Advertorial

BRI Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Kompas.com - 22/04/2024, 18:27 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali terpilih sebagai pemenang proses bidding penyediaan uang kertas asing (banknotes) riyal Arab Saudi (SAR) untuk living cost jemaah haji Indonesia 2024.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara banknotes oleh Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto, Anggota Badan Pelaksana Bidang Kemaslahatan, SDM dan Umum Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Sulistyowati serta Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Kemenag Ramadhan Harisman di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Agus Noorsanto mengatakan bahwa dengan dukungan jaringan kerja yang luas, pihaknya berharap dapat memudahkan pendistribusian banknotes riyal Arab Saudi secara lebih efisien.

Perseroan, lanjutnya, berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan BPKH serta Kementerian Agama untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ibadah haji 1445 Hijriah.

“Dengan kapasitas dan pengalaman BRI dalam menyediakan banknotes untuk jemaah haji, BRI yakin akan terus mampu memberikan layanan yang terbaik bagi semua pihak yang terlibat, khususnya bagi jemaah haji Indonesia,” ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Pada kesempatan sama, Sulistyowati mengatakan bahwa dukungan BRI membuktikan kepercayaan yang tetap terjaga.

“Pengalaman dan jam terbang BRI yang bukan kali pertama dalam penyediaan banknotes diharapkan dapat membantu Kementerian Agama RI secara optimal dalam memberikan pelayanan yang prima kepada jemaah haji tahun ini,” ujarnya.

Pendistribusian living cost kepada sebanyak 213.000 calon jemaah haji dilakukan mulai Mei hingga Juni 2024 melalui 20 embarkasi.

Adapun embarkasi tersebut meliputi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bekasi, Majalengka, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Lombok, Makassar, Gorontalo, dan Maluku.

Setiap calon jemaah haji yang diberangkatkan akan mendapatkan 750 riyal Arab Saudi. Adapun total banknotes yang akan didistribusikan oleh BRI kepada calon jemaah haji adalah sebesar 159,9 juta riyal Arab Saudi atau setara 43,1 juta dollar AS.

Seperti yang diketahui, dana Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH) yang tersedia dalam mata uang harus dikonversi ke dalam mata uang asing, yakni riyal Arab Saudi.

Dengan dukungan jaringan kerja yang luas, pendistribusian banknotes riyal Arab Saudi diharapkan dapat dilakukan secara lebih efisien.

Selama proses pendistribusian living cost haji, BRI juga melayani penukaran banknotes riyal Arab Saudi tambahan bagi calon jemaah yang membutuhkan melalui layanan gerai Money Changer BRI.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com