Advertorial

Program KBMKB Ke-XXII Desa Pasung Resmi Dimulai

Kompas.com - 23/04/2024, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten Sri Mulyani menghadiri upacara pembukaan Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) Ke-XXII 2024 di Lapangan Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Selasa (23/4/2024).

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Kepala Kepolisian Resor Klaten, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah Kabupaten Klaten, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Wedi, dan Kepala Desa se-Kecamatan Wedi.

Perwira Pelaksana KBMKB Ke-XXII 2024 Budiyono menyampaikan bahwa Desa Pasung terpilih sebagai lokasi acara karena memiliki keterbatasan akses jalan pertanian yang menghambat aktivitas pertanian dan perekonomian.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, memiliki sasaran utama pembetonan jalan sepanjang 750 meter (m) dengan ketebalan 12 centimeter (cm) dan lebar 4 m, serta pembangunan talud jalan sepanjang 410 m, lebar 30 cm, dan tinggi 90 cm.

Selain itu, kegiatan tersebut juga meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, remaja, posyandu, dan posbindu.

Program yang akan berlangsung mulai 24 April hingga 22 Mei 2024 tersebut akan melibatkan 30 anggota TNI, 5 anggota Polri, 2 teknisi, 5 aparat desa, dan 45 dari masyarakat umum. Total, tenaga harian yang terlibat sebanyak 87 orang.

Sebagai program yang didukung oleh TNI dan pemerintah daerah (pemda), KBMKB bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani berharap, sinergi dan kemanunggalan antara jajaran Forkopimda, TNI, POLRI, pemda dan masyarakat dapat menjadi upaya dalam membangun negeri.

“Saya berharap melalui KBMKB ini, soliditas dan sinergitas antara jajaran Forkopimda, TNI, Polri, pemda, dan masyarakat juga dapat senantiasa terjalin erat, baik selama maupun setelah program ini berlangsung,” ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Lebih lanjut, Sri Mulyani berpesan kepada seluruh pihak untuk senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program, serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong-royong.

Selain itu, Bupati Klaten juga mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan program tersebut agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berpesan kepada semua pihak yang terlibat, baik TNI, Polri, pemda, maupun masyarakat Desa Pasung untuk senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program, serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong-royong. Mari sukseskan bersama kegiatan fisik maupun nonfisik. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” imbuhnya.

Terakhir, Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, serta masyarakat yang terjun langsung membantu masyarakat dalam pembangunan fisik dan nonfisik, melalui Program KBMKB ke-XXII Desa Pasung.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi saya haturkan kepada rekan-rekan TNI, Polri, jajaran pemda, serta Pemerintah Kecamatan Wedi dan Desa Pasung. Mari kobarkan semangat kebersamaan manfaatkan momentum KBMKB ini sebagai sarana mempererat kembali rasa kesatuan dan semangat gotong-royong membangun daerah yang telah memberi kita kehidupan juga kepada anak cucu kita di masa depan,” ucapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com