuti kuliah online, presentasi, hingga menyelesaikan tugas-tugas kuliah, peran laptop tak luput dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa.

Untuk itu, diperlukan laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk menunjang aktivitas-aktivitas tersebut.

Seperti diwartakan Kompas.com, Sabtu (18/3/2023), berikut tip memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa.

  1. Sesuaikan bujet atau anggaran yang dimiliki.
  2. Pilih sistem operasi yang mendukung aplikasi yang digunakan, yakni Windows OS, Mac OS (Macbook), dan Chrome OS (Chromebook).
  3. Pertimbangkan prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) untuk kebutuhan pemrosesan komputasi yang berat.
  4. Perhatikan kapasitas RAM. Pilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 8 GB agar mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.
  5. Pilih laptop dengan kapasitas memori penyimpanan minimal 256 GB dan jenis SSD untuk proses transfer data yang lebih cepat.
  6. Periksa kelengkapan porta, terutama jika sering melakukan presentasi dengan proyektor.
  7. Pastikan laptop dilengkapi dengan webcam untuk kegiatan belajar daring.

Dari sejumlah pertimbangan di atas, prosesor menjadi salah satu komponen yang patut diperhatikan sebelum memilih laptop untuk kuliah. Ini lantaran komponen tersebut berfungsi sebagai “otak” dari laptop.

Saat ini, prosesor Intel Core i5 menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan komputasi mahasiswa yang semakin kompleks. Dirancang untuk memberikan kinerja tinggi dan efisiensi daya yang optimal, Core i5 menjadi pilihan utama para mahasiswa yang membutuhkan laptop dengan performa dan daya tahan baterai yang seimbang.

Dengan arsitektur multi-core yang canggih, setiap inti pemrosesan pada Core i5 dapat menjalankan instruksi secara independen sehingga memungkinkan laptop untuk melakukan multitasking dengan lebih efisien. Selain itu, mahasiswa juga bisa tetap produktif tanpa harus khawatir kehabisan daya.

Adapun prosesor Core i5 mendukung berbagai fitur modern, seperti virtualisasi, enkripsi data, dan pemutaran konten multimedia dalam resolusi tinggi. Dengan kompatibilitas terhadap teknologi terbaru seperti USB 3.0, Thunderbolt, dan PCIe Gen 4, laptop dengan prosesor Core i5 menawarkan konektivitas dan kecepatan transfer data yang superior.

Dengan keunggulan tersebut, tidak heran Core i5 menjadi pilihan yang populer bagi mahasiswa yang membutuhkan laptop dengan kinerja andal, efisiensi daya yang baik, dan fleksibel dalam menangani tugas-tugas akademis mereka.

Rekomendasi Laptop Core i5

Berikut beberapa merek dan seri yang patut dipertimbangkan mahasiswa saat membeli laptop.

  1. HP Core i5

Laptop HP Core i5 menawarkan performa optimal dengan harga yang terjangkau. Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 generasi terbaru, laptop ini mampu menjalankan tugas-tugas multitasking dengan lancar.

Dengan spesifikasi umum RAM 8 sampai 16 GB, ukuran layar antara 13 hingga 15 inci, serta dilengkapi dengan baterai tahan lama dan berbagai jenis konektivitas (porta USB dan HDMI, serta slot kartu SD), laptop ini dapat menjadi pilihan yang solid untuk mahasiswa yang membutuhkan kinerja andal tanpa menguras kantong.

Adapun rekomendasi seri terbaik laptop HP dengan Core i5, di antaranya Chromebook Enterprise x360 14E G1, PC Notebook HP Elite Dragonfly, dan HP ZBook Studio G5 Mobile Workstation.

  1. Asus Core i5

Asus menyediakan berbagai pilihan laptop dengan prosesor Intel Core i5 dengan kinerja andal untuk kebutuhan sehari-hari mahasiswa. Desain laptop Asus yang stylish, tipis, dan ringan kerap menarik perhatian karena mudah dibawa bepergian

Selain itu, beberapa laptop Asus juga dilengkapi dengan teknologi audio terkemuka SonicMaster yang memberikan suara yang lebih baik dan pengalaman audio yang lebih kaya.

Spesifikasi lain dari laptop Asus Core i5 adalah RAM yang memadai; ukuran layar yang beragam, mulai dari 13 hingga 15,6 inci; resolusi layar fullhigh definition (HD) hingga resolusi yang lebih tinggi; serta dilengkapi berbagai port, yakni port USB, HDMI, dan audio.

Seri laptop Asus Core i5 yang cocok untuk mahasiswa di antaranya adalah Asus Notebook P2451FA-EK5852T, Asus VivoBook K413EQ-EB551TS, dan Asus ExpertBook B9450FA-BM5850T.

  1. Lenovo Thinkpad

Laptop Lenovo ThinkPad menawarkan kombinasi kinerja andal, daya tahan yang baik, dan keamanan terbaik. Dilengkapi dengan berbagai varian prosesor Intel Core i5 hingga i7 serta RAM yang cukup besar, laptop ini mampu menangani tugas-tugas multitasking dengan lancar.

Salah satu fitur ikonik ThinkPad adalah keyboard yang ergonomis dan nyaman digunakan. Keyboard laptop ini dilengkapi dengan tombol-tombol yang cukup besar dan responsif serta pencahayaan latar belakang pada beberapa model.

Selain itu, ThinkPad juga memiliki TrackPoint—joystick merah kecil yang terletak di tengah keyboard—untuk pengendalian pointer secara akurat dan efisien.

Kemudian, Lenovo Thinkpad memiliki fitur-fitur keamanan, seperti sensor sidik jari, pemindai wajah, dan modul chip keamanan yang terintegrasi untuk melindungi informasi penting. Laptop ini cocok bagi mahasiswa yang mengutamakan keamanan data.

Adapun rekomendasi seri Lenovo Thinkpad yang cocok untuk mahasiswa, di antaranya Lenovo ThinkPad X1 Carbon, Lenovo ThinkPad X1 Yoga, dan Lenovo ThinkPad P1.

Dengan berbagai pilihan yang tersedia, mahasiswa dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Kini, kamu bisa mendapatkan laptop tersebut dengan harga terjangkau di Tokopedia. Produk laptop HP Core i5, Asus Core i5, serta Lenovo Thinkpad yang ditawarkan Tokopedia dijamin berkualitas tinggi dan asli 100 persen.

Yuk, belanja laptop yang kamu inginkan sekarang di Tokopedia agar kamu dapat menggunakan laptop pilihanmu kapan pun! Tidak perlu khawatir karena Tokopedia menawarkan cicilan dan paylater sebagai metode pembayaran.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai bonus dan promo eksklusif dengan berbelanja di Tokopedia, mulai dari diskon berlimpah, voucer cashback berupa Go-pay Coins, hingga gratis ongkos kirim (ongkir).

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com