Advertorial

Tawarkan Segudang Manfaat, Ini Pentingnya Memiliki Dana Pensiun Lewat DPLK BRIFINE di BRImo

Kompas.com - 02/05/2024, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Pensiun merupakan peralihan dari masa dunia kerja menuju istirahat. Pada momen ini, seseorang umumnya sudah tidak memiliki penghasilan rutin seperti saat masih bekerja.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia terkait sektor dana pensiun hanya 30,46 persen.

Masih dari survei yang sama, indeks inklusi keuangan sektor pengelolaan dana pensiun hanya 5,42 persen. Artinya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya persiapan dana pensiun.

Oleh karena itu, mempersiapkan dana pensiun sejak dini dapat menjadi pilihan bijak untuk menghadapi masa tua. Setidaknya, terdapat beberapa alasan penting mengapa kamu harus memiliki dana pensiun sejak dini.

Pertama, memenuhi kebutuhan hidup pada masa pensiun. Seperti dibahas sebelumnya, orang yang memasuki masa pensiun umumnya sudah tidak memiliki penghasilan rutin seperti saat masih bekerja. Oleh karena itu, dana pensiun diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah tidak bekerja.

Kedua, menjaga stabilitas keuangan. Dana pensiun diperlukan untuk menjaga stabilitas keuangan dan mencegah kesulitan finansial pada masa tua.

Ketiga, mewujudkan tujuan keuangan. Dana pensiun dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan, seperti membeli rumah, menyekolahkan anak, atau berwisata.

Lembaga keuangan pengelola dana pensiun

Pemerintah telah membentuk lembaga Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) guna membantu masyarakat mempersiapkan dana pensiun.

Sebagai informasi, DPLK merupakan badan hukum yang mengelola dana pensiun yang berasal dari iuran peserta. DPLK dikelola oleh perusahaan asuransi jiwa atau bank umum.

BRI sebagai salah satu bank umum yang menjadi penyelenggara program pensiun atau DPLK memiliki program BRI Future Investment atau BRIFINE untuk mengelola dana pensiun.

Program BRIFINE

BRIFINE menghadirkan tiga program yang dapat dioptimalkan oleh nasabah dalam mempersiapkan dana pensiun.

Pertama, Program Pensiun Iuran Pasti atau (PPIP). PPIP merupakan program pensiun bagi perusahaan dan individu yang iuran dan hasil pengembangannya dibukukan pada rekening atas nama individu/karyawan.

Kedua, Program Pengelolaan Dana Kompensasi Pascakerja (PPDKP). PPDKP adalah program pengelolaan uang pesangon dan/atau penghargaan masa kerja bagi perusahaan. Pada program ini, iuran disetorkan perusahaan beserta hasil pengembangannya dibukukan atas nama perusahaan.

Ketiga, Program Pengelolaan Dana santunan Kesehatan (PPDSK) yang merupakan program pengelolan cadangan dana kesehatan karyawan/pensiunan bagi perusahaan.

BRIFINE juga memiliki pilihan investasi yang beragam, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, pasar uang syariah, dan berimbang syariah.

Dengan mengikuti program BRIFINE, nasabah bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti return investasi lebih optimal, bebas pajak, ragam pilihan investasi, serta kemudahan pembukaan akun, cek saldo, top-up BRIFINE via BRIMO & Informasi Saldo Microsite DPLK BRI.

Tersedia di BRImo

Sebagai layanan mobile banking dari BRI, BRImo juga menyediakan program BRIFINE. Nasabah dapat melakukan pendaftaran BRIFINE, cek saldo, serta penambahan setoran melalui BRImo.

Berikut ini cara membuka BRIFINE melalui BRImo.

  1. Login aplikasi BRIMO.
  2. Cari menu DPLK BRI.
  3. Klik “Buka Rekening Baru”
  4. Klik Daftar BRIFINE (Pilih Jenis BRIFINE dan lakukan pengisian data, seperti data iuran, data pekerjaan, serta foto e-KTP
  5. Masukkan PIN. Setelah itu, pembukaan BRIFINE melalui BRImo sukses dilakukan.

Selain membuka rekening, nasabah juga bisa cek saldo dan top-up saldo BRIFINE atau penambahan setoran iuran di BRImo setiap saat.

DPLK BRIFINE dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun. BRIFINE menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang dapat membantu kamu mencapai tujuan keuangan.

Dalam memperingati Hari Buruh Internasional 2024, BRI hadir dengan program CLBK (Cuan Langsung Buat Kamu) yang memberikan reward top up saldo DPLK sebesar Rp 100 ribu untuk 500 orang pertama. Kamu dapat menikmati program ini hingga 31 Mei 2024.

Untuk menikmati segala kemudahan dalam mempersiapkan dana pensiun BRIFINE, segera unduh BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery sekarang juga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com