Advertorial

5 Tip Mendidik Anak agar Bijak Mengelola Uang THR di Hari Raya

Kompas.com - 24/04/2024, 15:50 WIB

KOMPAS.com – Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam, tidak terkecuali anak-anak. Selain momen kebahagiaan dan silaturahmi, hal lain yang juga membuat Hari Raya semakin spesial adalah pemberian tunjangan hari raya (THR).

Bagi anak-anak, menerima THR menjadi kegembiraan tersendiri karena mereka bisa membeli barang-barang yang diinginkan. Namun, orangtua seyogianya dapat mengajarkan anak untuk mengelola uang THR secara bijak sehingga dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat.

Untuk itu, berikut 5 tip yang bisa dilakukan orangtua untuk mendidik anak agar bijak dalam mengelola uang THR yang diterima saat Lebaran.

1. Ajarkan nilai penting tentang uang

Sejak dini, ajarkan kepada anak-anak tentang nilai-nilai penting tentang uang, seperti pentingnya menabung, berbagi, dan mengelola uang dengan bijak.

Beri pemahaman pada anak bahwa uang THR merupakan salah satu bentuk rezeki yang harus dikelola dengan baik untuk hal bermanfaat, misalnya kebutuhan masa depan.

2. Ajarkan perencanaan keuangan dan prioritas

Mendidik anak-anak tentang pentingnya perencanaan keuangan adalah kunci dalam mengelola uang dengan bijak.

Bantu mereka untuk membuat anggaran atau rencana pengeluaran untuk uang THR mereka. Sebagai contoh, bantu mereka untuk membagi uang THR ke dalam tiga bagian, yakni untuk kebutuhan sehari-hari, menabung, dan beramal.

Kemudian, ajarkan anak-anak tentang konsep prioritas dalam mengelola uang. Edukasi mereka untuk bisa mempertimbangkan kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Selain itu, beri pemahaman untuk memikirkan dampak jangka panjang dari setiap keputusan pengeluaran dibuat.

3. Berikan tanggung jawab

Berikan anak-anak tanggung jawab dalam mengelola uang THR mereka sendiri. Biarkan mereka merencanakan dan memutuskan cara terbaik untuk menggunakan uang tersebut dengan memberikan bimbingan dan arahan yang tepat.

Libatkan juga mereka dalam diskusi tentang keputusan keuangan keluarga. Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam perencanaan anggaran keuangan keluarga.

4. Beri apresiasi

Berikan pujian dan apresiasi kepada anak-anak ketika mereka berhasil mengelola uang THR dengan bijak. Hal ini akan memberikan dorongan positif kepada mereka untuk terus mengembangkan kebiasaan mengelola uang yang baik di masa depan.

5. Ajarkan investasi

Ajarkan anak-anak tentang pentingnya investasi. Jelaskan konsep-konsep dasar investasi dan cara mengalokasikan uang untuk investasi jangka panjang, seperti tabungan pendidikan atau investasi properti.

Hal itu akan membantu mereka memahami bahwa uang tidak hanya untuk digunakan saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Untuk memudahkan anak belajar berinvestasi, Anda bisa memanfaatkan tabungan anak dari BRI yakni Tabungan BRI Junio.

Sebagai informasi, Tabungan BRI Junio adalah produk tabungan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini memiliki fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, seperti kemudahan bertransaksi online secara real-time lewat BRImo, serta bebas biaya admin bulanan.

Dengan membuka tabungan anak Tabungan BRI Junio, si kecil juga akan mendapatkan Debit BRI Junio berkarakter khusus dengan tampilan desain menarik. Fasilitas ini pun bisa menambah semangat menginvestasikan THR yang didapatnya.

Anda dapat membuka Tabungan BRI Junio secara online melalui BRImo. Anda cukup mengunduh aplikasi BRImo di Play Store, App Store, atau AppGallery secara gratis kemudian melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma atau Tabungan BRI Simpedes lalu membuka Tabungan BRI Junio.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BRItama Junio, klik tautan berikut.

Bagaimana Moms, banyak banget kan keuntungan jadi nasabah BRI? Yuk, mulai ajarkan anak untuk bijak kelola THR dan keuangan sedari dini bersama Tabungan BRI Junio via BRImo dan nikmati berbagai keuntungannya! Karena Tabungan BRI, Pas Buatmu!

#TabunganBRIJunio #TabunganAnak #TabunganBRI #JunioviaBRImo #TabunganBRIPasBuatmu

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com